Zat Gizi dalam Rumput Laut


​Rumput laut sebagai bahan makanan sudah tida asing lagi bagi kita. Kita dapat menemukannya sebagai snack. Tahukah kalian zat gizi apa saja yang terkandung pada rumput laut?

Komposisi zat gizi pada rumput laut antara lain karbohidray (gula atau vegetable gum), protein, sedikit lemak serta abu yang sebagian besar terdiri dari natrium dan kalium serta 80-90% air. Disamping komponen zat gizi utama tersebut, rumput laut dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A, vitamin B1, riboflavin,  niasin,   kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.

Kandungan yodium yang ada di dalam tiroid dapat menjaga kesehatan tiroid Anda dan fungsi fisiologis tubuh lainnya. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.
Rumput laut bukanlah rumput sebenarnya, karena mereka tidak termasuk famili Gramineae (rumput-rumputan). Biota laut itu sebetulnya adalah nama umum kelompok ganggang (algae laut bentik) yang tumbuh di laut dangkal. Nama rumput laut diambil dari istilah Inggris seaweeds. Tidak semua rumput laut bernilai ekonomis penting. Rumput laut untuk pangan dan industri hanya dari rumput laut kelompok ganggang merah(Rhodophyceae). Jenisnya terdiri dari macam-macam spesies rumput laut genus Eucheuma, Gracilaria dan Gelidium.sumber

Manfaat lainnya adalah rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detox secara alami.

Ada begitu banyak manfaat yang ada di dalam rumput laut untuk kesehatan Anda. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi rumput laut atau makanan yang mengandung rumput laut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s