Bahan – Bahan Dasar Pembuat Kaca

Bahan – bahan dasar pembuat kaca

KACA

Kaca merupakan salah satu produk industri kimia yang paling akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Namun tidak banyak yang kita ketahui mengenai kaca tersebut.
Dipandang dari segi fisika kaca merupakan zat cair yang sangat dingin. Disebut demikian karena struktur partikel-partikel penyusunnya yang saling berjauhan seperti dalam zat cair namun dia sendiri berwujud padat. Ini terjadi akibat proses pendinginan (cooling) yang sangat cepat, sehingga partikel-partikel silika tidak sempat menyusun diri secara teratur.

Dari segi kimia, kaca merupakan gabungan dari berbagai oksida anorganik yang tidak mudah menguap , yang dihasilkan dari dekomposisi dan peleburan senyawa alkali serta alkali tanah, pasir serta berbagai penyusun lainnya. Kaca memiliki sifat-sifat yang khas dibanding dengan golongan keramik lainnya. Kekhasan sifat-sifat kaca ini terutama dipengaruhi oleh keunikan silika (SiO2) serta proses pembentukannya.

Bahan Baku Pembuatan Kaca

Untuk membuat berbagai jenis kaca, digunakan pasir kaca dalam jumlah yang besar. Sebagai fluks bagi silika ini, dipakai soda abu, kerak garam, batu gamping serta gamping. Di samping itu, banyak pula dipakai oksida timbal, abu mutiara (kalsium karbonat), saltpeter, boraks, asam borat, asam trioksida, feldspar, dan fluorspar bersama berbagai jenis oksida, karbonat serta garam-garam logam lain untuk membuat kaca berwarna. Dalam operasi penyelesaian, banyak pula dipakai berbagai produk lain seperti abrasif serta asam fluorida.

Pasir

Pasir yang digunakan untuk membuat kaca haruslah kuarsa yang hampir murni. Oleh karena itu, lokasi pabrik kaca biasanya ditentukan oleh lokasi endapan pasir kaca. Kandungan besinya tidak boleh melebihi 0,45% untuk barang gelas pecah belah atau 0,015% untuk kaca optic, sebab kandungan besi ini bersifat merusak warna kaca pada umumnya.
Soda (Na2O) terutama didapat dari soda abu padat (Na2CO3). Sumber lainnya merupakan bikarbonat, kerak garam, dan natriun nitrat. Yang tersebut terakhir ini sangat berguna untuk mengoksidasi besi dan untuk mempercepat pencairan. Sumber gamping (CaO) yang terpenting ialah batu gamping serta gamping bakar dari dolomite (CaCO3. MgCO3) yang berfungsi untuk memberikan MgO pada campuran.

Fledspar

Feldspar mempunyai rumus umum R2O. Al2O3.6SiO2, dimana R2O dapat berupa Na2O atau K2O atau campuran keduanya. Sebagai sumber Al2O3, feldspar mempunyai banyak keunggulan dibanding produk lain, karena murah, murni, dan dapat dilebur. Dan seluruhnya terdiri dari oksida pembentuk kaca. Al2O3 sendiri digunakan hanya bila biaya tidak merupakan masalah. Feldspar juga merupakan sumber Na2O atau K2O dan SiO2. Kandungan aluminanya dapat menurunkan titik cair kaca serta memperlambat terjadinya devitrifikasi.

Borax

Borax atau Natrium Tetra Borate ialah bahan campuran yg menambahkan Na2O dan boron oksida pada kaca. Walaupun tidak sering dipakai dalam kaca jendela atau kaca lembaran, natrium tetraborate sekarang banyak digunakan didalam berbagai jenis kaca pengemas. Kaca borat berindeks tinggi dan mempunyai nilai dispersi lebih rendah dan indeks refraksi yang lebih tinggi dari semua kaca yang dikenal. Kaca ini biasa digunakan untuk kaca optik. selain daya fluksnya yang kuat, boraks tak hanya bersifat menurunkan koefisien ekspansi tapi juga meningkatkan ketahanan terhadap aksi kimia. Asam borat digunakan dalam tumpak yang memerlukan hanya sedikit alkali. Harganya hampir dua kali boraks. (Kami sedia borax, Baca artikel Jual Borax (Natrium Tetraborate) Pro Analis dan Teknis )

