Skip to content
Iklan

Kaporit Ada di Kolam Renang..hmmm


​Pasti kalian tidak asing lagi ya dengan bau kaporit pada kolam renang. Kaporit yang digunakan di kolam renang merupakan desinfektan.

Apa sih rumus kaporit?

Kaporit atau Kalsium hipoklorit adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia Ca(ClO)2.

Bagaimana bentuknya?

Kalsium hipoklorit adalah padatan putih yang siap didekomposisi di dalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. Kalsium hipoklorit memiliki aroma klorin yang kuat. Senyawa ini tidak terdapat di lingkungan secara bebas.

Apa ya kegunaan kaporit?

Kalsium hipoklorit utamanya digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. Senyawa ini adalah komponen yang digunakan dalam pemutih komersial, larutan pembersih, dan disinfektan untuk air minum, sistem pemurnian air, dan kolam renang.

Bagaimana cara kerja kaporit?

Kaporit membunuh bakteri melalui reaksi kimia yang sederhana. Kaporit yang dituangkan ke kolam renang terpecah menjadi beberapa unsur kimia, diantaranya asam hypochlorus ( HOCl )dan ion hypochlorite (OCl). Keduanya membunuh mikroorganisme dan bakteri dengan cara merusak lipid pada dinding sell serta merusak enzim dan struktur di dalam sell bakteri, membuat bakteri teroksidasi dan tidak berbahaya. Perbedaan antara HOCl dan OCl terletak pada kecepatan mereka mengoksidasi.  Asam hypochlorus dapat mengoksidasi organisme dalam beberapa detik, sedangkan ion hypochlorite memakan waktu hingga 30 menit.

Bagaimana pemakaian kaporit?

Kandungan HOCl dan Ocl bermacam-macam tergantung pH dari tiap kolam renang. Jika pH kolam renang terlalu tinggi, maka hanya akan sedikit HOCl yang ada sehingga pembersihan kolam renang akan memakan waktu yang lebih lama daripada waktu yang seharusnya. pH ideal suatu kolam rrenang adalah antara 7 dan 8; yang paling bagus adalah 7,4-pH ini adalah pH air mata manusia. Setelah HOCl dan Ocl  selesai menyelesaikan tugasnya membersihkan kolam renang, mereka kemudian berubah menjadi atom tunggal. Proses ini menyebabkan kaporit tidak berbahaya lagi bagi bakteri. Sinar matahari mempercepat proses tersebut. Kaporit harus ditambahkan ke kolam renang ketika kaporit berubah menjadi atom tunggal.

Walaupun kaporit sangat berguna untuk membunuh bakteri, kaporit juga memiliki efek samping bahkan berefek racun bagi manusia. Kaporit memiliki bau yang menyengat yang tidak sedap. Kaporit juga menyebabkan rasa gatal dan mengiritasi kulit. Ion hypochlorite menyebabkan memudarnya warna pada beberapa bahan tekstil jika tidak segera dibilas dengan air biasa ketika selesai berenang.
Gas kaporit yang terhirup dalam jumlah banyak juga menyebabkan gangguan pernafasan. Beberapa perusahaan saat ini telah mengembangkan alternatif lain dari kaporit, termasuk bahan kimia pengganti kaporit dan generator ion. Namun bahan-bahan tersebut masih belum bisa mengalahkan kaporit dari segi kebersihan, tingkat oksidasi dan harga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: