Cara Membedakan Telur Mentah dan Matang Dari Luar

Telur merupakan bahan pangan yang banyak di konsumsi di berbagai negara. Cara pengolahannya pun

Bahasa Indonesia: Telur ayam Deutsch: Hühnereier
Bahasa Indonesia: Telur ayam Deutsch: Hühnereier (Photo credit: Wikipedia)

berbeda beda, bahkan untuk keperluan tertentu ada yang di makan secara mentah. Terkadang di suatu perayaan telur juga di pakai untuk di lempar dan di pecahkan, padahal sungguh banyak mereka yang membutuhkan telur tersebut.

Kembali ke topik awal, Tahukan anda Cara membedakan telur mentah dan matang dari luar ? Bukan setelah di pecahkan, namun dari luar. Untuk membedakannya kita akan memanfaatkan prinsip prinsip fisika.

Mari kita coba !

Bahan yang diperlukan :

  • 1 Telur Rebus
  • 1 Telur

 

Cara melakukannya :

  1. Secara bergantian puter telur diatas tempat yang datar, Lihat yang berputar lebih lama. Itulah telur matang / rebus
  2. Putar 2 telur secara bersamaan, kemudian hentikan dengan cepat dan segera lepas lagi. Maka akan ada 1 telur yang kembali bergerak. Itulah Telur yang masih mentah

Mengapa demikian ?

Hal utama yang membedakan telur matang dan mentah ialah isinya. Telur mentah masih berupa cairan dan telur matang sudah berupa padatan. telur akan terkoagulasi ketika dipanaskan sehingga menjadi padatan. Perbedaan saat di putar, telur yang mentah memiliki momen inersia yang lebih dari pada yang matang. Sehingga saat di putar, momen inersia inilah yang memperlambat perputarannya sehingga telur mentah akan berhenti terlebih dahulu. Pada langkah kedua, ketika kedua telur dihentikan. Maka telur mentah akan kembali bergerak karena isinya yang berupa cairan belum berhenti dan masih bergerak.

Menurut wikipedia.com Momen inersia (Satuan SI : kg m2) adalah ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya

 

2 thoughts on “Cara Membedakan Telur Mentah dan Matang Dari Luar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.