Skip to content
Iklan

PENGAKUAN TERSANGKA PEMBUNUH ARAFAT


Yasser Arafat

Siapa aku?

Namaku Polonium-210, kalian boleh memanggilku “radium-F” atau “F-radium”. Kalian tentu tak asing dengan namaku bukan? Dalam tabel periodik unsur-unsur kimia, aku berada di pojok kanan bawah, nomor atom 84, dengan lambang Po.

Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia

Aku termasuk unsur radioaktif yang langka di dunia. Pada tahun 1989, aku ditemukan oleh ilmuwan kimia Marie dan Piere Curie di Pithblende. Makanya aku diberi nama Polonium, diambil dari nama Negara asal mereka, yaitu Polandia.

Orang mengenalku sebagai anggota dari uranium-238, karena itu aku digolongkan sebagai salah satu elemen dari uranium-radium. Aku terbentuk secara alami dalam kerak bumi dengan konsentrasi yang sangat rendah, yaitu sekitar satu bagian dalam 1015. Selain itu, aku juga dapat dihasilkan melalui proses kimia. Aku terlahir dari peluruhan zat radon-222.

Kenapa aku disebut pembunuh?

Sebenarnya aku banyak berjasa kepada kalian. Di dunia industri, aku membantu kalian menghilangkan listrik statis. Begitu juga di bidang fotografi, aku mampu menghilangkan debu dari film dan lensa kamera. Selain itu, aku dapat kalian gunakan dalam senjata nuklir atau sebagai sumber panas perangkat listrik thermoelectric.

Awal mula namaku dicap sebagai pembunuh terjadi pada tahun 2006. Waktu itu, aku dituduh menjadi penyebab meninggalnya Alexander Litvinenko, mantan kolonel KGB Rusia. Dan sekarang namaku kembali disebut menjadi penyebab wafatnya mendiang pemimpin Palestina, Yasser Arafat.

Masih ingatkah kalian dengan peristiwa wafatnya Presiden Otoritas Palestina ini? Mendiang pemimpin Palestina, Yasser Arafat meninggal dunia di Rumah Sakit Militer Percy, Perancis, pada tanggal 11 November 2004. Catatan medis rumah sakit tersebut menyebutkan bahwa, Arafat meninggal karena serangan sroke.

Setahun yang lalu, tahun 2012, istri mendiang, Suha Arafat, menyampaikan akan dilakukan penggalian kembali makam Arafat. Hal ini dilakukan setelah Al-Jazeera merilis temuan penyebab meninggalnya Yasser Arafat. Berikut kutipan beberapa temuan yang diterbitkan oleh BBC, dengan judul : Arafat “mungkin diracuni polonium”.

“Mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat mungkin telah diracun dengan radioaktif polonium”, kata laporan forensik Swiss yang diperoleh oleh al-Jazeera.

Laporan forensik Swiss ini mengatakan tes yang dilakukan pada jenazah menunjukan “kandungan polonium-210 yang cukup tinggi”, yang “cukup” untuk mendukung dugaan itu.

Apakah aku sangat berbahaya?

Ya, aku sangat berbahaya. Jika kalian menelanku, meskipun dalam jumlah kurang dari satu gram, aku bisa membunuhmu. Jangan khawatir, aku tidak akan membahayakan kalian saat berada di luar tubuh kalian. Meskipun begitu kalian tidak bisa menghindariku, karena aku secara alami ada di setiap sudut lingkungan kalian.

Aku masuk ke dalam tubuh kalian melalui makanan dan minuman yang kalian konsumsi, juga dari udara yang kalian hirup. Dari jumlah yang masuk melalui konsumsi makanan dan minuman, sekitar 50% sampai 90%-nya akan dibuang keluar tubuh melalui kotoran.

Lalu bagaimana dengan sisanya? Fraksi yang tersisa akan masuk ke dalam aliran darah, dan akan berkurang dengan waktu paruh selama 50 hari.

Berbeda cerita jika kalian seorang perokok. Aku dapat tersimpan dengan baik pada daun tembakau. Meskipun serapan akar tanaman terhadapku sangat kecil, namun deposisi -proses perubahan gas menjadi padat- dari atmosfer pada daun tembakau menyebabkan konsentrasiku meningkat.

Tembakau dan Rokok

Melalui asap tembakau, aku dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh kalian. Ketika kalian menghirup asap rokok, maka aku akan tinggal dalam lapisan mukosa pada saluran pernapasan.

Saat aku meluruh, aku akan memancarkan sinar alpha. Di dalam paru-paru, ketika partikel alpha dipancarkan, maka sel-sel yang melapisi saluran udara akan rusak. Dari waktu ke waktu, perlahan tapi pasti, hal ini berpotensi memicu tumbuhnya kanker paru-paru. Apakah kalian perokok?

Waspadalah! Waspadalah!
Suppie99

Sumber Foto :
Yasser Arafat : http://www.rimanews.com/sites/default/files/imagecache/article/yasser%20arafat.JPG
Tabel Periodik Unsur-Unsur Kimia : http://scrappertrapz.files.wordpress.com/2012/06/2.jpg
Tembakau dan Rokok : http://us.123rf.com/400wm/400/400/szakaly/szakaly1012/szakaly101200144/8442463-some-unhealthy-tobacco-cigarette-and-a-stethoscope.jpg

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Polonium
http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/11/131107_yasser_arafat.shtml
http://www.tempo.co/read/news/2012/07/06/095415242/Polonium-210-Si-Racun-Pembunuh
http://dunia-wahyu.blogspot.com/2011/11/beberapa-hal-dalam-kimia-unsur-polonium.html

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s