Skip to content
Iklan

Natrium dalam tubuh


masih ingan postingan tentang natrium? nah kira-kira bagaimana apasih fungsi natrium dalam tubuh?

Natrium merupakan salah satu nama unsur dalam bidang kimia. Dalam bidang kimia natrium merupakan logam alkali lunak yang berwarna putih perak, serta memiliki nomor atom 11. Dalam kehidupan sehari-hari natrium juga sering dilambangkan dengan Na. Natrium sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari dalam bentuk sudah tidak lagi natrium murni. Natrium yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari biasanya terikat dengan unsur kimia yang lain. Sebut saja garam dapur (NaCl). Garam dapur mengandung unsur natrium (Na) yang berikatan dengan unsur klorin (Cl). Secara reaksi kimia biasanya NaCl dihasilkan dari NaOH yang bersifat basa, yang direaksikan dengan HCl yang bersifat asam.

Dalam bidang kimia, natrium murni merupakan salah satu jenis unsur yang tidak stabil.  Unsur ini sangat mudah bereaksi dengan air. Ketika natrium murni dimasukkan dalam air maka akan terbentuk gas hidrogen yang mudah sekali terbakar. Dalam sejarah peradaban, unsur natrium yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari berupa garam dapur telah banyak dimanfaatkan oleh manusia. Penggunaan garam dapur tersebut biasanya untuk upacara-upacara keagamaan yang bersifat sakral, sebut saja di negara Mesir, Yunani, dan Arab Kuno.

Kandungan Natrium dalam Tubuh Manusia

Jangan membayangkan kandungan natrium dalam tubuh kita merupakan natrium murni seperti yang telah dijelaskan di atas. Natrium dalam tubuh kita memang merupakan mineral penting yang harus terpenuhi, namun tetap dikontrol asupannya. Asupan natrium biasanya berasal dari garam dapur yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan hewani dan juga nabati juga mengandung unsur natrium di dalamnya. Makanan yang sering kita makan, seperti ikan laut juga mengandung natrium. Biasanya natrium dalam makanan hewani mengandung lebih banyak natrium jika dibandingkan dengan makanan nabati.

  • Tubuh kita ketika fit biasanya mengandung 256 gram senyawa natrium, senyawa tersebut setara dengan 100 gram unsur natrium.
  • Jumlah natrium yang disarankan untuk dikonsumsi berkisar antara 1100-3300 mg setiap harinya
  • Jumlah tersebut setara dengan 0,5-1,5 sendok teh garam dapur
  • Perlu diketahui bahwa asupan garam dapur yang berlebih, terutama untuk seseorang yang memiliki riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi) tidaklah dianjurkan
  • Bagi penderita hipertensi, maksimal konsumsi natrium tidak boleh melebihi 2300 mg per harinya.

Karena natrium merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi kinerja tubuh kita, maka kebutuhan natrium harus terpenuhi. Kenapa kebutuhan natrium harus terpenuhi? Apa manfaat natrium bagi tubuh kita? Berikut penjelasan tentang manfaat natrium bagi tubuh kita.

1. Mengatur Keseimbangan Cairan Tubuh

Dalam kerjanya mengatur keseimbangan cairan tubuh, natrium bekerja sama dengan kalium. Natrium akan memberikan rangsangan ke otak agar mengonsumsi air. Penjelasannya, ketika kita mengonsumsi natrium melebihi batas tubuh akan merasa haus. Rasa haus tersebut kemudian diikuti dengan konsumsi air dan kerja ginjal untuk mengeluarkan natrium lebih banyak sehingga volume darah akan berkurang dan menyebabkannya menjadi lebih seimbang. (sumber)

ditunggu postingan berkutnya yaaa? 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: