Apa Itu Analisis Gravimetri

Tahukah kamu Apa Itu Analisis Gravimetri ? Bagi kamu yang sedang mendalami bidang kimia tentu kamu sudah pernah mendengarnya. lalu, Apa Itu Analisis Gravimetri

(baca juga kopresipitasi dalam analisis gravimetri )

Apa Itu Analisis Gravimetri

  1. Pengertian

    Gravimetri adalah salah satu jenis analisis kuantitatif melalui berat dengan cara mengisolasi dan menimbang zat atau senyawa yang ingin kita tentukan dari senyawa murninya. Dengan kata lain, gravimetri merupakan salah satu pemisahan dan pemurnian suatu senyawa dengan cara penimbangan beratnya. Gravimetri ini merupakan salah satu cara sederhana di dalam memurnikan suatu senyawa, terutama senyawa berbentuk padat. Jadi secara sederhana dapat digambarkan gravimetri dilakukan dengan pemanasan senyawa campuran kemudian pemibangan kembali untuk mendapatkan berat senyawa murninya.

  2. Keuntungan Menggunakan Analisis Gravimetri

    Walaupun gravimetri merupakan cara yang lama dan cukup memakan waktu dalam melakukan analisis, gravimetri memiliki beberapa keuntungan yang ditawarkan diantaranya :
    a. Presisi dan akurasi tetap bagus walaupun menggunakan peralatan analisis modern.
    b. Kemungkinan sumber kesalahan dapat diperiksa. Hal ini menjadikan bagi seorang analis tidak melakukan pekerjaan yang berulang hanya karena sumber kesalahan yang tak terdeksi.
    c. Melibatkan pengukuran tanpa harus melalui kalibrasi apapun.
    d. Analisis dapat dilakukan dengan peralatan yang relatuf murah. Alasan ini tentu menjadi alasan utama dalam melakukan analisis. Biaya yang terjangkau merupakan tanda seberapa sering atau jarang penelitian tersebut dilakukan.

  3. Aplikasi Umum Analisis Gravimetri

    Berbagai aplikasi analisis gravimetri telah diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi disini terdapat dua aplikasi penting yang umum digunakan oleh gravimetri, antara lain :
    a. Analisis standar yang akan digunakan untuk pengujian atau kalibrasi teknik instrumental. Artinya, sebelum digunakan analisis instrumental, kebanyakan digunakan terlebih dahulu analisis standar untuk menguji terlebih dahulu, dan analisis tersebut salah satunya adalah gravimetri.
    b. Analisis ini membutuhkan akurasi tinggi, meskipun analisis gravimetri ini memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, aplikasi gravimetri ini dibatasi hanya untuk sejumlah kecil penentuan senyawa.
    Walaupun demikian, gravimetri merupakan salah satu analisis yang sering diterapkan di dalam bidang kimia. Berbagai kampus di Indonesia masih mennggunakan analisis ini dalam praktikum kimianya, khususnya bidang kimia analitik. Analsis gravimetri ini merupakan salah satu metode paling akurat yang membutuhkan biaya yang murah. Gravimetri ini menjadi pengantar untuk beberapa analisis intrumental selanjutnya.

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan Apa Itu Analisis Gravimetri ? Semoga bermanfaat ya .

Sumber : Jeffrey et. al. 1989. Vogel’s Textbook of Quantitative Chemical Analaysis (5th edition). New York: John Wiley & Sons, Inc.

One thought on “Apa Itu Analisis Gravimetri

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.