Mengenal Pentingnya Hidrogen

Apa itu hidrogen? Apa sebenarnya pentingnya hidrogen dalam kehidupan kita? Tentunya bagi kalian yang pernah mempelajari kimia tahu apa itu hidrogen, jadi tidak perlu saya jelaskan apa itu hidrogen ya. Hidrogen adalah salah unsur yang sangat kaya meskipun memiliki struktur atom yang sangat sederhana. Dalam bab ini kita akan sedikit Mengenal Pentingnya Hidrogen mengenai alasan mengapa hidrogen ini memiliki keistimewaan dibandingkan unsur lainnya. Apa sebenarnya hal yang paling esensial dari unsur hidrogen ini, mari kita bahas satu per satu.

Hidrogen merupakan unsur yang paling berlimpah di bumi menurut massa. Hidrogen banyak ditemukan di lautan, mineral bawah tanah, serta seluruh bentuk kehidupan yang ada di bumi. Bentuk stabil unsur hidrogen dalam kondisi normalnya adalah dihidrogen (H2), yang terjadi pada tingkat jejak di atmosfer bumi yang lebih rendah yaitu sekitar 0,5 ppm, dan pada dasarnya hanya satu-satunya komponen atmosfer luar yang sangat tipis.

Baca juga : atmosfer

Kegunaan Hidrogen

Dihidrogen memiliki banyak kegunaan diantaranya dalam produksi logam, sebagai fertilizer plastik, pembuatan gasoline dalam bentuk alkana, pembuatan margarin, bahan bakar, dan masih banyak lagi. H2 diproduksi secara alami sebagai produk fermentasi dan bertindak juga sebagai produk sampingan dari proses biosintesis amonia (NH3).

Hidrogen disebut-sebut bisa digunakan sebagai bahan ‘bakar masa depan’ karena ketersediaannya yang melimpah serta berasal dari sumber daya yang sepenuhnya terbarukan seperti air dan sinar matahari. Ketika ia bereaksi pun reaksinya sangat bersih dan sangat eksotermik jika bereaksi dengan O2. Akan tetapi, hal yang dihadapi saat ini bagi para pencetus inovasi adalah karena volatilitas dan kepadatan energi yang rendah dari hidrogen menimbulkan tantangan tersendiri untuk pengguna langsungnya sebagai bahan bakar bagi kendaraan. Tetapi hidrogen memiliki kegunaan lainnya yaitu dapat menghasilkan bahan bakar hidrokarbon padat energi dan merupakan bahan baku penting untuk produksi industri amonia.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya hidrogen dalam kehidupan kita. Jika ada  yang kurang difahami silahkan ditambahkan di kolom komentar. Jika artikel ini sekiranya bermanfaat, kalian dapat like dan share lewat akun media sosial yang tersedia. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan untuk kita semua.

Source by: Shriver, dkk. 2014. Inorganic Chemistry, Sixth Edition. W. H. Freeman and Company. New York

One thought on “Mengenal Pentingnya Hidrogen

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.