DOPAMINE


Pernah mendengar tentang hormon dalam tubuh yang disebut dopamin?

Ya, dopamin adalah salah satu istilah yang sering dikaitkan dengan “kesenangan”, “rasa senang”, “bahagia” dan sejenisnya. Apa itu dopamin, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja efeknya bagi tubuh?
Dopamin adalah suatu neurotransmitter yang terbentuk di otak dan organ tubuh lain. Neurotransmiter adalah senyawa yang menghantarkan sinyal atau rangsangan antar sel saraf atau antara sel saraf dengan sel lainnya.

Dopamin juga merupakan suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus. Fungsi utamanya sebagai hormon ialah menghambat pelepasan prolaktin dari kelenjar hipofisis(lobus anterior hipofisis).

Dopamin memiliki rumus kimia C 6 H 3 (OH) 2-CH 2-CH 2-NH 2.Nama kimianya adalah “4 – (2-aminoethyl) benzen-1 ,2-diol” dan singkatan adalah “DA.”

Sebagai anggota keluarga katekolamin, dopamin adalah prekursor norepinefrin (noradrenalin) dan kemudian epinefrin (adrenalin) dalam jalur biosintesis untuk neurotransmitter ini.

Awalnya dopamine dikenal sebagai neurotransmitter   yang menghantarkan sinyal hanya di dalam otak. Namun dopamine juga diketahui memiliki fungsi bagi organ-organ lain. Di dalam otak (susunan saraf pusat), dopamine memiliki peran dalam mengatur pergerakan, pembelajaran, daya ingat, emosi, rasa senang, tidur, dan kognisi.
Mengingat lokasi dimana itu diproduksi, tentu dopamin sangat penting bagi berbagai sinyal yang dikirim dari sinapsis satu ke sinapsis lainnya. Sinapsis adalah celah di antara sel-sel otak. Dengan demikian, dopamin memiliki efek besar terhadap otak; tentunya dalam konteks baik dan positif. Di sini kita akan melihat persis apa yang sebenarnya dilakukan dopamin dan bagaimana anda bisa memaksimalkannya demi kesehatan tubuh melalui pengaturan pola makan (diet) dan gaya hidup.
Dopamin juga berperan dalam organ ginjal, pankreas, paru-paru dan pembuluh darah. Di ginjal, dopamine dikenal sebagai pengatur pengeluaran garam dan kesimbangan elektrolit. Sementara pada paru-paru, dopamine menyebabkan penyerapan garam dan cairan. Pada pembuluh darah dan jantung, dopamine menyebabkan pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Dopamine menyebabkan penghambatan dalam pengeluaran asam lambung, dan peningkatan insulin dan glucagon dalam darah. Insulin dan glucagon adalah hormon yang berfungsi dalam mengatur kadar gula darah.
sumber

Apa kelebihan dan kekurangan dopamin ini?
Dopamin juga memiliki peran penting di dalam gerakan motorik yang dihasilkan tubuh. Jika kekurangan dopamin, maka ancamannya adalah kelumpuhan total. Tapi, jika terlalu banyak dopamin, maka tubuh akan menghasilkan berbagai gerakan dan sentakan (gerakan tiba-tiba) tak terkendali. Kesimpulannya, kebanyakan dopamin juga berbahaya. Sebaliknya, kandungan dopamin otak yang terkontrol dan dalam jumlah tepat akan membuat sikap refleks anda cepat (gesit) dan gerakan-gerakan tubuh dapat dikoordinasi dengan baik (terkontrol).
sumber

Ada beberapa cara meningkatkan dopamin. Apa saja ya?
1. Mengkonsumsi Suplemen
2. Olahraga
3. Mengkonsumsi antioksidan
4. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar dopamin misalnya pisang, biji bunga matahari, dan kafein.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s