Skip to content
Iklan

Menghapus kenangan buruk dengan obat? Bisakah?


So Many Memories

So Many Memories (Photo credit: Wikipedia)

Semua orang pasti memiliki kenangan buruk, dan kenangan buruk itu pasti melekat di ingatan kita selalu. Berbagai cara telah dilakukan untuk menghilangkan kenangan buruk itu, namun belum ada cara yang efektif untuk melupakan kenangan buruk

Penilitian yang diadakan di Centre for Studies on Human Stress of Louis-H. Lafontaine Hospital University of Montreal memberikan harapan cerah bagi orang-orang yang ingin melupakan kenangan buruknya. Peneliti disana menemukan bahwa pengaruh obat metyrapone dapat menghambat munculnya emosi negatif yang berhubungan dengan kenangan buruk.

Metyrapone adalah suatu obat yang dapat mengurangi tingkat hotrmon stress yang berkaitan dengan memori, atau biasa disebut kortisol. Manipulasi tingkat kortisol dikombinasikan dengan membentuk memori baru dapat meminimalisir emosi negatif yang berkaitan dengan memori tersebut. Selain itu, penurunan emosi mempunyai efek yang bertahan lama, sehingga berpotensi untuk menjadi pembantu pemulihan pada penderita sindrom memori seperti stress pasca-trauma. Walaupun metyrapone belum menjadi produk komersial, penemuan ini dapat menciptakan terapi baru terhadap kenangan buruk di masa depan.

Sumber : http://www.chem-is-try.org

Iklan

5 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: