Halaman ini kami buat untuk anda yang ingin bertanya secara tebuka sehingga tak hanya ada dialog antar 2 orang. melainkan semua pengunjung bisakimia.com bisa membantu menjawab pertanyaan anda. ditambah lagi bisakimia.com telah memiliki beberapa kontributor yang memiliki pengetahuan yang luas di bidang sains.

Jangan sungkan jika anda punya pertanyaan, kesan, atau kritik. tapi tentunya tak semuanya akan dibiarkan begitu saja.

anda komen hanya untuk menghina, ngejunk, promosi gak jelas tentunya akan segera dihapus oleh admin. biar semuanya tetap rapi, aman dan tertib.

NB : Halaman ini anggap saja sebuah forum kimia indonesia dimana kalian bisa bebas bertanya atau memberi masukkan. Namun kami telah berencana untuk membuat sebuah forum kimia (coming soon)

1.579 thoughts on “Tanya Jawab

  1. Tolong bantu mas/mba ….
    Asam lemah HX 0,05 M Mempunyai konsentrasi ion H+ sebesar 9,5 x 10-4(pngkt negatif 4).harga Ka dari konsentrasi asam tersebut adalah……
    mksh mas ,mba sblm y

    1. kan rumusnya [H+] = √(Ka . M) . jadi tinggal di balik balik rumusnya. bisa di dapat ka
      lalu kalao konsentrasi asam bukannya diawal udah di ketahui ya 0,05M.
      Selamat mengerjakan. πŸ™‚

      1. ok mksh byk
        mau naya lgi nh
        dalm 100 ml larutan NH4OH pH = 10 mengandung jumlah mol……..(Ka NH4OH = 10^-5(pngkt ngtf 5)
        πŸ™‚

      2. Mba saya mau nanya kalo soal kaya gini ngerjainnya kaya apa.
        Jika volume beberapa senyawa dibawah ini sama besar 0,5.tentukan molaritasnya
        a) 4,21 X10^22 molekul CU2S
        b) 0,08 mol CaCO3
        c) 1,204X10^22 mol C2H5OH
        d) 0,672 liter gas CH4 ( Stp)
        e) massa PB (CH3COO)2=32,5

      3. Kak tolong di jawab.
        Kak tolong di jawab.
        Pada proses eloktrolisis sebanyak 18,0 gr air terurai menjadi 2,0 gr hidrogen dan 16,0 gr oksigen.
        A: hitung massa hidrogen dan oksigen yang dapat diperoleh dari eloktrolisis 50,0 gram air.
        B: berapa pula massage air Yang harus dielektrolisis until mendapatkan 100,0 gram oksigen?

    2. Mau nanya nih buat besok ujian sekolah tolong bantu yaa
      1. Sebanyak 5,4 gr alumunium direaksikan dgn asam sulfat menurut reaksi : Al(s)+H2SO4(aq)->Al2(SO4)3(aq)+H2(g) (Belum setara). Tentukan massa Al2(SO4)3 (jika Ar Al=27; S=32; O=16; H=1)
      2. Hitunglah PH dari : 100 ml H2SO4 0,005 M
      3. Unsur X mempunyai nomor atom sebanyak 19 dan nomor Massa 39. Berada pada golongan dan periode berapakah dalam SPU? Tolong dijelasin ya soalnya bingung semua. Makasih

    1. maksudnya tinta apa pak? botol yang terkena tumpahan tinta? tergantung dari tintanya juga. tapi coba beberapa alternatif seperti alkohol atau penghapus serbaguna. atau ada khusus ink remover yang bisa digunakan

  2. mau bertanya
    1. pada suhu dan tekanan yg sama massa 2 liter gas X= massa 1 liter gas SO2 (Mr = 64), Mr gas X adalah?
    2. pada reaksi 2Al + 6HCI (tandapanah) 3AlHCI3 + 3H2 dihasilkan 18 gram gas H2. massa logam Al yg bereaksi adalah? makasih secepatnya dijawab

    1. 1. coba pakai rumus pv=nrt karena r,p dan t sama maka dapat di abaikan. sisanya hanya v=n . MR berbanding terbalik dengan n. Jadi semakin besar L , MR akan semakin kecil. Mr gas X ialah 32

      2. 2Al + 6HCI (tandapanah) 3AlHCI3 + 3H2
      pertama cari mol gas H2
      setelah itu di buat perbandingannya menggunakan koefisien yang ada.
      Setelah di dapat mol Al. Hitung massanya menggunakan rumus. mol=massa/Mr

      Selamat mengerjakan

  3. mau nanya dong
    1. jika diketahui massa atom relatif (Ar Mg= 24; S=32; 0=16; H=1) maka massa rumus relatif (Mr) dari MgSO4.nH2O adalah?
    2. pada suhu dan tekanan yang sama 2 liter gas propana, C3H8, dibakar sempurna menurut reaksi: C3H8 + 5O2 (tanda panah) 3CO2 + 4H2O. volume gas oksigen yan diperlukan sebanyak?
    makasih secepatnya dijawab yaa

