Skip to content
Iklan

Naftalen Sebagai Bahan Baku Kamper


​Tahukah kalian isi dari kamper yang biasa digunakan untuk mengusir serangga di lemari baju?

Kamper adalah sejenis bahan pengusir ngengat yang terbuat dari bahan kimia dan biasanya berbentuk seperti bola-bola kecil. Bahan ini biasanya digunakan untuk mencegah ngengat menggerogoti pakaian dan barang-barang lain yang disimpanan,sehingga barang-barang  tersebut selalu dalam keadaan baik pada saat akan digunakan.

Bahan kimia yang digunakan sebagai bahan baku kamper adalah naftalen. Naftalena digunakan sebagai reaksi intermediet dari berbagai reaksi kimia industri, seperti reaksi sulfonasi, polimerisasi, dan neutralisasi. 

Seperti apa ya naftalen?

Naftalena adalah hidrokarbon kristalin aromatik berbentuk padatan berwarna putih dengan rumus molekul C10H8 dan berbentuk dua cincin benzena yang bersatu. Senyawa ini bersifat volatil, mudah menguap walau dalam bentuk padatan. Uap yang dihasilkan bersifat mudah terbakar. Naftalena paling banyak dihasilkan dari destilasi tar batu bara, dan sedikit dari sisa fraksionasi minyak bumi.

Naftalena merupakan suatu bahan keras yang putih dengan bau tersendiri, dan ditemui secara alami dalam bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak.

Naftalena adalah salah satu komponen yang termasuk benzena aromatik hidrokarbon, tetapitidak termasuk polisiklik. Naftalena memiliki kemiripan sifat yang memungkinkannyamenjadi aditif bensin untuk meningkatkan angka oktan. Sifat-sifat tersebut antara lain: sifat pembakaran yang baik, mudah menguap sehingga tidak meninggalkan getah padat pada bagian-bagian mesin. Penggunaan Naftalena sebagai aditif memang belum terkenal karenamasih dalam tahap penelitian. Sampai saat ini memang belum diketahui akibat buruk  penggunaan naftalena terhadap lingkungan dan kesehatan, namun ia relatif aman untuk digunakan.Satu molekul napthalena merupakan perpaduan dari sepasang cincin benzena. Naftalenamerupakan salah satu jenis hidrokarbon polisiklik aromatik.
Ternyata ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengganti kamper. Apa ya?

Untuk alternatif kapur kamper dapat menggunakan cedar atau kayu pohon cemara. Balok, bola dan serutan kayu cedar bisa digunakan dalam berbagai cara yang sama seperti pada penggunaan kamper, tapi dengan satu kelebihan bahwa cedar tidak berbahaya. Seperti pada kapur barus,penggunaan cedar akan lebih efektif dalam tempat tertutup, tetapi barang-barang yang telah terkena cedar tidak perlu dianginkan sebelum digunakan.

Mau coba?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: