Fisika Materi Pelajaran universitas

Manfaat Mempelajari Fisika serta Implementasi Konsep Ilmu Fisika

Advertisements

Fisika adalah ilmu tentang alam. Ia mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika merupakan salah satu ilmu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan.

Ilmu fisika merupakan ilmu yang juga berkaitan erat dengan ilmu matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis. Ilmu fisika sangat bermanfaat jika sudah diimplementasikan dalam bentuk teknologi. Semua pekerjaan menjadi ringan dengan penerapan ilmu fisika. Sejalan dengan pendapat Prasetyo (2013), Fisika sebagai cabang ilmu pengetahuan alam atau sains pada dasarnya memiliki hakikat yang sama dengan sains itu sendiri.


Beberapa konsep fisika tergabung dalam bentuk peralatan sebagai bukti hasil teknologi. Ilmu fisika akan mendasari perkembangan peralatan yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi dengan adanya penemuan-penemuan terbaru dalam fisika, akan memperbaiki teknologi yang ada. Dimana perkembangan teknologi itu tentu merupakan implikasi dari ilmu fisika yang telah dipelajari oleh para ahli atau pakar di bidangnya.

Sesuatu yang penting kita ketahui, yaitu apa keuntungan atau manfaat mempelajari fisika?

(baca juga Beberapa Manfaat mempelajari kimia)


Hakikatnya, setiap manusia membutuhkan ilmu pengetahuan dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Mempelajari fisika salah satunya, mempunyai banyak manfaat. Fisika telah terbukti mampu membantu memudahkan manusia dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari.

Beberapa manfaat mempelajari fisika

  • Adapun beberapa manfaat mempelajari fisika, antara lain :
  • Berperan besar dalam penemuan-penemuan teknologi.
  • Melalui fisika, dapat mengungkap rahasia alam.
  • Berada di depan dalam perkembangan teknologi.
  • Sebagai ilmu dasar yang mempunyai andil dalam pengembangan ilmu-ilmu lain.
  • Melatih kita untuk berpikir logis dan sistematis.

Tanpa ada ilmu fisika, semua peralatan canggih yang dapat meringankan pekerjaan manusia tidak dapat terwujud. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari fisika, banyak berbagai manfaat yang akan didapatkan.

BACA JUGA  MENGENAL IPA: Fisika, Kimia, dan Biologi

Contoh kehidupan sehari hari

Selanjutnya, beberapa contoh implementasi konsep-konsep secara umum yang ada pada ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya :
• Konsep Optik dan Cahaya. Seperti penggunaan alat optik, kacamata dsb.
• Konsep Materi dan Perubahannya. Seperti perubahan suatu zat atau materi menjadi zat lain, baik yang menjadi zat baru maupun tidak.
• Konsep Pengukuran. Seperti mengukur suatu benda, membandingkan sesuatu dengan sesuatu yang memiliki besaran tertentu yang sejenis yang digunakan sebagai satuan.


Demikian artikel mengenai contoh manfaat mempelajari fisika serta implementasi ilmu fisika. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari jawaban dan ingin menambah pengetahuan.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.