Bahaya dari minuman bersoda

Bahaya dari minuman bersoda
Minuman bersoda
kita semua pasti sudah mengenal minuman bersoda seperti coca cola, sprite dan fanta. Minuman seperti ini sangat di gandrungi oleh masyarakat kita karena kesegaran yang di peroleh dan juga rasa sensasi menggelegar di mulut ketika meminumnya. Dibalik semua yang di rasakan ternyata minuman ini memiliki zat yang bisa merusak tubuh. Dan beberapa zat yang merusak tubuh itu diantara nya adalah.

1.Zat pewarna

Warna yang menyusun minuman bersoda seperti cola ialah zat yang berasal dari senyawa methylimidazole (4-MI0. Bahayanya, untuk satu kaleng soda setara dengan hampir 140 mcg zat 4-MI. Zat ini juga menyebabkan kanker jika di gunakan berlebihan atau tidak sesuai dengan takaran.

2.Kafein

Didalam satu kaleng minuman soda seperti coca cola mengandung 40 mg kafein. Kafein ini memiliki efek buruk yaitu menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh dan dapat menjadi terhambat apabila di gunakan secara berlebihan.

3.Gula

Gula dalam minuman bersoda digunakan secara berlebihan. Efek dari penggunaan gula berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit misalnya stroke,diabetes,obesitas dan penyakit jantung.

4.Asam fosfat

Di dalam coca cola atau minuman bersoda sejenis juga mengandung bahan yang dapat menghilangkan karat atau korosi  besi. Zat tersebut ialah asam fosfat. Asam fosfat digunakan didalam minuman bersoda seperti coca cola untuk rasa tambahan. Zat asam fosfat bila digunakan secara berlebih maka akan merusak ginjal serta melemahkan tulang.

5.Bisphenol A

Zat senyawa ini juga salah satu bahan yang terdapat pada minuman bersoda coca cola. Zat ini jg cukup membahayakan tubuh di karenakan Bisphenol A ini biasanya banyak di temukan dibahan plastik. biasanya plastik yang aman akan memiliki keterangan BPA Free

6.Asam sitrat

Asam sitrat seringkali digunakan dalam berbagai jenis minuman untuk menambahkan rasa . Jika asam sitrat ini di gunakan secara berlebihan maka akan membuat gigi menjadi rusak.

6 zat di atas merupakan zat zat yang berbahaya bagi tubuh kita jika di gunakan terlalu berlebiihan. Boleh;ah kita mengkonsumsi minuman bersoda asalkan jangan terlalu sering karena mengakibatkan hal yang buruk bagi tubuh kita. Alangkah baik nya jika mengkonsumsi air putih ataupun jus yang alami tanpa adanya zat kimia yang ikut dalam bahan minuman.

Sumber : http://jurukunci4.blogspot.com/2012/07/6-zat-berbahaya-yang-terkandung-dalam.html

 

One thought on “Bahaya dari minuman bersoda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.