    1. halo noviani, sebelumnya bisa di jelaskan sebenarnya poin mana yang tidak di mengerti?
      1. MgSO4.nH2O . dan AR masing masign juga telah diketahui Mg= 24; S=32; 0=16; H=1 , nilai masing masing tinggal di masukkan ke rumusnya. perhatikan unsur yang lebih dari 1 seperti O dan H. jangan lupa di kali jumlahnya

      2. C3H8 + 5O2 (tanda panah) 3CO2 + 4H2O . Menggunakan hukum avogadro. khusus gas, yang suhu dan tekanan tetap. maka perbandingan mol = perbandingan volum O2 5 kali dari propana. jadi 2 x 5 = 10 liter

  4. halo selamat sore, aku mau bertanya lagi. tetapi ini tentang masalah mol, karena tidak terlalu mengerti dibagian ini.
    1. direaksikan sampai habis 4,80 gr logam magnesium dengan larutan HCI 0,5 M. volume gas H2 yang dihasilkan pada suhu 0 derajat celcius, 1 atm adalah… (Ar : Mg = 24, CI=35,5 , H=1)
    2. secara teoritis banyakya cuplikan dengan kadar belerang 80% yg dpt menghasilkan 8 gr SO3 adalah.. (O=16, S=32)
    3. logam alumunium sbnyk 0,2 mol direaksikan dengan 600ml larutan asam sulfat 0,5 M menurut reaksi: (blm setara)
    Al(s) + H2SO4(aq) tanda panah Al2(SO4)3(aq) + H2(g)
    gas H2 yg trbntk pd keadaan standar adalah..?
    tolong dijelaskan beserta rumusnya ya agar saya mengerti. trims

    1. Maaf saya belum sempet balas dan ternyata juga tidak ada kontributor yang bantu jawab.
      mungkin juga udah terjawab ya di sekolah. tapi gpp ya mungkin teman teman lain ada yang perlu.

      1.Mg(s) + 2HCl(aq) —> MgCl2(aq) + H2(g)
      suhu 0 dan 1 atm menunjukkan keadaan standar. maka langkah pertama ialah cari mol Magnesium dengan rumus mol=massa/Ar
      Setelah dapat. maka di dapat mol H2. lalu dengan menggunakan rumus keadaan STP bisa di cari V=mol x 22,4

      2. hitunga massa S di SO3 dengan cara Ar/MRtotal lalu kali 8gram. hasilnya dikali 100/80 . (khusus no.2 silahkan di cek cek lagi)
      3. setarakan dulu menjadi 2Al(s) + 3H2SO4(aq) tanda panah Al2(SO4)3(aq) + 3H2(g)
      ini hampir sama dengan nomor 1. tapi perhitungannya menggunakan Molaritas.

  5. Permisii, mau tanya,
    gimana perhitungannya ya, kalo aku mau buat larutan BAP 10mg menggunakan 10 ml larutan NaOH 1M ditambahkan air 90 ml
    terima kasih πŸ™‚

  6. 1)massa dari 3Γ—10^23 molekul suatu gas adalah 49.Jika bilangan avogadro= 6.10^23,maka volume dari 14 gram tsb pada keadaan standar adalah…
    2)suatu sample yg mengandung belerang sebesar 38,4 gram dibakar dengan gas oksigen erlebih ternyata menghasilkan gas belerang dioksida sebesar 8,96 liter (STP) maka kandungan belerang dalam sample?
    3)pada penguraian kalium klorat: KCLO3–> KCL+O2 .Berapa gram KCLO3 yg dibutuhkan agar terbentuk 5 liter gas oksigen,diukur pada saat 2 liter gas H2 mempunyai massa 4 gram?
    4)gas belerang trioksida diperoleh dari reaksi pembakaran belerang : S+O2 –> SO3.Untuk menghasilkan 1,12 liter belerang trioksida (STP)maka massa belerang yang diperlukan?
    5)pada keadaan STP sebanyak 18,4 gram Nitrogen (IV) oksida terurai menjadi gas nitrogen dioksida,maka volume gas yg terbentuk saat penguraian nitrogen (IV)oksida tersebut adalah……
    6)Jika bilangan avogadro dimisalkan dengan NA dan Mr NH3 =17 maka jumlah molekul dari 34 gram amoniak adalah..
    7)Suatu senyawa dengan Mr=80 tersusun atas 50% massa unsur X (Ar =20) dan sisanya Y (Ar=40) Rumus senyawa tersebut..
    tolong balas ya pnting banget….. thx

    1. oke kalau begitu saya coba bantu caranya.
      1. pertama cari mol dari kondisi awal. molxbil.Avogadro=jumlah partikel . jadi mol=3Γ—10^23/6.10^23=0,5 (belum selesai sampai disini) dan cari massanya m=Mrxmol kemudian cari yang pada keadaan STP . bandingkan mol yang di dapat dari 2 massa. ingat 1 mol STP = 22,4 L/mol

      2. pada keadaan STP 1mol memiliki volum 22,4L , jadi mol SO2 yaitu 8,96/22,4=0,4mol. massa SO2= molxMr(64) =25,6 gram . cari massa S dengan cara membandingkan Ar nya. (32/64)x25,6 gram= 12,8 . maka 12,8/38,4=0,3 atau 30%

      3. KCLO3–> KCL+O2
      2l H2 = 4gram
      H2 memiliki Mr 2 sedangkan O2 memiliki Mr 32
      maka 5l oksigen = (32/2)*(5/2) = 40 gram
      mol O2 = 40/32 = 1,25mol
      mol O2 = mol KClO3
      massa KClO3 = 1,25 x (39+35,5+48) = 153,125gram

      4. S+O2 –> SO3.Untuk menghasilkan 1,12 liter belerang trioksida (STP)maka massa belerang yang diperlukan?
      1,12 liter = 1,12/22,4 mol = 0,05 mol
      mol S = mol SO3
      massa S = molxAr = 0,05 x 32 = 1,6gram

      5. Selalu ingat bahwa Volume pada STP=22,4 L/mol
      mol NO = 18,4/22,4= 0,82mol
      coba buat reaksinya 4NO –> 2NO2 + N2
      mol NO2 setengahnya mol NO maka volumenya 0,5×0,82 = 0,41L

      6. Bilangan Avogadro ialah jumlah partikel dalam 1 mol yaitu 6,022X10^23
      Hitung Mol Amoniak (NH3) = massa/Mr
      jumlah partikelnya=mol x Na

      7.anggap saja berat senyawa tersebut 80 gram maka
      mol X = 40/20 = 2mol
      mol Y = 40/40 = 1 mol
      berarti rumusnya
      X2Y

      Coba cek kembali ya

      1. wah sangat membantu sekali terimakasih πŸ˜€
        boleh tanya lagi?
        kalo yang ini bagaimana caranya :
        1 ) sebanyak 14 gram nitrogen direaksikan dengan 8 gram gas hydrogen membentuk gas amoniak maka pereaksi pembatasnya adalah
        a.NH3 b.N2 c.H2 d.N2 dan H2
        2)sebanyak 3×10^22 molekul X2 mempunyai massa 2 gram.Maka massa atom relatif unsur X adalah..
        a.2 b.4 c.10 d.20 e.40
        3)untuk oksidasi sempurna 1 liter campuran yang mengandung 60% gas metana(CH4)dan 40% gas etana(C2H6)diperlukan oksigen murni sebanyak
        a.2,4 L b.2,6 liter c.2,8 liter d.3,0 liter e.3,2 liter
        4)sebanyak 32 gram suatu garam hidrat (MgSO4 xH2O )dipanaskan menghasilkan garam dan hidrat (MgSO4) menurut reaksi ; MgSO4 xH2O –> MgSO4 = 120) maka nilai x adalah
        a. 2 b.3 c.4 d.6 e.7
        5)sebanyak 25 mL gas CxHy tepat dapat dibakar dengan 10mL gas oksigen dan menghasilkan 75mL gas karbondioksida dan sejumlah air.Jika pengukuran dilakukan pada P dan T yang sama maka rumus molekul CxHy adalah
        a.C3H4 b.C3H6 c.C2H4 d.C2H6 e.CH4

    1. saya pernah membaca di sebuah blog juga tentang ini.

      Senyawa ionic adalah senyawa yang tersusun atas ion-ion yang bermuatan. Dalam keadaan padat, senyawa ionic tidak dapat menghantarkan arus listrikkarena ion-ionnya tidak bebas bergerak. Namun dalam bentuk lelehan atau larutan, ion-ionnya dapat menghantarkan arus listrik. Sedangkan senyawa kovalen polar adalah senyawa yang terurai menjadi ion-ion yang bergerak bebas dalam larutan sehingga larutan dari senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik.(http://jzoule.blogspot.com/2011/02/larutan-elektrolit.html)

      maksudnya senyawa ion atai ionik ? kalau senyawa ion memang dari awal sudah bermuatan. sedangkan senyawa kovalen dari tidak bermuatan menjadi bermuatan

      1. saya mau tanya,,
        rumus untuk soal dibawah ini ap ya,,?
        1.sebanyak 50,0 ml sampel cuka komersial dititrasi dengan larutan NaOH 1,00 M.Berapa konsentrasi(dalam M) asam asetat yang terdapat dalam cuka jika 5,57 ml basa dibutuhkan titrasi?

