Posted on 33 Comments

Apa itu Unsur, Senyawa, dan Campuran?

Apa itu Unsur, Senyawa, dan Campuran
Quantum-atom
Quantum-atom (Photo credit: Wikipedia)

Air murni terdiri atas sejenis materi yaitu air, sementara itu air laut terdiri atas air serta berbagai zat lain yang terlarur atau tercampur di dalamnya. Benda-benda seperti air murni, ialah benda yang terdiri dari satu jenis materi disebut sebagai zat tunggal atau zat murni atau zat. Benda-benda seperti air laut, yaitu benda yang terdiri dari berbagai jenis materi, disebut sebagai campuran.

Zat tunggal bersifat homogen (kontinu) dan mempunyai sifat yang sama pada setiap bagiannya. Zat tunggal dibedakan atas unsur dan senyawa. Adapun campuran ada yang bersifat homogen dan ada pula yang bersifat heterogen. Campuran yang homogen disebut larutan, sedangkan campuran yang heterogen seperti suspensi dan koloid.

Berikut ini adalah perbedaan dari unsur, senyawa, serta campuran :

1. Unsur

Unsur merupakan zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain. Beberapa contoh unsur adalah oksigen, nitrogen, hidrogen, besi, aluminium, emas, perak, raksa, dan platina. Unsur-unsur alam tersebut umumnya terdapat dalam bentuk senyawa, seperti halnya hidrogen sebagai contoh terdapat di dalam air dan karbohidrat. Beberapa unsur seperti oksigen, nitrogen, belerang, emas, dan platina di samping sebagai senyawa juga terdapat dalam keadaan bebas. Sebagaimana kita ketahui, oksigen dan nitrogen terdapat dalam udara.

Unsur sendiri dibedakan atas logam dan non logam, beberapa contoh unsur logam adalah aluminium, besi (ferum), emas (aurum), perak (arguntum), dan raksa (hidrargirum).

Unsur logam mempunyai sifat-sifat antara lain :

  • Kecuali raksa, semuanya berupa zat padat pada suhu kamar (25 derajat Celcius)
  • Merupakan konduktor listrik dan panas
  • Mengkilap jika digosok
  • Dapat ditempa atau bersfat malleable serta dapat diregangkan atau berisfat ductile

Beberapa contoh unsur nonlogam adalah nitrogen, oksigen, karbon, belerang (sulfur) dan klorin. Unsur nonlogam mempunyai sifat-sifat antara lain:

  • Ada yang berupa zat padat, zat cair, atau zat gas pada suhu kamar (25 derajat Celcius)
  • Yang berupa zat padat umumnya rapuh, seperti arang (karbon)
  • Bukan konduktor listrik atau panas, kecual grafit (salah satu bentuk karbon)
  • Tidak mengkilap walau digosok, kecuali intan (suatu bentuk lain dari karbon)

Unsur logam dan nonlogam dapat dibedakan dari nama ilmiahnya : unsur yang namanya berakhir denga ium atau um adalah logam, kecuali helium, selenium, dan telurium. Unsur yang merupakan peralihan dari logam ke nonlogam mempunyai baik sifat logam maupun sifat nonlogam, disebut juga unsur metanoid. Contohnya adalah silikon, boron, dan arsen.

(baca juga Unsur unsur dalam tubuh manusia)

2. Senyawa

Senyawa merupakan zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih. Beberapa contoh senyawa adalah air, sukrosa (gula tebu) dan natrium klorida (garam dapur). Air dapat diuraikan oleh listrik menjadi gas hidrogen dan gas oksigen. Sukrosa dapat diuraikan dengan pemanasan menjadi arang (karbon) dan air. Sedangkan natrium klorida juga dapat diuraikan oleh listrik (elektrolisis) sehingga menjadikan dua unsur yaitu natrium dan klorin.

Senyawa terbentuk oleh ikatan kimia dari dua jenis unsur atau lebuh, suatu senyawa mempunyai sifat tertentu dan berbeda dari sifat unsur-unsur penyusunnya.

