Percobaan Kimia Membuat Flash Powder

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kali bisakimia akan membuat penjelasan dari video Percobaan Kimia Membuat Flash Powder yang telah kita lakukan beberapa pekan yang lalu. Sekali lagi kami peringatkan bahwa percobaan diatas hanyalah untuk kepentingan edukasi saja, semua resiko yang terjadi akibat percobaan ini merupakan tanggung jawab masing masing .

Jadi percobaan diatas alah Percobaan Kimia Membuat Flash Powder dimana kita akan membuat suatu serbuk yang jika di bakar akan terbakar secara cepat dan mengeluarkan cahaya yang sangat menyilaukan sekejap jika di lihat secara langsung (karena di video ini saya tidak terlalu melihat silaunya) .

Bahan Bahan

  • Kalium Klorat ( KClO3)
  • Aluminium Powder
  • Pemantik
  • Wadah Pencampur
  • APD (sarung tangan dan kacamata)

Cara kerja

  1. Timbang bahan bahan yang di perlukan , tidak harus terlalu akurat. sekitar 2 : 1 dengan perbandingan berat , bukan volume . KClO3 : Aluminium . cukup sedikit saja karena akan berbahaya jika terlalu banyak
  2. Aduk kedua bahan hingga merata , jadikan KClO3 yang masih membatu menjadi serbuk hingga reaksi terjadi karena bentuk serbuk akan meningkatkan luas permukaan dan mempermudah terjadinya reaksi
  3. Siapkan alas untuk pembakaran , gunakan alas yang tahan panas karena reaksi akan menghasilkan panas yang sangat tinggi. Gunakan Pemantik yang panjang seperti di video dan juga gunakan sarung tangan anti panas .
  4. Nyalakan pemantik dan bakar serbuk campuran secara perlahan. DUAAAR

Pembahasan

Dalam penghitungan bahan bahan , berat yang ditimbang seharusnya di dasarkan pada perhitungan stoikiometri dari persamaan reaksi . Persamaan reaksi yang nantinya terjadi adalah sebagai berikut :

6 KClO3 + 10 Al → 3 K2O + 5 Al2O3 + 3 Cl2

mari kita cari massa nya  dengan menghitung massa KClO3 dengan 3 mol (agar mudah perhitungannya)  gr = mol x Mr —-> gr = 3 x 122.5 = 367.5 gr

untuk massa Al kita umpamakan dengan 5 mol Al agar perhitungannya mejadi mudah.  gr = mol x Ar  ——> gr = 5 x 27 = 135 gr

Maka untuk perhitungan yang benar seharusnya perbandingannya adalah
KClO3  367.5 gr : Aluminium 135 gr atau mendekati 3 : 1 (Jika ada perhitungan yang salah mohon di koreksi ya)

sebenarnya flash powder yang ideal adalah pencampuran antara KClO4 dengan Aluminium namun bahan KClO4 lebih sulit di jumpa dan lebih mahal jika ada.  Karena flash powder dengan campuran KClO3 ini tidak bisa di simpan dalam jangka waktu yang lama.

dalam percobaan ini kita harus menggunakan sarung tangan yang tebal karena saat pembakaran terjadi ledakan yang bisa mengenai tangan kita walaupun sudah menggunakan pemantik. Alas yang di pakai juga harus yang tahan panas karena jika di lakukan di lantai maka akan merusak lantai , paling bik lakukan di tanah saja.

demikian ulasan dari Percobaan Kimia Membuat Flash Powder , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salah satu sumber

Buku Photographic time and american photography

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.