Fisika universitas

Bagaimana cara menimbulkan BUNYI ?

Advertisements

Sumber gelombang bunyi adalah sesuatu yang bergetar. Hampir semua benda yang bergetar menimbulkan bunyi. Misalnya dawai gitar atau biola tampak bergetar sewaktu dibunyikan. Bunyi yang dihasilkan oleh getaran dawai menyerupai superposisi dari gelombang- gelombang sinusoidal berjalan. Kali ini kita akan belajar lebih rinci bagaimana Cara menimbulkan bunyi.

Sumber bunyi itu bermacam-macam. Ada yang berupa benda padat, seperti logam pada lonceng, atau kulit pada rebana. Ada yang berupa udara, seperti pada bunyi seruling atau trompet. Dengan demikian, berbagai bahan sebenarnya dapat menjadi sumber bunyi. Disamping perbedaan bahannya, sumber bunyi dapat dibedakan oleh bentuk dan ukurannya

(baca juga Suara Bising Picu Tekanan Darah Tinggi)

Hampir setiap saat kita mendengar berbagai macam bunyi di sekitar kita. Ada yang begitu kuat menggelegar, tetapi ada juga yang lembut, bahkan hampir tak terdengar sekalipun oleh telinga kita. Di dalam ilmu pengetahuan kita mengetahui bahwa bunyi berasal dari sumber bunyi yang digetarkan oleh tanaga atau energi. Kemudian, getaran tersebut dipancarkan keluarkan oleh pengantar. Dan ketika bunyi ini sampai ke telinga kita, barulah kita dapat mendengar bunyi tersebut.

Cara menimbulkan bunyi
Sumber : rumusrumus.com

Sebuah sumber bunyi akan bergetar, bila ada tenaga atau energi yang menggetarkannya. Tenaga ini dapat berupa: tenaga uap, tenaga angin, tenaga air, tenaga listrik, tenaga uap, dan lain-lain. Dari macam-macam tenaga tersebut dan beberapa kesamaan sifat yang menarik, yaitu bahwa tenaga itu dapat ditambah atau dikurangi, dapat disimpan, dapat dialihkan dan dapat digabungkan.Contohnya, bila seorang pemain biola memainkan biolanya, perhatikanlah apakah tenaga pemain tersebut langsung menyentuh sumber bunyinya? Bandingkan, misalnya dengan pemain gitar.  Kemudian bila weker tiba-tiba berdering membangunkan tidur kita. Tenaga siapakah yang menggerakkan sumber bunyinya? Bukankah weker tak mau berbunyi sendiri? Demikianlah, peranan tenaga dalam pengadaan bunyi perlu pula kita perhatikan. Walaupun kadang-kadang tidak mudah menetapkannya.

BACA JUGA  Apa itu Kelajuan, Kecepatan, Perlajuan dan Percepatan?

Beberapa Cara menimbulkan bunyi

Diantaranya adalah sebagai berikut :

Dipetik,adalah bunyi yang ditimbulkan karena adanya petikan sehingga benda tersebut akan mengalami gerakan/getaran dengan teratur. Contoh dari benda yang menimbulkan bunyi pada saat dipetik yaitu gitar, kecapi, siter dan lain-lain.

Ditiup, adalah bunyi yang timbul karena adanya udara yang masuk melalui suatu cela/lubang kemudian dipantulkan kembali sehingga terjadi suatu getaran yang akan menimbulkan buyi. Contoh benda yang menimbulkan bunyi pada saat ditiup yaitu seruling, harmonika, rekorder, pianika, botol kosong dan lain-lain.

Digesek, adalah bunyi yang timbul karena benda tersebut digesek. Yang termasuk dalam alat music gesek yaitu biola, cello, rebab, contre bass dan lain-lain.

Dipukul, adalah bunyi yang timbul karena adanya sentuhan dengan keras yang menimbulkan benda yang dikenai akan merespon dengan getaran yang selanjutnya akan menimbulkan bunyi. Contoh benda yang dapat menimbbulkan bunyi ketika dipukul yaitu gong, gamelan, drum dan lain-lain.

Demikian artikel mengenai cara untuk menimbulkan bunyi. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari jawaban dan ingin menambah pengetahuan.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

#dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.