Fisika

EKSPERIMEN BIOAKUSTIK – Analisis Taraf Intensitas Bunyi

Fakta Fenomena Dentuman Misterius di Malang, Trending di Twitter hingga Sumber Suara Belum Diketahui
Sumber : http://www.freepik.com
Advertisements

Apa itu bioakustik?

Bioakustik merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses penerimaan pendengaran yang timbul oleh makhluk hidup. Bioakustik berasal dari kata bio yang artinya hidup dan akustika yang artinya getaran atau bunyi. Bunyi adalah suatu getaran yang menimbulkan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium perambatnya (zat cair, zat padat dan udara), sehingga dapat didengar. Maka pada kesempatan kali ini saya akan melakukan Eksperimen Bioakustik yang berhubungan dengan sumber bunyi

Pada eksperimen kali ini, saya akan mengukur taraf intensitas bunyi yang dihasilkan dari sumber kebisingan yang terjadi dilingkungan sekitar menggunakan aplikasi sound level meter serta mencari nilai intensitas sumber bunyi.

Taraf Intensitas Bunyi dapat diartikan dengan tingkat kebisingan suatu bunyi pada pendengaran manusia. Bunyi yang mempunyai taraf intensitas yang tinggi akan memekakkan telinga kita seperti bunyi ledakan bom atau pesawat terbang. Namun ada juga bunyi yang sangat pelan sampai tidak terdengar oleh telinga kita. Secara fisika, Taraf Intensitas Bunyi merupakan perbandingan nilai logaritma antara intensitas bunyi yang diukur (I) dengan intensitas ambang perbandingan (Io) yaitu intensitas bunyi terkecil yang masih mampu didengar oleh telinga. Besarnya ambang pendengaran berkisar pada 10-12 w/m2. Satuan dari taraf intensitas bunyi adalah desiBell (dB).

Rumus

Taraf Intensitas dari sebuah sumber bunyi dirumuskan dengan :

B = 10 log I/I

Dimana :

B = Taraf Intensitas Bunyi (dB)

I  = Intensitas Sumber Bunyi (w/m2)

I = Intensitas Ambang Pendengaran 10-12 w/m2

Intensitas Bunyi adalah energi gelombang bunyi yang menembus permukaan bidang tiap satu satuan luas tiap detiknya. Pada dasarnya gelombang bunyi adalah rambatan energi yang berasal dari sumber bunyi yang merambat ke segala arah, sehingga muka gelombangnya berbentuk bola.

BACA JUGA  Apa itu siklus chapman?

Baca Juga Getaran, Gelombang, dan Bunyi

Apabila suatu sumber bunyi mempunyai daya sebesar P watt, maka besar intensitas bunyi di suatu tempat yang berjarak r dari sumber bunyi dapat dinyatakan :

I = P / A = P / 4phi

Sound Level Meter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur kebisingan. Sound level meter ini memiliki standarisasi internasional dengan standar EC 61672:2003. Sound level meter ini berfungsi untuk mengukur kebisingan antara 30-130dB dalam satuan dBA dari frekuensi antara 20-20.000Hz.

Hasil Eksperimen

Berikut link video hasil dari eksperimen yang telah saya lakukan :

Pada percobaan ini, saya telah menetukan sumber kebisingan yang rentan terjadi di sekitar rumah untuk dijadikan percobaan, diantaranya bising kipas angin, gemercik hujan, televisi dan knalpot motor. Dan saya menggunakan aplikasi sound level meter, yang diunduh melalui aplikasi play store pada handphone.

Dari hasil percobaan, dapat diketahui bahwa kipas angin memiliki taraf intensitas bunyi sebesar 68,3 dB, gemercik hujan memiliki taraf intensitas bunyi sebesar 59,3 dB, televisi memiliki taraf intensitas bunyi sebesar 58,4 dB dan knalpot motor memiliki taraf intensitas bunyi sebesar 62,9 dB.

Terima kasih, Semoga bermanfaat!

#dirumahaja #mahasiswaproduktif #fisika

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.