Pemanis buatan (end)


Artikel terakhir tentang pemanis buatan ini akan membahas tentang eritritol dan neotam.


1. Eritritol (Erytrithol)
Eritritol (Erythritol) merupakan gula alkohol dengan derajat kemanisan 0,7 kali gula pasir. Termasuk GRAS (Generally Recognized As Safe) atau umumnya dikenal aman.Lebih dari 90% eritritol yang diserap usus halus dikeluarkan melalui urine tanpa perubahan dalam kurun waktu 24 jam.Tidak menyebabkan karies gigi, tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan insulin penderita diabetes.
Erythritol merupakan pemanis rendah kalori yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan tertentu. Saat Anda mengonsumsi erythritol, Anda tidak akan mengalami lonjakan gula darah sebab zat ini mampu diserap dengan mudah oleh tubuh.
Salah satu keunggulan utamanya adalah bahwa hal itu kurang cenderung menyebabkan efek samping lambung daripada alkohol gula lain karena jalur pencernaan yang unik.

2. Neotam
Neotam (Neotame) merupakan jenis pemanis turunan aspartam dengan derajat kemanisan yang sangat tinggi, yaitu 7.000 – 13.000 kali gula pasir. Penambahan neotam pada konsentrasi tertentu dapat menghilangkan rasa pahit, rasa mentah, dan rasa beany (kacang-kacangan) dari produk kacang kedelai. Beberapa studi mengenai neotam telah aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek mutegenik, teratogenik, karsinogenik, ataupun sistem reproduksi. Selain itu, neotam dapat dimetabolisis oleh tubuh dan tidak akan terakumulasi di dalam tubuh karena akan dikeluarkan melalui urin atau feses.

Neotame ini cukup panas stabil dan sangat kuat. Neotame dengan cepat dimetabolisme dan dihilangkan dan tidak terlihat menumpuk di dalam tubuh.
Neotame digunakan untuk membakar kue barang, macam minuman tanpa alkohol (termasuk minum halus), bonbon karet, manisan dan membekukan, membeku pencuci mulut, agar-agar dan puding, kemacetan dan jellie, memproses buah-buahan dan jus buah-buahan, pucuk-pucuk pohon, dan sirup. Neotame aman untuk menggunakan oleh populasi umum, termasuk anak-anak, hamil dan lactating wanita, dan orang dengan kencing manis.

Nah selesai sudah artikel tentang pemanis buatan. Seberapa aman pemanis buatan, tetap saja penggunaanya jangan berlebihan ya. Segala sesuatu yang berlebihan tetap saja tidak baik kan? dan kita jadi tahu ketika membeli suatu produk bebas gula tapi rasanya tetap manis.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s