Skip to content
Iklan

Jual Alat Uji Air Aki Hydrometer Battery


Aki kendaraan merupakan bagian penting dalam kendaraan itu sendiri, karena aki ibarat baterai dan sumber listrik untuk kendaraan. Namun seperti baterai pada umumnya, aki harus dirawat agar awet dan tahan lama. Salah satu komponen aki ialah air aki. Namun terkadang kita tidak tahu bagaimana mengecek air kualitas air aki apakah masih bagus atau tidak, untuk menjawab itu bisakimia Jual Alat Uji Air Aki Hydrometer Battery .

jual alat uji air aki hydrometer battery

Hydrometer Battery Rp. 65.000 —> Rp.60.000

Alat untuk menguji kualitas air aki berdasarkan prinsip berat jenis air aki. Air aki yang masih bagus akan memiliki berat jenis yang tinggi. Aki yang sudah jelek kualitas airnya perlu di recharge. 

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan vitamin aki. bagaimana cara penggunaannya ? Lihat disini

kami Jual Alat Uji Air Aki Hydrometer Battery dengan harga 65.000 —> Rp.60.000 saja

STOK SEKARANG MERK LIPRO

jika tertarik segera hubungi 085217391557 atau langsung PESAN ONLINE DISINI

Berikut ialah tips merawat aki dari website toyota

  1. Matikan komponen kelistrikan ketika mesin mati.

Selesai berkendara matikan dulu komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin, agar muatan listrik pada aki tidak berkurang, dan pada saat dihidupkan kembali beban aki mampu memenuhi kebutuhan sistem starter.

  1. Panaskan mesin kendaraan.

Kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur aki. Untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin memanaskan mesin secukupnya atau dapat pula melepas terminal negatif aki.

  1. Periksa level air aki.

Permukaan air aki harus dipertahankan antara batas atas dan batas bawah, oleh karena itu peru diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali. Jika air yang terdapat di dalam aki berada di batas bawah, sementara aki tersebut terus digunakan bisa menyebabkan kerusakan pada aki. Pengisian yang melewati batas atas (berlebihan) airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan. Untuk menambah air aki yang berkurang gunakan air yang biasa jangan gunakan air zuur, karena zuur hanya digunakan untuk aki baru yang belum dipakai. (Catatan: air aki biasa = air murni/air suling; accu zuur = campuran air murni dan asam sulfat H2SO4)

  1. Periksa Terminal Aki.

Kondisi kendor dan karat pada terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna, hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pd bagian yang tersambung. Jika sambungan terminal kendor tinggal di kuatkan saja, namun jika terminal aki kotor atau berkarat maka harus dibersihkan menggunakan sikat kawat.

  1. Periksa pengikat Aki.

Pastikan aki diikat kuat atau tidak bergeser pada posisinya bila mobil berjalan. Aki yang sering terguncang umurnya jadi lebih pendek. Namun jika diikat terlalu kencang juga akan mengakibatkan kerusakan fisik (pecah/belah) pada badan aki itu sendiri.

  1. Periksa apakah ada kebocoran pada Aki.

Berhati-hatilah pada area yang diketemukan kebocoran dari bagian badan aki, segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada aki. Apabila terjadi kebocoran pada badan aki, segera ganti aki dengan yang baru.

  1. Periksa berat jenis Aki.

Jika Aki telah diisi ulang, cek berat jenis aki dengan menggunakan hydrometer ( biasa terdapat di bengkel). Jika beratnya dibawah ukuran dari aki tersebut. Maka gantiah dengan aki baru.

  1. Pemasangan dan Pelepasan Aki.

Untuk memasangkan Aki, pastikan tidak ada benda-benda asing di sekitar dudukan aki. Hubungkan kabel positif pada terminal positif aki, kencangkan bautnya kemudian hubungan kabel negatif pada terminal negatif. Untuk melepaskan aki pertama-tama matikan instrumen yang bermuatan listrik dan tentunya dipastikan kendaraan dalam kondisi mesin mati. Pada saat melepaskan kabel. lepaskan kabel negatif dulu baru positif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: