Kabel Logam Cair, 8 Kali Lebih Elastis

liquid metal

Para peneliti dari North Carolina State University akhirnya telah menciptakan kabel konduktif yang dapat diregangkan hingga delapan kali lebih panjang dari panjang aslinya. Kabel tersebut diharapkan dapat menjadi kabel headphone, pengisi baterai telepon seluler, dan juga untuk pembuatan tekstil elektronik.

Untuk membuat kabel, para peneliti memulainya dengan membuat tabung tipis yang terbuat dari polimer yang sangat elastis dan kemudian mengisi tabung tersebut dengan campuran logam cair dari gallium dan indium yang merupakan konduktor listrik yang efisien.

Dr. Michael Dickey, seorang asisten profesor teknik kimia dan biomolekuler di NC State sekaligus penulis sebuah makalah tentang penelitian mengatakan bahwa upaya sebelumnya yang dilakukan untuk dapat membuat kabel yang elastis adalah dengan menggunakan bahan yang terbuat dari polimer elastis, namun hal itu dianggap masih belum sempurna.

Dickey mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah logam meningkatkan konduktivitas komposit, namun mengurangi elastisitasnya. Ia menggunakan pendekatan dengan membuat bahan yang terpisah, sehingga menghasilkan bahan yang memiliki konduktivitas yang maksimal tapi juga tidak elastisitasnya tidak berkurang. Intinya, kabel buatan Dickey dan kawan-kawan bisa dianggap lebih elastis dibandingkan dengan kabel yang paling konduktif dan juga lebih konduktif dibandingkan dengan kabel yang paling elastis yang ada sebelumnya.

Sementara pembuatan kabel baru masih terbilang mudah, Dickey mencatat bahwa salah satu tantangan yang perlu diatasi adalah bagaimana meminimalkan kebocoran logam jika kabel telah terputus. Penelitian tersebut didanai oleh National Science Foundation (NSF) dan mendapat penghargaan Research Triangle NSF di Pusat Penelitian Sains.

Sumber : sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.