Memahami bahan bakar fosil

Hi, kali ini Bisa kimia akan membahas mengenai Bahan nakar fosil & manfaat penggunaan bahan bakar fosil yaitu Memahami bahan bakar fosil. Dan jangan lupa baca juga artikel :Polusi Udara Akibat Bahan Bakar Fosil ya guys^^

Bahan bakar fosil yang biasa di sebut juga dengan bahan bakar mineral adalah bahan bakar yang berasal dari pelapukan sisa makhluk hidup yang membentuk minyak bumi,batu bara,gas alam. Produksi dan pemakaian bahan bakar fosil menyebabkan masalah-masalah lingkungan. Seperti, seringkali kita tahu banyak polusi udara & air pada umunya . Pembakaran bahan bakar fosil yang di lakukan oleh manusia secara berlebihan seperti gas rumah kaca, yaitu karbon dioksida berlebih dapat menyebabkan pemanasan global. Dan juga sejumlah kecil bahan bakar hidrokarbon merupakan bahan bakar bio yang didapatkan dari karboon dioksida di atmosfer sehingga tidak menambah karbondioksida yang ada diudar.  Gerakan global menuju pembangkitan energi terbarukan dilakukan untuk membantu memenuhi meningkatkanya kebutuhan energi.

Memahami bahan bakar fosil

KOMPOSISI BAHAN BAKAR FOSIL

  • Minyak bumi (petroleum) adalah hidrokarbon
    cair yang berasal dari sisa tumbuhan dan hewan
    di lautan dan di daratan.
  • Batu bara adalah hidrokarbon padat yang
    berasal dari sisa tumbuhan yang membentuk
    batuan sedimen yang dapat terbakar.
  • Gas alam adalah hidrokarbon gas yang berasal
    dari sisa tumbuhan dan hewan di lautan, dan
    terbentuk bersamaan dengan minyak bumi.

Manfaat Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Pada paruh terakhir abad ke 18, kincir angin dan air memberi energi untuk menggiling tepung, menggergaji kayu, atau memompa sementara kayu atau gambut digunakan untuk memberikan pemanasan di musim dingin. Penggunaan bahan bakar fosil secara luas diawali oleh batu bara dan kemudian minyak bumi, untuk mentenagai mesin uap memungkinkan revolusi industri. Pada saat yang sama, cahaya gas menggunakan gas alam atau gas batu bara menjadi luas. Penemuan mesin pembakaran internal dan penggunaannya pada mobil dan truk meningkatkan kebutuhan bensin dan disel, keduanya dibuat dari bahan bakar fosil. Alat transportasi lain, kereta api dan pesawat, juga membutuhkan bahan bakar fosil. Penggunaan bahan bakar fosil lainnya mencakup pembangkitan listrik dan industri bio kimia. Aspal, sisa dari ekstraksi minyak bumi, digunakan untuk membangun jalan.

Keadaan Sekarang

Saat ini di dunia terdapat persediaan batu bara sebesar 905 miliar metrik ton yang setara dengan 4416 miliar barel (702.1 km3) minyak bumi. Sementara itu persediaan minyak bumi sendiri adalah 1119 miliar barel (177,9 km3) hingga 1317 miliar barel (209,4 km3). Gas alam lebih sedikit, yaitu hanya 175-181 triliun meter kubik, atau setara 1161 miliar barel minyak bumi. Sudahkah anda sedikit Memahami bahan bakar fosil ?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.