        2.susu magnesia merupakan suatu suspensi cair magnesium hidroksida yang digunakan untuk mengobati asam lambung.Hitung volume larutan Hcl 0,035 M (jenis asam lambung) yang dibutuhkan untuk bereaksi dengan dua sendok makan penuh susu magnesia[sekitar 10,0 ml pada konsentrasi 0,080 Mg/ml]

  7. wah sangat membantu sekali terimakasih πŸ˜€
    boleh tanya lagi?
    kalo yang ini bagaimana caranya :
    1 ) sebanyak 14 gram nitrogen direaksikan dengan 8 gram gas hydrogen membentuk gas amoniak maka pereaksi pembatasnya adalah
    a.NH3 b.N2 c.H2 d.N2 dan H2
    2)sebanyak 3Γ—10^22 molekul X2 mempunyai massa 2 gram.Maka massa atom relatif unsur X adalah..
    a.2 b.4 c.10 d.20 e.40
    3)untuk oksidasi sempurna 1 liter campuran yang mengandung 60% gas metana(CH4)dan 40% gas etana(C2H6)diperlukan oksigen murni sebanyak
    a.2,4 L b.2,6 liter c.2,8 liter d.3,0 liter e.3,2 liter
    4)sebanyak 32 gram suatu garam hidrat (MgSO4 xH2O )dipanaskan menghasilkan garam dan hidrat (MgSO4) menurut reaksi ; MgSO4 xH2O –> MgSO4 = 120) maka nilai x adalah
    a. 2 b.3 c.4 d.6 e.7
    5)sebanyak 25 mL gas CxHy tepat dapat dibakar dengan 10mL gas oksigen dan menghasilkan 75mL gas karbondioksida dan sejumlah air.Jika pengukuran dilakukan pada P dan T yang sama maka rumus molekul CxHy adalah
    a.C3H4 b.C3H6 c.C2H4 d.C2H6 e.CH4

    1. 1. buat reaksinya dulu N2 + 3H2 –> 2NH3 hitung mol H2 dan N2.
      mol H2 = massa/Mr = 8/2= 4mol
      mol N2 = 14/28 = 0,5mol
      N2 + 3H2 –> 2NH3
      0,5 4
      0,5 1,5 1
      —————
      – 2,5 1
      JAWABAN B

      2. jumlah partikel = 3Γ—10^22
      Jumlah partikel = mol x Na
      mol = 3Γ—10^22 / 6Γ—10^23 = 0,05 mol
      Mr = massa / mol
      Mr = 2gram / 0,05 mol = 40 JAWABAN E

      3. coba buat reaksinya
      CH4 + 2O2 –> CO2 + 2H2O
      C2H6 + 3,5O2 –> 2CO2 + 3H2O
      hitung Volume berdasarkan perbandingan mol. V O2(reaksi CH4) = 2×0,6L = 1,2L
      V O2(reaksi C2H6) = 0,4×3,5 = 1,4
      jadi v total = 1,2 + 1,4 = 2,6(JAWABAN B)

      4. Mr MgSO4 = 120
      massa MgSO4xH2O = 32gram
      Untuk mencari nilai X harus kita ketahui Mr dari MgSO4xH2O
      Karena sudah diketahui massanya maka seharusnya di cari molnya.
      mol MgSO4xH2O bisa dicari dengan menyamakan mol MgSO4.
      mol MgSO4 bisa di cari dengan mol=massa/Mr tapi disini tidak diketahui Massa dari MgSO4
      Jadi soalnya tidak bisa saya jawab

      5. CxHy + O2 –> CO2 + H2O
      dari V kita lihat bahwa CxHy : O2 :CO2 = 25 : 10 : 75 = 5 : 2 : 15
      Tapi seharusnya disini mol O2 lebih besar karena Tidak mungkin CO2 lebih besar dari O2
      5CxHy + 2O2 –> 15CO2 + H2O
      tapi kalau hanya dilihat dari atom C saja kemungkinan A atau B

    2. 1. buat reaksinya dulu N2 + 3H2 –> 2NH3 hitung mol H2 dan N2.
      mol H2 = massa/Mr = 8/2= 4mol
      mol N2 = 14/28 = 0,5mol
      N2 + 3H2 –> 2NH3
      0,5 4
      0,5 1,5 1
      —————
      – 2,5 1
      JAWABAN B

      2. jumlah partikel = 3Γ—10^22
      Jumlah partikel = mol x Na
      mol = 3Γ—10^22 / 6Γ—10^23 = 0,05 mol
      Mr = massa / mol
      Mr = 2gram / 0,05 mol = 40 JAWABAN E

      3. coba buat reaksinya
      CH4 + 2O2 –> CO2 + 2H2O
      C2H6 + 3,5O2 –> 2CO2 + 3H2O
      hitung Volume berdasarkan perbandingan mol. V O2(reaksi CH4) = 2×0,6L = 1,2L
      V O2(reaksi C2H6) = 0,4×3,5 = 1,4
      jadi v total = 1,2 + 1,4 = 2,6(JAWABAN B)

      4. Mr MgSO4 = 120
      massa MgSO4xH2O = 32gram
      Untuk mencari nilai X harus kita ketahui Mr dari MgSO4xH2O
      Karena sudah diketahui massanya maka seharusnya di cari molnya.
      mol MgSO4xH2O bisa dicari dengan menyamakan mol MgSO4.
      mol MgSO4 bisa di cari dengan mol=massa/Mr tapi disini tidak diketahui Massa dari MgSO4
      Jadi soalnya tidak bisa saya jawab

