Mengetahui Bedanya Unsur dan Senyawa

Zat bisa berupa unsur atau senyawa. Bagi anda yang mempelajari kimia mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah ini. Tetapi pernahkah anda bertanya-tanya apa sih perbedaan keduanya? Baik unsur ataupun senyawa tentu memiliki perbedaan. Akan tetapi, mereka memliki hubungan yang tak terpisahkan. Oke kalau begitu mari kita bahas perbedaannya.

(baca juga pengertian unsur senyawa dan campuran dalam kimia )

1. UNSUR

Unsur dapat diartikan sebagai zat yang tidak dapat dipisahkan menjadi zat atau bagian yang lebih sederhana melalui proses kimia. Sampai saat ini, secara positif telah teridentifikasi sebanyak 118 unsur di dunia. Sebagian besar muncul secara alami di bumi, sedangkan sebagian lain diciptakan oleh para ilmuwan di laboratorium melalui proses nuklir.
Untuk memudahkan di dalam proses pembelajaran, para ahli kimia menggunakan simbol untuk menyatakan suatu unsur. Simbol tersebut dapat berupa satu atau dua huruf yang masing-masing mewakili tiap unsur atau elemen. Simbol unsur itu sendiri ditulis dengan huruf pertama selalu dikapitalisasi, sedangkan huruf berikutnya tidak.

Untuk memperjelas kita ambil contoh Co dan CO. Co merupakan simbol untuk unsur kobalt, sedagkan CO adalah rumus molekul untuk karbon monoksida. Hampir di semua buku pembelajaran kimia, simbol-simbol beberapa unsur ditempatkan di depan atau belakang halaman buku. Sedangkan untuk simbol-simbol ersebut berasal dari nama-nama latin mereka – misalnya, Au dari aurum (emas), Fe dari ferrum (Ferrum), Na dari natrium (sodium) – di mana kebanyakan dari mereka berasal dari nama bahasa inggris mereka.

2. SENYAWA

Atom dari sebagian besar elemen atau unsur dapat saling berinteraksi satu sama lain membentuk suatu senyawa. Misalnya saja gas hidrogen, membakar gas oksigen untuk membentuk air, yang akan memiliki sifat yang jauh berbeda dari keadaan awalnya. Air terdiri dari dua bagian hidrogen dan satu bagian oksigen. Selamanya komposisi ini tak akan berubah, terlepas apakah air itu berasal dari Amerika Seikat, ataupun dari sebuah danau di Mongolia, atau lapisan es di Mars. Jadi, dapat diartikan bahwa air merupakan suatu senyawa, yaitu zat yang terdiri dari atom-atom dua atau lebih unsur kimia yang bersatu dalam porsi yang tetap. Senyawa mempunyai sifat tak seperti campuran, senyawa dapat dipisahkan hanya dengan cara kimia menjadi komponen murni mereka.

Seperti itulah peredaan antara unsur dan senyawa. Jangan sampai salah lagi ya. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber: Raymond Chang et.al., 2015. Chemistry (12th edition). New York: Mc Graw-Hill Education.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.