Negeri Ini Sangat Membutuhkan Saintis

Hai para pembaca sekalian. kali ini mari kita sedikit membahas tentang hal yang sedikit ringan namun sangat penting dampaknya bagi bangsa ini.

New Scientist
New Scientist (Photo credit: Wikipedia)

Ya, Negeri ini sangat membutuhkan saintis. Apa itu saintis? saintis ialah orang yang bergelut dengan sains atau secara sempitnya kita bisa menyebutnya dengan ilmuwan(ingat, secara sempit!) . Kenapa demikian? Coba saja ingat saat sma. Kita banyak yang menginginkan masuk IPA. lalu setelah masuk IPA, sebagian dari kita merasa cukup dan kapok dengan pelajaran sains. sehingga akhirnya memutuskan masuk kuliah dengan jurusan sosial. Apakah ada yang tetep masuk pelajaran IPA? ya pasti ada namun hanya sedikit. IPA disini maksudnya MIPA. Matematika dan IPA.

Mari kita lihat di PTN. Bagaimana urutan peminat dari jurusan jurusan. Di bagian IPA pasti paling banyak kedokteran dan teknik. Memang tidak ada salahnya dengan jurusan jurusan itu. Namun disini ada penghargaan yang sangat berlebihan terhadap jurusan jurusan tersebut sehingga meremehkan beberapa jurusan lainnya seperti sains (baca:MIPA)

Coba tebak apa jawaban pertanyaan ini bagi orang awam

“eh, kuliah di Fakultas MIPA ya? nanti mau jadi apa?”

pasti jawabannya “mau jadi guru ya?”

 

Mari kita luruskan, Kalau yang ingin menjadi guru. Sudah tersedia Fakultas Keguruan yang dalam sistem pengajarannya sudah membekali mahasiswa pendidikan untuk menjadi guru. Kalau MIPA, ya sudah pasti target utamanya ialah SAINTIS.

Apakah sinstis hanya bekerja di lab dan melakukan penelitian? tidak, dalam industri pun ada yang namanya RnD. yaitu research and development. yang biasanya terus melakukan riset untuk melakukan pengembangan produk. Khusus untuk ahli matematika, biasanya bekerja dengan komputer. Jangan salah, Ilmu komputer itu anaknya matematika. 

Intinya, peranan saintis sangat dibutuhkan oleh negeri ini karena jumlahnya sangat sedikit sedangkan permintaannya sangat besar. Jika permintaan itu tak terpenuhi maka akan di datangkanlah tenaga ahli dari luar negeri yang gajinya bisa berlipat lipat dari tenaga ahli lokal. Sangat memprihatinkan, selain itu pemerintah sangat membutuhkan saintis untuk berbagai riset yang bisa dilakukan sehingga kita bisa banyak mengeluarkan publikasi internasional dan menciptakan produk produk mutakhir tanpa harus membeli dari luar. biarkan asing yang membelinya kita. Mari kita buang jauh jauh pemikiran bahwa Saintis di bangsa ini sangatlah tidak layak, jika kita bersama merubahnya. Insya Allah ini semua akan berubah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.