Posted on 5 Comments

Kenapa sih Petir bisa mengeluarkan bunyi

Pada musim hujan ini di beberapa daerah sangat banyak terjadi hujan petir. seperti yang kita tau, petir mengeluarkan suara dan cahaya namun tidak bersamaan waktunya.

Petir merupakan suatu energi yang timbul akibat adanya perbedaan muatan di atmosphere. Seperti halnya

Thunder!
Thunder! (Photo credit: ristok)

listrik yang sangat besar, listrik bergerak dari muatan negatif ke positif. Bisa dari awan ke awan atau awan ke tanah. Awan bisa memiliki muatan negatif ataupun positif, energinya yang begitu besar membuat kita dapat melihat kilatannya di langit. Sambarannya sangat cepat, bisa mencapai sepersekian detik.

Lalu kenapa suaranya dan cahaya tidak bersamaan? 

ini disebabkan oleh perbadaan antara kecepatan cahaya dan suara. Kecepatan cahaya yang jauh lebih cepat dari kecepatan suara, sehingga cahayanya yang akan sampai ke mata kita terlebih dahulu , barulah beberapa detik kemudian suaranya sampai di telinga kita.

Darimanakah asal bunyi itu?

Jawabannyaa yaitu ledakan udara yang beruntun. Jadi begini, Petir merupakan suatu energi yang memiliki suhu tinggu sekitar 27.000 ° C (48.632 ° F). Yang kita tau bahwa udara akan memuai jika terkena panas dan volumenya akan meningkat 10 sampai 100 kali. Dikombinasikan dengan kecepatannya yang rata rata 150.000 km/detik , akan terjadi ledakan beruntun dari udara dari udara yang dilewati oleh petir sehingga akan menimbulkan bunyi yang menggelegar. karena itu pula petir vertikal dan petir bercabang memiliki bunyi yang berbeda pula.

Petir vertikal hanya menimbulkan bunyi besar 1 kali, sedangkan petir bercabang akan menimbulkan bunyi yang lebih panjang karena bentuknya yang bercabang maka ledakan udara akan saling bertubrukan satu sama lain,

sekedar info, hujan petir paling banyak terjadi di pulau jawa, Indonesia

 

Sumber

http://www.loc.gov

http://www.ceritakecil.com

5 thoughts on “Kenapa sih Petir bisa mengeluarkan bunyi

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat..

    1. sama sama. terima kasih juga kunjungannya

  2. makasih, menambah wawasan tentang kejadian alam

    1. Siip sama sama. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.