Skip to content
Iklan

Percobaan “Ledakan Pasta Gigi” (Exploding Toothpaste)


Percobaan ledakan pasta gigi atau exploding toothpaste ini salah satu percobaan kimia yang menarik untuk di coba, seperti namanya yaitu ledakan pasta gigi (Exploding toothpaste),  namun terkadang percobaan ini juga di sebut elephant’s tootpaste atau pasta gigi gajah. percobaan ini akan terlihat seperti semburan pasta gigi yang kuat dan cepat.

Namun pada percobaan ini kita akan memakai bahan yang cukup berbahaya yaitu H2O2 atau Hidrogen Peroksida. Oleh karena itu diharapkan anak anak tidak melakukan percobaan ini sendiri tanpa bantuan orang dewasa.

Bahan Apa saja yang diperlukan?

  • Hidrogen Peroksida 30%
  • Kacamata Safety
  • Kristal Natrium Iodida
  • Sabun Cuci Cair
  • Pewarna Makanan
  •  Sarung tangan Safety
  • Gelas Kaca
  • Gelas ukur silinder

Bagaimana Cara Melakukannya?

  1. Gunakan peralatan pengaman yaitu kacamata dan sarung tangan
  2. Isi gelas kaca dengan air sebanyak 120ml, tambahkan 1 sendok makan kristal Natrium Iodida. aduk hingga larut. terus ulangi proses penambahan 1 sendok makan kristal natrium iodida hingga tidak lagi larut karena telah menjadi larutan jenuh
  3. Isi gelas ukur silinder dengan H2O2 sebanyak 60 mL
  4. Tambahkan sedikit sabun cuci cair sekitar 5 mL ke dalam gelas ukur silinder yang telah berisi Hidrogen Peroksida
  5. Beri pewarna makanan sesuai keinginan
  6. Ambil larutan jenuh Narium Iodida yang telah disiapkan sebelumnya sebanyak 1 sendok. lalu masukkan ke gelas ukur silinder yang telah berisi H2O2. Segera menjauh karen akan ada LEDAKAN PASTA GIGI dari dalam gelas yang meluncur dengan cepat ! Jangan memegang busa busa hasil percobaan dengan tangan telanjang  , karena bisa jadi ada H2O2 di semburan yang masih belum bereaksi !

Percobaan "Ledakan Pasta Gigi" (Exploding Toothpaste)

Mengapa bisa terjadi Demikian ?

Pertama akan saya bahas dulu menegenai H2O2, H2O2 ini hampir serupa dengan Air yaitu H2O , hanya saja memiliki tambahan Oksigen, tapi jangan main main karena H2O2 ini bersifat korosif, jadi jangan sampai terkena kulit, apalagi mata! H2O2 ini merupakan oksidator kuat

dalam ledakan pata gigi tersebut yang sebenarnya terjadi adalah dekomposisi dari H2O2 –> H2O + 1/2 O2 secara cepat, dan reaksi ini ialah eksotermik karena itu mungkin kalian akan melihat asap juga saat terjadi ledakan pasta gigi, Lalu mengapa H2O2 tiba tiba bisa terdekomposisi ?

Kuncinya ialah Natrium Iodida yang bersifat sebagai Katalis (zat yang mempercepat reaksi ) , oleh karena itu Reaksi dekomposisi H2O2 akan terjadi dengan sangat cepat setelah penambahan larutan jenuh Natrium Iodida .

Selamat mencoba !!

Selanjutnya kami akan membuat Artikel mengenai percobaan ledakan pasta gigi atau exploding toothpaste yang aman untuk anak dan bahan yang lebih mudah. Selalu ikuti bisakimia ya

 

 

Iklan

3 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: