Skip to content
Iklan

Mitos dan Fakta Mengenai Serbuk Intan


Sekarang ini saatnya kejayaan batu akik atau yang sebenernya merupakan batuan mulia, tak hanya batu akik. Di seluruh indonesia demam batu akik menjangkiti masyarakat mulai dari yang muda hingga yang tua. Roda ekonomi mulai berputar dengan arus baru, banyak pelaku bisnis yang berpindah haluan atau sekedar menambah bisnisnya. Salah satu poin penting yang ada dalam dunia perbatuan ini ialah serbuk intan, karena banyak pemalsuan dan salah kaprah dalam memahami serbuk intan. Munculah mitos dan fakta mengenai serbuk intan. Disini akan saya jelaskan secara tebuka sehingga semua dapat paham.

Apa itu serbuk intan sebenarnya ?

Serbuk intan tentu saja berasal dari Intan, intan ialah nama lain dari berlian. berlian merupakan kristal yang sangat indah yang terbentuk dari alam akibat tekanan yang sangat tinggi. berlian atau intan ini memiliki tingkat kekerasan yang sangat luar biasa. memiliki tingkat kekerasan 10 (dari 1 – 10 skala mohs) . Bahan dari intan ini ialah Carbon. Karbon ialah unsur kimia yang memiliki nomor atom 6 dan massa atom 12.

Oleh karena itu serbuk intan ialah bentuk serbuk daripada intan atau berlian, sehingga memiliki sifat asah yang sangat luar biasa karena tingkat kekerasannya. Namun tentu saja tidak sembarangan intan yang akan dijadikan serbuk intan, yang dipilih untuk menjadi serbuk intan ialah intan yang kualitasnya rendah dan tidak memenuhi standar untuk menjadi berlian di perhiasan karena ukurannya yang terlalu kecil atau warnanya yang buruk.

 

Apakah Semua Karbon itu termasuk Intan ?

Karena di atas telah dibahas bahwa carbon merupakan komposisi dai serbuk intan. maka pertanyaan selanjutnya apakah setiap karbon atau serbuk karbon, bisa di sebut serbuk intan? jawabannya ialah TIDAK. Mengapa demikian?

Karena yang yang menentukan ialah bentuk kristal dari karbon itu sendiri. bentuk kristal akan menentukan kekuatan dari senyawa karbonnya sendiri. mari kita lihat gambar di bawah ini sebagai contohnya ?

perbadaan grafit dan intan

Gambar senyawa di atas keduanya ialah karbon, namun ada perbedaan susunan dari carbon. yang kiri ialah intan, sedangkan yang kanan ialah grafit(bahan untuk menulis Pensil) .

Oleh karena itu tak sembarang carbon bisa di ubah menjadi serbuk intan. Walaupun demikian, carbon yang bukan intan masih bisa digunakan sebagai serbuk asah / serbuk poles . Seperti produk yang kami jual yaitu serbuk intan hitam , karena serbuk intan tersebut merupakan carbon yang telah di keraskan oleh pabrik sehingga bisa digunakan sebagai serbuk asah batu.

 

Bagaimana dengan Cerium, alumina , dan serbuk poles lainnya ?

Banyak yang bertanya  mengenai perbedaan antara serbuk intan dengan bahan bahan serbuk poles lainnya seperti CeO2 , Al2O3 , Silicon Carcide , dll. Dari Unsur penyusunnya sudah pasti beda, perumpamannya ialah seperti batang kayu dan batang besi. Sudah beda kan dari bahan dasarnya.

Serbuk Intan tersusun dari Carbon sedangkan CeO2 memang nama senyawa kimia yang tersusun dari Cerium dan Oksigen, Al2O3 tersusun dari Aluminium dan Oksigen , dan seterusnya. Jadi memang beda bahan. Kesamaan dari semuanya ialah sifat abrasivenya. Sifat abrasive ialah sifat asah yang dimiliki serbuk serbuk tersebut. Karena itu seharusnya orang jangan mencari serbuk intan, tetapi carilah serbuk asah yang bagus dan cocok dengan batunya

 

Bagaimana dengan Serbuk Intan yang di jual di pasaran ?

Disinilah dites kejujuran dan pengetahuan dari penjual, saya banyak menemukan penjual yang tidak jujur mengenai barangnya. Banyak CeO2 , Al2O3 atau serbuk lainnya di beri label serbuk intan. padahal jelas jelas berbeda. atau ada yang memberi nama serbuk intan CO2 , padahal yang namanya CO2 itu ialah Carbon DiOksida yang merupakan sisa napas manusia, Bukan Cerium Oksida. Cerium Oksida memiliki Nama CeO2, bukan CO2. Jujur saya sendiri kesulitan mendapatkan serbuk intan yang asli karena memang barangnya jarang dan kalau adapun harganya pasti mahal.

 

Bagaimana Cara mengecek keaslian Serbuk Intan ?

Karena Intan memiliki karakteristik khusus secara kristal, maka mengecek serbuk intan ini harus menggunakan instrumen kimia di lab kimia. sebelum itu, ini tipsnya :

1. Tanya apakah bahan/komposisi dari serbuk intannya ? jawaban yang benar ialah carbon. tanya apakah berani cek lab apakah itu carbon atau bukan.

2. Jika carbon, Tanya apakah carbon tersebut memiliki struktur intan atau tidak. dan sekali lagi apakah berani jika di cek lab.

cara diatas ialah cara yang paling akurat untuk memastikan, namun biasanya para pelaku usaha yang sudah berpengalaman dapat mengira ngira apakah serbuk tersebut memang serbuk intan atau bukan walaupun tetap tidak akurat juga.

 

Iklan

5 Comments »

  1. Adakah bahan bersifat abrasif lainnya yang kinerjanya serupa dengan cerium oxide? lalu apakah cerium oxide berbahaya bagi kesehatan manusia?
    Terima kasih.

    Suka

  2. Bang kalau ada yang tau !
    Dirumah gue di kampung tuh sering tumbuh bulu bulu banyak yang berkilauan kayak kristal tapi kalau di pegang jadi serbuk lembut banget ,, itu muncul setiap pagi tapi gak setiap hari ,,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: