Fisika universitas

SUHU DAN KALOR – Simulasi Bentuk dan Perubahan Energi

Advertisements

Seperti yang kita ketahui, perubahan energi adalah berubahnya suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Berbagai macam bentuk perubahan energi dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan energi ditujukan untuk meringakan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia, seperti halnya penggunaan berbagai alat elektronik di rumah. Contohnya, kompor listrik.

Kompor listrik merupakan salah satu alat elektronik yang digunakan sebagai media dalam meringankan pekerjaan atau kegiatan manusia guna memenuhi kehidupan sehari-hari. Penggunaan kompor lisrtik merupakan bukti nyata dari adanya bentuk dan perubahan energi, yakni perubahan energi listrik menjadi energi panas. Dengan kata lain, penggunaan dari kompor listrik ini merupakan praktik yang dapat dijumpai dan dilakukan secara langsung.

Selain itu, bukti nyata dari adanya bentuk dan perubahan energi dapat juga kita praktikan secara virtual menggunakan berbagai media yang ada.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan video pembelajaran mengenai praktikum secara virtual pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan cakupan simulasi bentuk dan perubahan energi pada mata pelajaran fisika menggunakan PhET Simulations.

Sebelumnya, saya akan sedikit menjelaskan pokok bahasan suhu dan kalor.

SUHU DAN KALOR
sumber : studioliterasi.com

Suhu adalah derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pengukuran suhu didasarkan pada keadaan fisis zat (padat, cair, gas) yang mengalami perubahan jika suhunya berubah. Alat untuk mengukur suhu berdasarkan sifat-sifat termometriknya dinamakan termometer.

Baca juga Reaksi kimia terhadap kalor dan istilah yang digunakan pada perubahan entalpi

Sedangkan kalor, menyatakan jumlah panas dan merupakan energi yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

Adapun media yang dipilih sebagai media praktikum virtual disini adalah PhEt Simulations.

BACA JUGA  Albert Einstein Sang Penemu Teori Relativitas
SUHU DAN KALOR
sumber phet.colorado.edu

PhET Simulationsmerupakan media pembelajaran dengan cakupan simulasi tiga dimensi yang dikembangkan menggunakan java, flash atau html, dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu, PhET Simulations juga digunakan sebagai media pembelajaran berbasis laboratorium virtual yang memberikan kemudahan dalam mempelajari materi sehingga siswa terlibat secara aktif dalam proses berpikir.

Berikut link video pembelajaran yang telah saya buat :

https://drive.google.com/file/d/1o_UyRcWZQtOWd-YzZJZ-qOrvf96dbn-m/view?usp=drivesdk

Terima kasih, Semoga bermanfaat!

#dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.