Meneliti Di Manapun Dengan Mikroskop Saku

mikroskop saku

Sebuah mikroskop ukuran saku saat ini telah dikembangkan oleh para ilmuwan yang berasal dari Finlandia dengan tingkat keakuratan seperseratus milimeter. Lembaga tersebut yakni VTT Technical Research Centre Finlandia dengan mengembangkan aksesori optik yang dipasang pada sebuah ponsel kamera biasa dan menjadi mikroskop beresolusi tinggi. Di antara mereka, yang akan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut adalah seperti industri percetakan, para konsumen, bisnis keamanan dan para pakar kesehatan. Sebuah perusahaan Finlandia baru yang disebuy KeepLoopOy dan VTT sudah mengeksplorasi potensi komersial dari penemuan ini. Aplikasi industri pertama dan model konsumen telah rilis sejak awal 2012.

Pengoperasian perangkant didasarkan pada gambar yang dihasilkan oleh efek gabungan dari lampu LED dan lensa optik. Berbagai permukaan dan struktur dapat diperiksa secara detail mikroskopis dan kamera seluler dengan mengatur ketajaman gambar. Selain itu, hasil dari pengambilan gambar secara mikroskopis dapat diteruskan menjadi pesan MMS.

Sebuah ponsel biasa berubah menjadi mirkroskop instan dengan melampirkan modul dan mikroskop tipis magnetik di depan lensa kamera normal. Perangkat ini cocok dan mudah dimasukkan ke dalam saku pengguna, tidak seperti mikroskop tubular konvensional.

Lensa makro plastik mikroskop ponsel memperbesar objek secara efektif. Bidang kamera pandang adalah 2×3 milimeter. Sejumlah LED telah tenggelam ke tepi luar dari lensa, memungkinkan objek yang akan diterangi dar sudut yang berbeda. Gambar diterangi dari beberapa sudut yang berbeda dan dapat digunakan untuk menghasilkan peta topografi tiga dimensi dengan tingkat keakuratan seperseratus milimeter.

Cocok untuk pemeriksaan permukaan dan sekitarnya, keamanan, perawatan kesehatan, dan game. 

Mikroskop ponsel juga dapat digunakan untuk mempelajari susunan permukaan, terutama pada industri percetakan sebagai bagian dari pengedalian kualitas dan dalam kondisi lapangan. Dalamn bisnis keamanan perangkat juga berguna, misalnya untuk membaca microcode dalam berbagai sistem logistik, sementara itu cocok untuk mempelajari tanda keamanan dan untuk otentikasi produk apakah itu asli atau tidak. Mikroskop ini juga mampu mendeteksi simbol tersembunyi dalam produk yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

Perangkat tersebut juga diterapkan untuk mempelajari lingkungan, jadi pengguna dapat menggunakan mikroskop instan ketika keluar dan memeriksa daun dan tanaman sekitar misalnya dalam penelitian serangga. Aplikasi lain yang potensial adalah untuk memeriksa struktur tekstil seperti helai rambut dan struktur serat pada kertas.  Dalam penggunaan media sosial, perangkat tersebut juga memiliki potensi dalam dunia game.

Cukup menarik, bukan? Dengan lensa mikroskop yang ditempeli pada kamera ponsel saja Anda dapat melihat secara mikroskopis. Ingin memilikinya?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.