Mengatasi Korosi pada Logam dengan Coating


​Pada mesin-mesin pabrik yang terbuat dari logam rentan akan terjadinya korosi. Tentunya kalian sudah mengetahui tentang korosi seperti yang pernah dibahas di https://bisakimia.com/2013/11/17/semua-tentang-karat-besi/. Salah satu solusi menghindari korosi pada alat-alat yang terbuat dari logam adalah dengan coating. Dengan adanya lapisan coating, dipercaya berbagai mesin dan peralatan yang dipakai di dalam proses produksi dapat bertahan dari berbagai gangguan dalam waktu yang cukup lama. Sebagaimana kita ketahui, mesin dan peralatan industri bekerja dengan sangat keras, dengan gesekan yang sangat cepat, dan juga dengan berbagai fluida yang berpotensi merusak dengan suhu nan tinggi, tekanan besar, atau bahkan sifat fluida yang berpotensi merusak. Kebutuhan akan pelapisan coating jelas tidak dapat lagi terbantahkan. Bahkan seakan-akan pelapisan coating telah menjadi salah satu hal wajib yang harus selalu dilakukan pada dunia industri. 

Apakah coating itu?

Coating adalah lapisan penutup yang diterapkan pada permukaan sebuah benda dengan tujuan dekoratif maupun untuk melindungi benda tersebut dari kontak langsung dengan lingkungan. Pada sebuah pipa, coating merupakan perlindungan pertama dari korosi. Coating ini diaplikasikan untuk struktur bawah tanah, transisi pipa yang keluar dari tanah menuju permukaan dan untuk struktur pipa diatas tanah.

Terdapat berbagai macam coating. Ada line coating yaitu coating yang hampir melapisi seluruh permukaan pipa kecuali di jarak 6 inchi pada kedua ujung pipa dan coating yang disebut dengan girth weld atau repair coating atau field joint coating yaitu jenis coating yang diaplikasikan pada sambungan pengelasan saat menyambung dua batang pipa.

Jenis Line coating adalah sebagai berikut :

  1. Coaltar Enamel 

  2. Asphalt enamel

  3. Extruded polyethylene

  4. Fusion Bonded Epoxy

  5. SomasticPritecLiquid Epoxy

  6. Three Layer Polyethylene

Setiap jenis lapisan memiliki kelebihan, kekurangan, dan juga kecocokan masing-masing dalam menghadapi sebuah lingkungan.

Salah satu yang kita bahas adalah Coal tar enamel. Coal tar enamel adalah jenis coating standard yang sudah sangat lama (lebih dari 75 tahun) digunakan untuk memproteksi pipa terhadap korosi. Coal tar enamel adalah thermoplastic polymeric coating yang diproduksi dari coal tar pitch, coal dan produk distilasi batubara dan ditambahkan filler inert. Penggunaan coal tar enamel yang dikombinasikan dengan primer, fiberglass, dan outer wrap sangat efektif untuk melindungi pipa dari korosi.

Coal tar adalah cairan berwarna hitam atau coklat dengan viskositas yang tinggi berbau nafta atau aromatic hydrocarbon. Coal tar adalah produk sampingan ketika batubara dikarbonasi untuk membuat coke (kokas) atau ketika proses gasifikasi batubara. Senyawa pembentuk coal tar sangat kompleks, terdiri dari campuran phenol, Hidrokarbon aromatic polisiklik (PAH) dan senyawa Heterosiklik dengan sekitar 200 senyawa campuran didalamnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s