      5. CxHy + O2 –> CO2 + H2O
      dari V kita lihat bahwa CxHy : O2 :CO2 = 25 : 10 : 75 = 5 : 2 : 15
      Tapi seharusnya disini mol O2 lebih besar karena Tidak mungkin CO2 lebih besar dari O2
      5CxHy + 2O2 –> 15CO2 + H2O
      tapi kalau hanya dilihat dari atom C saja kemungkinan A atau B

    1. Saya laki mas. hehe silahkan pakai username dan pass wordpress yang udah ada. Tapi kalau blom punya akun wordpress silahkan buat dulu. kan di invitationnya ada pilihannya. πŸ™‚

      1. Selamat pagi pak,

        Saya sudah menulis satu artikel tapi drtd saya coba untuk memasukkan gambar tapi gagal terus itu kenapa ya pak?

        Jadi, terpaksa artikel yg saya kirim td tanpa gambar hikshiks πŸ™

    1. Kalau di pindahkan tentu ga bisa mas. Kan lpg itu gas bertekanan tinggi. Yang bisa hanya di keluarkan melalui selang lalu di masukkan ke plastik. Tapi udah bentuk gas.

  8. malam mas mau tanya lagi πŸ™‚ + minta doanya hr jumat ini mau seleksi olimpiade kimia
    1) berapa pH larutan yang mengandung 3,98×10^-9 M ion hdroksida dalam air?
    a,8400 b.5600 c.9000
    2)larutan berikut yang mempunyai tekanan paling rendah pada 25 derajat C ?
    a.0,015m Cacl2 b.0,01m CaCl2 c.0,01m NaCl
    3) larutan p- nitrophenol yang konsentrasinya 1,00 x10^-3 M dititrasi dengan larutan NaOH yang konsentrasinya 1,00×10^-3 M.Bila nilai Ka dari p-nitrophenol adalah 7,08×10^-8 pada 25 derajat C,berapa pH pada titik ekivalen?
    a.8,92 b.8,62 c.7,15

    1. Hayoo kalo mau ikut olimpiade soal soal kaya gini harus bisa loooh. Kan nanti jauh lebih susah soal2nya
      1. Kan tinggal pOH=-log(oh-) nanti pH+pOH=14
      2. Tekanan apa ya ini? Apa mksdnya tekanan osmosis ? Kalau iya berarti tinggal bandingkan masing2 dengan rumus phi=mrti
      3. Saya hitung dengan rumjs hidrolisis jawabannya mendekati a. Tapi ternyata ada kunci jawabannya beda. Ini silahkan https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&ei=L2fgUp2SCurQiAeay4CYCw&url=http://urip.files.wordpress.com/2012/10/soal-dan-jawaban-osn-kimia-tk-kabupaten-kota-tahun-2010.pdf&cd=1&ved=0CCYQFjAA&usg=AFQjCNGrvkGxypUbZYpKfThLVVt5p8MLCg

  9. Selamat pagi pak.

    Saya mau menjadi kontributor di bisakimia. Masih bingung caranya memasukkan artikel saya. Apakah ada contact lain yang bisa dihubungi? Whatsapp atau pin BB?

    Terima kasih

    1. Coba buat reaksinya.
      C2H6 + 3.5O2 –> 3H2O + 2CO2
      Itung mol C2H6 dari perbandingan koefisien O2 dan C2H6
      Setelah dapat molnya.
      Ingat. Pada keadaan std. 1 mol = 22.4 liter

  10. Reaksi pembakaran gas propana adalah sebagai berikut.
    C3H8 + 5O2 –> 3CO2 + 4H2O
    Jika sebanyak 1 mol C3H8 telah habis dibakar maka hitunglah:
    a. volume O2 dalam keadaan standar
    b. massa CO2 yang terbentuk

    1. Ayo konsepnya di ingat.
      Kalo ada soal2 begini.
      Pertama.
      Buat reaksi dan setimbangkan
      Lalu tulis mol mol nya dengam menggunakan prinsip stoikiometri
      Dan dalam keadaan std. 1 mol = 22.4 liter
      Massa bisa dihitung dari rumusnya. Yaitu massa = Mr x mol

      Selamat mengerjakan

  11. Assalamualaikum Wr. Wb. Mb, ms mau tanya. Untuk pengukuran pH dengan kertas lakmus merah / biru apa dapat ditentukan tingkatan pHnya? maksud saya apakah ketika saya menggunakan kertas lakmus merah, kemudian saya mengukur pH larutan basa dengan berbagai tingkatan akan memberikan warna biru yang berbeda? atau apakah sama? terimakasih atas jawabannya.

    1. Walaikumsalam. Terima kasih pertanyaannya. Untuk kertas lakmus biru atau merah tidak bisa menentukan pH nya. Kita hanya bisa tau ini asam atau basa. Sebaiknya gunakan kertas pH universal jika ingin mengetahui pH nya juga.