Contoh senyawa yang pertama adalah air yang biasa kita kenal gabungan antara dua unsur yaitu hidrogen dan oksigen di mana hidrogen sendiri berupa zat gas yang mudah terbakar dan oksigen diperlukan dalam proses pembakaran. (Kunjungi juga Rumus Pintar)

Contoh senyawa yang kedua adalah natrium klorida atau lebih dikenal dengan nama garam dapur di mana natrium klorida adalah gabungan antara dua unsur yaitu natrium serta klorin. Padahal, natrium sendiri adalah logam yang sangat reaktif dan dapat meledak jika terkena air, dan klorin sendiri adalah unsur nonlogam yang berupa gas dan sangat reaktif, baunya juga menusuk.

( Baca juga artikel BENTUK MOLEKUL)

3. Campuran

Campuran merupakan suatu zat yang terbentuk daru dua zat atau lebih yang masih memiliki sifat asalnya. Sifat-sifat campuran itu adalah :

  • Terdiri atas dua zat tunggal atau lebih
  • Komposisinya tidak tetap
  • Masih memiliki sifat asal
  • Dapat dipisahkan menjadi komponennya melalui cara-cara fisis seperti penyaringan atau penyulingan

Contoh dari campuran adalah seperti air teh, air garam, air gula. Campuran sendiri dibagi atas campuran yang homogen dan campuran yang heterogen, campuran homogen disebut dengan larutan, sedangkan campuran heterogen meliputi koloid dan suspensi.

Demikianlah materi apa itu unsur  senyawa  campuran? 

(Baca juga macam macam cara memisahkan campuran)-

Sumber : Ilmu Kimia kelas X, 1995

 

33 thoughts on “Apa itu Unsur, Senyawa, dan Campuran?

  1. Api iitu masih dapat diurai lagi apa tidak? Kalau dapat, dengan cara apa?

    1. Api itu suatu bentuk energi. Jadi bukan suatu senyawa.
      Tidak bisa diurai lagi

    2. kayaknya enggak

  2. kalau contoh dari campuran apa ya kira-kira? tolong bantu jawab yaa.thx.

    1. banyak banget, mulai dari udara, susu, dll

  3. Kasih contoh nya dong tapi gak usah pengertiannya

    1. bagaiman sih contohnya

      1. lama x di balas kodong apa contohnya

        1. Contoh Unsur yaitu Na Au K Ca DLL
          senyawa CH4 H2O HCl CLL
          Campuran Teh manis , bir DLL

          1. mana campurannya

            1. itukan sudah saya sebutkan diatas

  4. 10 Contoh senyawa

    1. contoh senyawa yang umum apa formulanya aja? kalo yang umum gini kira kira
      1. air
      2. garam dapur
      3. gula pasir
      4. metanol
      5. cuka
      6. borax
      7. formalin
      8. minyak tanah
      9. LPG
      10. gas metana

      1. ak jg gk tw,,maaf ya

        1. 🙂 iya dimaafkan

      2. Kalo tembaga termasuk senyawa bukan?

  5. Klo sabun dan tinta itu termasuk unsur,senyawa apa campuran

    1. kalo ga salah sih campuran….

  6. kalau pengertian dari campuran dan contohnya apa sih?????,tlg banu jawab ya thx.

  7. bagus juga

  8. bagus bgt

  9. bagus sekali

  10. bagus banget.. soalnya, bisa ngebantu aku proses belajarnya

  11. Kalau cintaku padamu bagaikan unsur , tidak bisa di pisahkan XD

    1. unsur masih bisa dipisahkan kok.. kan jadi atom…..

  12. Dlm larutan ada zat terlarut dan zat pelarut. Satuan apa sajakah untuk menyatakan konsentrasi zat terlarut tersebut ?

    Tlong di bls… Thanks

  13. Saya baru tau kalau unsur bisa dipisahkan jadi atom, ane kira atom itu kumpulan dari sebuah unsur.
    Makasih ilmunya, Bom atom itu apa sih ?

    1. sip gan sama sama.
      Bom atom ini maksudnya ialah yang bereaksi adalah intinya. jadi akan ada reaksi inti seperti pembelahan dan penggabungan inti sehingga energi yang dihasilkan luar biasa besar

  14. […] Unsur yang berbentuk cair, misalnya merkuri (ari raksa) dan brom. Sedangkan contoh unsur berbentuk gas, antara lain oksigen, hidrogen, dan nitrogen. […]

  15. thank you

  16. […] Unsur yang berbentuk cair, misalnya merkuri (ari raksa) dan brom. Sedangkan contoh unsur berbentuk gas, antara lain oksigen, hidrogen, dan nitrogen. […]

Tinggalkan Balasan ke ika nawang sari Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.