3 bahan lainnya berlanjut di halaman 2

Halaman 1 2

64 thoughts on “Bahan – Bahan Dasar Pembuat Kaca

    1. Terima kasih kunjungannya
      Bukan begitu. Yang dimaksud ialah susunan molekul cairan yang pertikelnya tak tersusun rapi dan padat seperti benda solid. Bukan terbuat dari air(H2O)

            1. batuan obsidian merupakan batuan yg terbentuk langsung dari pendinginan lava melalui media air. Jadi kalo mau cari bahannya simpel kok tinggal cari lava pijar dulu terus dicelupkan ke air sungai/laut. Warna dari batuan obsidian tergantung pengotornya ketika proses pembekuan, jadi kalau airnya jernih hasilnya jg bening, kalau warna hijau bisa jadi pengotornya dari ganggang dsb.

  1. pasir kuarsa itu apa ya?? apa bedanya sama pasir biasa?? apa pasirnya bening seperti kaca? hehe

    1. Pasir itu bermacam macam jenisnya tergantung batuan dan mineral di daerah tersebut, namun umumnya. Pasir itu ialah SiO2 atau disebut juga Quartz(kuarsa) . Jadi sebenarnya sama saja. 🙂 kalo kotor mungkin pengotor saja

    1. Kalau dari pemahaman saya yang dangkal ini. Feldspar dan flourspar ini memiliki bentuk fisik dan senyawa penyusun yang memang berbeda. Dari wikipedia bisa di lihat flourspar(flourite) . Kemudian lihat juga feldspar. Akan terlihat bedanya

  2. maaf kak boleh tau kalau pacahan-pecahan kaca bisa d daur ulang ga ? atau gelas kaca di buat jadi sesuatu bentuk yang baru, kalau bisa tolong kasih tau pemahamannya kak . trimakasih sebelumnya

    1. iya kalau itu pasti bisa, karena biasanya para pengumpul. juga mengumpulkan beling beling dan pecahan kaca untuk dijual ke pabrik agar di daur ulang. cuma prosesnya maaf ya saya belum tau

  3. QS Ar-Raad 17 menjelaskan membuat perALATan dan perhiasan dari proses peleburan.
    kaca, plastik, besi, almunium, kuningan, karet, tembaga dll.
    ALAT seperti mobil, motor, pesawat, tv, kaca mata, panci, katel, tabung gas, kursi lipat, hand phone dll hampir semua nya terbuat dari bahan yang dilebur, hanya saja ALAT itu benda mati, jika ingin dioperasikan maka dibutuhkan energi, bisa energi manusia, hewan, alam, bahan bakar dll untuk dapat dioperasikan.
    misal pisau membutuhkan tenaga manusia, kincir angin membutuhkan tenaga angin(alam), untuk mesin menggunakan bahan bakar bensin, solar, gas, listrik dll.
    Karena saya seorang mekanik yang bekerja di bidang peralatan. Saya mengakui memang benar peralatan yang saya selama ini temukan berasal dari proses peleburan.

  4. Klo panci dan wajan kaca yg bs dipakai memasak diatas kompor itu apa betul waktu pembuatannya dicampuri timah supaya tahan apa?terimakasih buat pencerahannya

  5. Theredfore wireless security today is vital for all the reasons above.
    No alarmm company contracts to interrupt and no negotiating
    while using new owners. This is increeibly simppe to use and vaue effective.

  6. An video footage store is definitely open, even on holidays plus inn thhe middle inn the night.

    They have grown to bbe very popular, and setvices are starting tto aggressively tackle each other.
    I love the creative side of writing, producing, and directing movies, these dqys
    realize inside your attract viewers globaoly iss by using SEO methods.

  7. pernah suatu saat, saya dapati di kaca jendela ada bulatan2 cekung buram… kayak korosi…
    yg jd pertanyaan.. bahan/zat apa yg bs membuat kaca korosi… ?

    1. kalau yang alami seperti itu mungkin kena benda fisik keras. kalau bahan kimia yang menggerus kaca itu HF.
      perlu di ralat ya. bukan korosi. mungkin terkikis. kalau korosi itu teroksidasi.