      1. Ooo begitu… berarti untuk larutan dengan pH asam yang berbeda, warna merah di kertas lakmus biru akan sama ya? terimakasih atas jawabannya. Oy, saya mau tanya lagi. Untuk kertas pH universal, warna dari pH 0 – pH 14 apakah berkaitan? maksud saya apakah misal pH 1 warnanya merah maroon, lalu pH 2 warnanya merah normal?

        1. Kalau lakmus setau saya sama.
          Kalau kertas pH universal memang ada perbedaan warnanya. Tiap pH warnanya berbeda. Sebagai warna oembanding biasanya di kemasannya ada skala warnanya

  12. maaf mau tanya jika suatu larutan PHnya=10 dan konsentrasinya 0,1M pada 1L air. maka harga kb larutan tersebut adalah ?……..

    mohon bantuannya

  13. mau tanya Kapas 100kg sama besi 100 kg itu kalo djatuhkan duluan yg mana? dan apa alasannya? terimakasih

    1. Pasti besi 100kg.
      Alasannya.
      1. Massa jenis besi jauh lebih besar dari kapas
      2. Volume dan massa jenis kapas yang ringan. Mudah terpengaruh angin.

  14. Dalam Uji Emisi gas buang ,hasil yang didapatkan dari alat uji berupa satuan ppm (part per million) ,padahal standar limit (ambang batas) menggunakan satuan gr/km (gram/kilometer). Bagaimana Konfigurasi antara satuan ppm ke gr/km ?
    Berikut adalah konsentrasi emisi gas buang :
    CO (ppm) = …….. CO (gr/km)
    HC (ppm) = ……… HC (gr/km)
    NOx (ppm)= ……… NOx (gr/km)
    CO2 (ppm) = ……… CO2 (gr/km)

    Tolong bisa bantu mas/mbak. Terima Kasih banyak.

    1. kalo ppm itu untuk uji pada kendaraan diam mas, jadi hanya di ukur untuk mengetahui berapa HC yang keluar pertiap putaran mesin…kalo gram/km itu untuk uji jalan, berapa kilo jarak yg d tempuh berapa yang keluar.. ini pasti karna ada nya peraturan Permen LH dari yang 2006 atau 2009 ke Permen LH 2012 ya mas..???

  15. satuannya tidak ada yang salah mbak. memang dari hasil alat uji menggunakan satuan ppm ,dan standarnya menggunakan satuan gr/km.

    1. ppm itu = mg/l yang berarti massa/volum
      sedangkan km itu satuan panjang. jadi massa/panjang
      kalau gr/km3 masih bisa di konversi karena km3 juga merupakan volum
      liter = dm3
      1 dm3 = 10^-12 km3
      1 mg = 10^-3 g
      jadi kalau 1 ppm di konversi ke gr/km3
      untuk bagian atas 1 mg = 1 mg x (10^-3g/1mg) = 10^-3 gr
      untuk bagian bawah 1 dm3 = 1 dm3 x (10^-12 km3/1 dm3) = 10^-12 km3
      jadi
      (10^-3 / 10^-12)= 10^9 gr/km3

      1. saya mau tanya,,
        rumus untuk soal dibawah ini ap ya,,?
        1.sebanyak 50,0 ml sampel cuka komersial dititrasi dengan larutan NaOH 1,00 M.Berapa konsentrasi(dalam M) asam asetat yang terdapat dalam cuka jika 5,57 ml basa dibutuhkan titrasi?

        2.susu magnesia merupakan suatu suspensi cair magnesium hidroksida yang digunakan untuk mengobati asam lambung.Hitung volume larutan Hcl 0,035 M (jenis asam lambung) yang dibutuhkan untuk bereaksi dengan dua sendok makan penuh susu magnesia[sekitar 10,0 ml pada konsentrasi 0,080 Mg/ml]

  16. saya mau tanya,,
    rumus untuk soal dibawah ini ap ya,,?
    1.sebanyak 50,0 ml sampel cuka komersial dititrasi dengan larutan NaOH 1,00 M.Berapa konsentrasi(dalam M) asam asetat yang terdapat dalam cuka jika 5,57 ml basa dibutuhkan titrasi?

    2.susu magnesia merupakan suatu suspensi cair magnesium hidroksida yang digunakan untuk mengobati asam lambung.Hitung volume larutan Hcl 0,035 M (jenis asam lambung) yang dibutuhkan untuk bereaksi dengan dua sendok makan penuh susu magnesia[sekitar 10,0 ml pada konsentrasi 0,080 Mg/ml]

  17. permisii..mau tanya,mohon bantuannya ya.. πŸ™‚
    suatu asam HA mempunyai pKa=3,2. Penambahan x mol NaA ke dalam 500 ml larutan HA 0,2 M menghasilkan pH larutan 3,5. Jumlah mol NaA yang ditambahkan adalah?

