Posted on 1 Comment

Percobaan Membuat Cairan Pekat “Lumpur Hisap”

Kali ini bisakimia memberikan lagi video percobaan eksklusif untuk pembaca bisakimia.com , percobaan ini menurut saya cukup unik dan sangat menyenangkan untuk di coba.

cairan pekat “lumpur hisap” ini merupakan cairan non newtonian. APA ITU CAIRAN NON NEWTONIAN ? Cairan non-Newtonian adalah suatu cairan yang akan mengalami perubahan viskositas (kekentalan) ketika terdapat gaya yang bekerja pada cairan tersebut. Hal ini menyebabkan cairan non-Newtonian tidak memiliki viskositas yang konstan. kebalikanny dari fluida non-Newtonian, pada fluida Newtonian viskositas bernilai konstan sekalipun terdapat gaya yang bekerja pada fluida.

oleh karena itu dapat kita lihat pada video diatas, kekentalan dari cairan tersebut sangat aneh. ketika di berikan gaya. cairan tersebut akan memberikan gaya balik yang kuat. Namun jika di beri gaya sedikit yang lemah maka ia juga akan lemah seperti cairan pada umumnya.

 

bahannya sangat mudah, hanya wadah, air dan tepung maizena

Jika anda ingin kamu yang menyediakannya, kami menyediakan tepng 500gr dan wadah seharga Rp.20.000

 

Selamat mencoba !!

1 thought on “Percobaan Membuat Cairan Pekat “Lumpur Hisap”

  1. […] Oobleck ini kami sudah buat videonya disini ) Anda dapat membeli pasir kinetik di toko maupun secara online, tetapi sebenarnya pasir kinetik […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.