Beberapa Cara Membersihkan Peralatan Gelas Laboratorium

Mencuci Peralatan Gelas Spesial

  • Peralatan gelas yang digunakan untuk Praktek Kimia Organik
    Bilas peraltan gelas dengan pelarut yang sesuai. Gunakan air deionisasi untuk isi larutan yang larut dalam air. Gunakan etanol larutan yang larut dalam etanol, dilanjutkan oleh bilasan air deionisasi. Bilas dengan pelarut lain yang diperlukan, diikuti oleh etanol dan air deionisasi. Jika gelas perlu digosok, gosok dengan sikat menggunakan air sabun panas/hangat, bilas dengan air keran, dilanjutkan oleh bilasan dengan air deionisasi.
  • Buret
    Cuci dengan air sabun panas, bilas dengan air keran, kemudian bilas 3-4 kali dengan air deionisasi. Pastikan pembilasan harus bersih. Burets harus benar-benar bersih jika akan digunakan untuk praktek analisa kuantitatif.

  • Pipet dan Labu Ukur
    Dalam beberapa kasus, kita mungkin perlu untuk merendam peralatan gelas ini dengan air sabun untuk satu malam. Bersihkan pipet dan labu ukur menggunakan air sabun bersuhu hangat. {eralatan gelas ini mungkin perlu digosok dengan kuas. Bilas dengan air keran diikuti oleh 3-4 kali bilasan dengan air deionisasi.

  • Mengeringkan atau Tidak Mengeringkan Peralatan Gelas

    • Tidak Mengeringkan
      Tidak disarankan untuk mengeringkan gelas dengan tisu atau dengan tekanan udara (seperti dengan hairdryer) karena hal ini dapat menimbulkan kotoran yang dapat mencemari larutan. Biasanya kita dapat membiarkan gelas kering dengan sendirinya.

    • Membilas dengan Pereaksi
      Jika air bisa mempengaruhi konsentrasi larutan akhir yang akan kita buat nantinya, bisa kita membilas peralatan gelas itu 3 kali dengan larutan tertentu .

    • Mengeringkan Peralatan gelas
      Jika peralatan gelas akan digunakan segera setelah dicuci dan harus kering, bilas 2-3 kali dengan aseton. Ini akan menghilangkan air dan akan menguap dengan cepat. Meskipun bukan ide yang bagus untuk meniup udara ke dalam gelas untuk mengeringkannya, kadang-kadang kita dapat menerapkan metode vakum untuk menguapkan pelarut.

    Sumber:
    chemistry.about.com
    – wikipedia.org

    Halaman 1 2

    One thought on “Beberapa Cara Membersihkan Peralatan Gelas Laboratorium

    1. Mencuci buret dengan air sabun panas bukannya membuat pengukuran pada buret menjadi tidak presisi/akurat ?
      dikarenakan suhu yang panas dapat membuat alat laboratorium yang terbuat dari bbahan kaca dapat memuai dan membuat Pengukuran atau skala menjadi tidak akurat.

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.