Posted on Leave a comment

Sirsak Sang Pembunuh Kanker

Yup, kanker ialah suatu penyakit yang sampai sekarang sangat ditakuti. Karena tingkat kematian akibat

English: Picture of soursop fruit, Annona muri...
English: Picture of soursop fruit, Annona muricata Français : Le Soursop autrement appelé Guanábana est un fruit exotique qu’on trouve en Asie du sud est, très présent au Vietnam il a une saveur sucré dont le gout est proche de la banane avec des saveurs de fraise. Peut se préparer en milkshake (Photo credit: Wikipedia)

kanker adalah yang salah satu yang tertinggi didunia. Kanker sendiri ialah penyakit karena sel yang rusak didalam tubuh menolak untuk dibuang (tidak mengalami apoptosis). Sel yang bandel ini tetap melakukan metabolisme seperti memakan sari sari makan yang diantarkan, dan terus membelah diri, membelah dirinya juga menjadi sel yang rusak. Jadi sel rusak yang menumpuk ini disebut kanker.

Nah, kenapa tanaman sirsak bisa menjadi pahlawan kesiangan kita?

Sirsak atau bahasa latinnya Annona Muricata L ternyata diam-diam memiliki senjata khusus, yang disebut Acetogenins. Apa itu Acetogenins? Acetogenins ialah suatu senyawa polyketides dengan struktur 30 – 32 rantai karbon tidak bercabang yang terikat pada gugus 5-methyl-2-furanone. Rantai furanone dalam gugus hydrofuranone pada C23 memiliki aktivitas sitotoksik.

by the way, tau arti sitotoksik? sitotoksik itu artinya racun untuk sel. dan karena kanker sendiri ialah sel yang bandel dan lama lama jahat. zat sitotoksik ini bisa membunuhnya. by the way lagi, ga semua zat sitotoksik ini membunuh kanker karena sifat selektif nya.

Nah ajaibnya si Acetogenins yang terkandung dalam sirsak ini, sangat-sangat selektif. Mereka hanya mengejar sel kanker saja, eh ada tapi nya loh. sel kanker tapi yang kelebihan ATP.

Apa itu ATP?? ATP sendiri itu singkatan dari Adenosine triphosphate, alias energi. gampangnya ialah makanan yang di dimakan oleh sel-sel dalam tubuh kita untuk bermetabolisme. ATP berasal dari makanan yang kita makan sehari-hari.

Acetogenins ini kerjaannya sebenernya jahat juga. Acetogenins ini kebiasaannya merusak ATP loh, nah Acetogenins ini masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Dampaknya distribusi energi di dalam sel pun berhenti dan akhirnya sel nya mati.

Tapi tenang aja, yang di hinggapi Acetogenins ini sel yang kelebihan ATP dan notabane nya sel kanker lah yang kelebihan ATP tersebut. dan walaupun nempel di sel yang baik, bukan berarti hidup mu bakal jadi ga baik. Sel akan terus beregenerasi kan. asal kalian makan makanan yang baik juga.

sebenarnya ini top secret loh.. alesannya cari sendiri aja ya di jurnal jurnal hehe..

Dan untuk terapi sirsak ini mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya,  jadi pantengan aja terus bisakimia.com . haha

sumber:

Kintzios, S.E and Maria G.B. Plants That Fight Cancer.

Teyler, Leslie. 2002. Herbal Secrets of The Rainforest.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.