  18. larutan NH4OH 0,1 M yang volumenya 400 mL ditambah kedalam 200 ml larutan H2SO4 ternyata diperoleh larutan penyangga dengan ph=9-2 log 2 (Kb = 10pangkat-5). hitung Molaritas H2SO4 tersebut

  19. Mohon bantuanya…

    1. reaksi pembakaran gas propana adalah sebagai berikut:
    C3H8 + 5O2 -> 3CO2 + 4H2
    Jika sebanyak 1 mol C3H8 telah habis dinakar maka hitunglah:
    a. volume O2 dalam keadaan STP
    b. Massa CO2 yang terbentuk

    2. berapa volume etana (C2H6) yang dibakar habis oleh 2,5 mol gas O2 jika diukur dalam keadaan STP

    Terimakasih^^

    1. 1. C3H8 + 5O2 -> 3CO2 + 4H2 ingat mol dapat di cari dengan perbandingan koefisien
      a) jika C3H8 1 mol maka 5O2 5 mol. 1 mol pada STP=22,4 L maka 5 mol = 22,4L x 5 = 112L
      b) Mol CO2 ialah 3 mol. hitung massanya dari rumus massa = mol x Mr (hitung sendiri ya)

      2.buat reaksinya dulu. C2H6 + 3,5O2 –> 2CO2 + 3H2O
      Sisanya seperti diatas ya.
      selamat mengerjakan ^^

  20. mohon bantuannya..
    1. Larutan asam asetan 0,055M sebanyak 100 mL dicampurakan dengan 100mL larutan natrium asetat 0,050 M. Jika Ka asam asetat = 2×10^-5, jumlah NaOH (Mr = 40), padatan yang harus ditambahkan agar pH larutan berubah menjadi 6 adalah…

    2. Jika 100 mL larutan CH3COOH yang memiliki pH = 3 dicampur dengan 100 mL larutan NaOH yang memiliki pH = 13, Ka CH3COOH=10^-5, dan log 2 = 0,3, pH campuran adalah…
    Makasih sebelumnya

  21. Mau nanya dooooooong, plisss kawab sebelum jam 7 pagi yaaaa

    Etanol (C2H5OH) dapat terbakar di udara dengan reaksi sbb:
    C2H5OH+O2 >>> CO2+H20
    setarakan persamaan reaksi diatas dan tentukan volume udara (dalam liter) yang diperlukan untuk membakar 227g etanol pada suhu 35C dan tekanan sebesar 790mmHg (catatan : udara terdiri dari 21% O2)

    1. C2h5oh + 3o2 >>> 2co2 + 3h2o
      Konversi dulu satuannya menjadi satuan SI
      Hitung mol etanol. Massa/Mr .
      didapat n(mol) etanol. mol oksigen 3x mol etanol
      Lalu hitung volum oksigen
      lalu gunakan rumus PV=nRT
      Setelah dapat volum oksigen.
      Kalikan 100/21
      Ayo dikerjakan sebelum telat

  22. misi kak, saya dikasih tugas sama guru kimia karena nilai saya dibawah 50, deadline hari ini (4 april 2014) namun saya baru dikasih tau teman hari ini, karena saya tdk masuk waktu itu. ada yg bisa bantu saya? berikut soalnya:
    Sebanyak 23,4 gram logam L direaksikan dengan larutan H2SO4 menurut persamaan reaksi sebagai berikut:

    2L + H2SO4 β†’ L2(SO4) + H2

    Jika dihasilkan 6,72 liter gas hidrogen pada keadaan standar dan setiap atom L mempunyai 20 neutron, maka apakah nama unsur logam L tersebut?

    1. Wah maaf banget ya kmaren kmaren lagi sibuk. πŸ™
      tapi saya jawab aja ya mungkin yang lain ada yang butuh juga

      begini, Kuncinya disini ialah pada keadaan standar.
      pada keadaan standar.
      1 mol memiliki volum 22,4 L
      Jadi hidrogen bisa dihitung molnya
      6,72/22,4 = 0,3

      dan menurut stoikiometrinya, L memliki koefisien 2 jadi molnya 2 kali H2 yaitu 0,6 mol
      cari Mrnya dengan rumus Mr = massa / mol

      setelah itu di dapat Mr. kurangi dengan jumlah neutronnya 20. maka di dapat nomor atom (proton) yang bisa di lihat di tabel periodik

      1. Wahh iya gapapa kakk! Kmaren di bantu temen ku 15 menit sbelum jam 12 malem hahahaha. Jawabannya bener kak makasih ya :”D

    1. Maaf baru sempat balas
      Ksp = 4×10^-2 maka ksp = 4s3
      hitung s nya
      setelah itu

      CaCl2 –> Ca2+ + 2Cl-
      10^-2 10^-2 2×10^-2

      Gabungkan Ca2+ = 10^-2 + s(hasil perhitungan diatas)

      Ksp CaF2 = [Ca+2] 4[F-]2
      [F-] = akar(Ksp CaF2/ 4[Ca+2])

  23. minyak goreng curah membentuk padatan jika pagi hari dan dapat mencair jka di panaskan, sedangkan minyak instan tidak mencair.semua minyak goreng mengandung ikatan rangkap dua . jelaskan fakta tersebut dalam kaitannya dengan struktur alkena

