Kenapa sih Air Laut Asin ?

Sea turtle visits for lunch
Sea turtle visits for lunch (Photo credit: micahcraig)

Banyak perairan yang ada di bumi ini, mulai dari danau, sungai, laut hingga samudra. kitapun dahulu telah mempelajarinya di pelajaran geografi. yah, tapi kita disini tak akan membahas antara perbedaan perairan. tapi akan kita bahas secara khusus tentang laut.

menurut wikipedia.com

Laut atau bahari adalah kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra.

Air di laut merupakan campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni.

ya, laut adalah kumpulan air asin. maka dari itu kita tak bisa meminumnya, akan bahaya bagi tubuh kita. Apalagi jika terdampat ditengah laut(jangan sampai) , walaupun air sangat banyak disekitar kita. namun kita tak bisa meminumnya. akan bahaya bagi tubuh.

Lalu timbul lagi pertanyaan. kenapa air laut itu asin? memangnya ada garamnya? iya betul sekali. air laut mengandung banyak garam. Mulai dari Garam dapur, hingga garam garam lainnya. maka dari itu banyak pengambilan garam yang diambil dari air laut dengan berbagai metode. tentu kita tidak bisa secara langsung memisahkannya dengan saringan. Garam tersebut merupakan mineral yang memang bertempat di lautan.

Sejarahnya dahulu berjuta juta / milyaran tahun lalu. sangat banyak terjadi pelapukan batuan yang merupakan kumpulan mineral sehingga mineralnya (garam termasuk mineral) tersebar luas di lautan. namun garam di air laut tidak habis habis karena senyawa senyawa tersebut telah dipelajari siklusnya. dan ada siklus dimana senyawa garam tersebut kembali ke lautan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.