Ada yang masih merokok?

https://i2.wp.com/kompak.co/wp-content/uploads/2013/08/zat-dalam-rokok.jpg?w=1540

Rokok

Merokok bukan hanya merugikan perokok,melainkan juga orang yang tidak merokokpun akan terkena bahaya rokok jika menghirup asap rokok.Orang tersebut dinamakan perokok pasif.Berdasarkan penelitian,peroko pasif yang menderita akibat asap rokok sepuluh kali lebih banyak dari pada perokok aktif.

Salah satu penyebabnya adalah gas karbon monoksia(CO) yang terkandung dalam asap rokok.Gas CO sangat beracun dan dapat bereaksi dengan hemoglobin(Hb).

Reaksi yang terjadi : Hb + CO ↔ HbCO

Di dalam darah Hb mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh sel tubuh.

Hb + O2 ↔ HbO2

gas CO dan O2 bersaing agar dapat bereaksi dengan hemoglobin.Persaingan ini dimenangkan oleh gas CO karena tetapan kesetimbangan kimia HbCO Lebih besar dari pada tetapan kesetimbangan kimia HbO2.Dengan konsentrasi yang sedikit,gas CO dapat melepaskan O2 dan HbO2.

Jadi jika kita menghirup asap rokok,gas O2 yang seharusnya dialirkan dari paru-paru ke sel tubuh akan digantikan oleh gas CO yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan. Nah selain hal diatas apalagi sih yang membahayakan dari rokok? apa saja zat-zat yang terkandung di rokok tersebut? pernah lihat orang yang tenggorokannya bolong akibat rokok? ditunggu artikel berikutnya yaaa 😉

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.