    1. Saya akan coba membantu menjawab. Tapi bukan pasti jawaban saya benar. Silahkan di telaah kembali.
      Minyak terdiri dari asam lemak. Yang kita tau juga asam lemak ini ada 2 macam yaitu asam lemak jenuh dan tidak jenuh. Untuk minyak yang bisa membentuk padatan seperti lemak. Ini biasanya mengandung lebih banyak asam lemak jenuh yang hanya memiliki ikatan tunggal. Dan memiliki titik leleh yang lebih rendah. Dan sebaliknya dengan minyak instan

  24. saya ingin bertanya : apakah bisakimia.com masih membuka lowongan kerja penulis parttime . terimakasih

  25. Gan saya ingin tanya sdkit
    klo 1ml asam sulfat konsentrasi (1ml=10ppm) d tmbah 10ml aquadest brpakah konsentrasi larutan setelah di tamabhkan aquadest,adakah daftar pustaka yg dapt sya jdikan acuan, tlong d jwab gan
    terimakasih banyak.. πŸ™‚

    1. Silahkan hitung dengan rumus V1 x M1 = V2 x M2
      Kalau perhitungan seperti ini hanya perhitungan dasar. Di setiap buku kimia dasar atau kimia sma ada.

  26. Maaf sebelumnya, teman-teman semuanya bisa bantu saya nggak ? soalnya kemrin saya nggak masuk sekolah, eh ternyata ada pr yang sangat susah untuk dikerjakan. Tolong bantuannya menyelesaikan soal ini ya, kasih cara dapat jawabannya juga ya πŸ˜€ supaya saya bisa pelajari πŸ˜€
    1. Diketahui Ar H = 1, C = 12 dan O =16. Molalitas larutan asam cuka, CH3COOH 25% adalah…
    2. Dua mol zat non-elektrolit dilarutkan ke dalam 8 mol zat pelarut. Jika tekanan
    jenuh pelarut murni adalah PΒ°, tekanan uap jenuhlarutan zat non-elektrolit tersebut
    adalah…
    3. Larutan HCL 0,01 M mempunyai pH…
    4. Sebanyak 0,01 mol H2SO4 dilarutakn ke dalam air hingga volume larutan 1.000 mL
    pH larutan tersebut adalah…
    5. pH larutan NaOH 0,001 M adalah…
    6. Sebanyak 0,74 mol Ca(OH)2(Mr=74) dilarutakn dalam air hingga volume 2 L. Harga
    pH larutan tersebut adalah…
    7. Dalam larutan NH4OH 0,1 M (Kb NH4OH = 10^-5), banhyak konsentrasi [OH-]
    adalah…
    8. Larutan CH3COOH 0,01 M terionisasi dengan derajat ionisasi Ξ± = 0,01, maka nilai
    pHnya…
    9. Molaritas larutan asam sulfat yang memiliki pH = 2 adalah…
    A. 0,001 M B. 0,005 M C. 0,01 M D. 0,05 M E. 0,5 M
    10. Jika tetapan asam CH3COOH = 10^-5, pH larutan CH3COONa 0,1 M adalah…

    1. Wah sepertinya ini bukan termasuk pr yang dangat susah. Kebanyakan menggunakan rumus rumus dasar yang mudah. Coba di kerjakan dahulu. Jika memang ada yang sulit. Nanti akan di bantu. πŸ™‚

  27. tolong bantuannya ya. Larutan CuSO4 dielektrolisi dengan arus listrik 0,2 F selama 30 menit (ArCu=64). Hitungalh massa tembaga yang diendapkan ?

  28. Tolong bantuannya..
    mencari berat dari NH4Cl jika diketahui larutan buffer 250 ml NH4OH 0,1 M yang pH larutan buffer adalah 10.

  29. tolong bantu pak bagaimana cara menyelesaikannya
    1. campuran ch3cooh 0 8 m 100 ml dengan ca(oh)2 0,2 m 100 ml, tetapan ionisasi asam asetat adalah 2×10^-5 maka dihasilkan ph sebesar?

  30. bagaimana caranya ini pak/bu..
    2. pH larutan yang diperoleh dengan mencampurkan 50 ml HNO3 0,2 M dan 50 ml KOH 0,4 M ?
    3. jika 9 ml 0,1 M CH3COOH (Ka = 10^-5) diencerkan 10 kali, kemudian ditambah larutan 10 ml 0,1 M NaOH, maka larutan yang terjadi memiliki ph sebesar?

    1. 2. buat reaksi antara hno3 dengan KOH. lalu buat pereaksi pembatasnya. lihat yang tersisa asam atau basa. lalu hitung dengan perhitungan pH secara Normal

      3. encerkan dengan rumus V1 . M1 = V2 . M2
      setelah itu buat reaksinya lagi dan hitung pereaksi pembatas. jika asam lemah tersisa maka hitung dengan buffer

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.