  8. Bahan Baku kaca lembaran : pasir silika/pasir putih(sumber SiO2), Batuan Feldspar (sumber Al2O3,Fe2O3). Batuan Dolomite (sumber MgO dan CaO), Batuan Gamping (sumber CaO), Soda Ash (Na2SO4), Salt cake (Na2SO4), Cullet (pecahan Kaca)—->dilebur pada tungku dgn suhu 1500 C ……..Jenis Kaca : Safety glass (Laminated dan tempered glass ), Kaca lembaran , decorative glass (kaca S, figure glass) dan Specialist glass ( laboratory glass )……Untuk membuat kaca2 tersebut pada dasarnya dipakai kaca lembaran sebagai bhan utama kemudian diberi tambahan bahan khusus atau diproses ulang.

  9. Maaf RUMUS KIMIA SODA ASH (Na2CO3)….Sifat Fisik dan kimia Kaca Pada Dasarnya sangat resistant terhadap berbagai bahan kimia..kecuali HF.Untuk meningkatkan kekuatan kaca (misalnya kaca mobil) dapat dilakukan dengan jalan di tempered (dipanaskan 600 – 700 C kemudian didinginkan secara tiba tiba) atau dilamined (kaca tipis ditumpuk dengan ditengahnya diberi lapisan kimia/kaca tahan peluru ) terhadap kaca lembaran (kaca jendela). Sedangkan Untuk Kaca S..bisa dibuat dengan SandBlasting..(disemprot/dilukai dengan kaca silika halus)

  10. Selamat Malam,

    Mungkin Saya tidak tau pelajaran Kimia,tapi pekerjaan saya kadang berurusan dengan pabrik kaca.kebetulan saya ada tugas buat bersihin silo yang isinya SODA ASH (Na2CO3) yang sudah mengeras/menjadi kerak yang menempel pada dinding silo tsb.
    Saya mau tanya kalo SODA ASH (Na2CO3) yang sudah mengeras/menjadi kerak apakah bisa di leburin.
    Intinya apakah silo yang saya maksud bisa dibersihkan dari kerak SODA ASH ???
    MOhon bantuannya untuk memecahkan masalah ini.

    Terima kasih.

    1. Selamat Pagi.
      Soda Ash ini sebenarnya dengan air juga larut. tapi kalau sudah mengerak atau mengerah coba di kasih asam . misalnya cuka. tapi harap berhati hati juga agar silonya tidak rusak

  11. tanya om, opal kuarsa unsur kimianya si02.nH20 memunculkan cahaya pelangi, yg mau ditanyakan bagaimana prosesnya agar campuran si02.nH20 tercampur sempurna, dan apa yang dimaksud nH20, adakah tambahan bahan agar terbentuk sempurna. terimakasih

  12. bagus sekali bias mendapat pengetahuan…………………………………………………….tmk

  13. Apakah pabrik2 kaca, terutama kaca bangunan bisa mendaur ulang serpihan2 atau potongan kaca yg tdk terpakai… Trus klau memang bisa, lebih murah mana jika membuat kaca dari hasil daur ulang dibanding memakai bahan2 dasar pembuat kaca it sndiri..

    Makasih pak sebelumnya!!

    1. Kalau Daur Ulang kaca bisa pak, karena pengusaha barang bekas juga biasa menerima kaca kaca bekas untuk di jual ke pabrik. Tapi kalau nilai ekonomis buat sendiri atau daur ulang saya kurang tau juga, hanya saja biasanya daur ulang lebih murah

  14. Permisi Admin , maaf juga bukannya promo buat yg penasaran sekali dgn proses daur ulang kaca mungkin sy bisa share tapi terus terang sy sama sekali tak tahu tentang rumus kimia hasil kaca sy bisa dilihat di Fb// Kerajinan Kaca Daur Ulang. sekali lg maaf , kalo ada yg tdk berkenan , mks

  15. Wah ternyata borak termasuk bahan pembuat kaca juga ya. Tapi kenapa ya terkadang ada pedagang makanan yang mencampur makananya dengan borak.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.