Bukan IPK/RANKING, Yuk, Intip 10 Kunci Kesuksesan Kamu!

Advertisements

Siapa, sih, yang tidak ingin memperoleh IPK tinggi dan ranking teratas? Kedua prestasi tersebut tentu akan membawa kebahagian dan kebanggaan bagi diri sendiri maupun orang-orang terdekat. Butuh usaha ekstra dan pengorbanan, lho, untuk meraihnya, baik itu dari segi tenaga, waktu, hingga uang yang tidak jarang harus dikeluarkan. Jadi, apabila kamu salah satunya, salut banget, deh…

Tapi, pernahkan kamu mendengar dorongan dari seseorang, entah itu sengaja-nggak sengaja, untuk mengejar IPK, Ranking, dan NEM yang cantik supaya memperoleh kesuksesan di masa depan? Sekarang ini tidak sedikit orang berpikir bahwa nilai yang kita peroleh saat menimba ilmu di sekolah akan menentukan kesuksesan kita di masa depan. Kamu setuju? Ayo Intip 10 Kunci Kesuksesan Kamu. Let’s check this fact..!

Thomas J. Stanley, Ph.D,, penulis buku The Millionaire Mind, melakukan survei kepada 733 miliuner di USA untuk mengetahui faktor-faktor kesuksesan seseorang.

Dalam survei tersebut, diketahui bahwa lulus dengan nilai tinggi hanya menempati urutan ke-30 dan memiliki IQ tinggi di urutan ke-21.  Masuk sekolah top yang merupakan jembatan kuat menuju kesuksesan dalam anggapan banyak orang juga hanya menempati urutan ke-23. Lalu, apa, sih, 10 faktor teratas yang bisa banget kamu jadikan kunci ajaib untuk mengukir masa depan yang gemilang? Simak baik-baik, ya..

#1  Jujur  (Being honest with all people)

Yep, Jujur menjadi faktor kesuksesan teratas pada survei ini. Hal ini tidak mengherankan karena seseorang yang memiliki kejujuran tentu akan menuai kepercayaan orang-orang di sekitarnya. Sehingga, relasi pun akan bertambah luas serta akan mempermudah setiap pekerjaan yang ingin kita lakukan.

#2  Disiplin keras  (Being well-diciplined)

Rasa-rasanya, ungkapan orang-orang terdahulu, “Bangunlah pagi, atau rezekimu akan dipatok ayam!”, terbukti efektif bagi seseorang untuk mendulang kesuksesan.

Jika kamu mempunyai jiwa disiplin dan menghargai waktu yang telah ditetapkan, tentu tidak akan ada secuil peluang yang akan terlewatkan dengan sia-sia. Target yang disusun dengan rencana yang matang dan disiplin keras dalam mewujudkannya akan mengantarkanmu menuju impian yang ingin kamu raih.

#3  Mudah bergaul  (Getting along with people)

Happy business people celebrating success by nd3000_ Happy business people celebrating success at company #Affiliate #people, #business, #Happy, #celebratingDilansir dari Suara.com, penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang mudah bergaul akan memiliki kesehatan mental dan fisik yang tinggi daripada mereka yang cenderung  mengabaikan pergaulan sosial. Hal ini dikarenakan mereka lebih mudah untuk mengatasi stress berkat orang orang terdekat mereka. Stress juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik, lho. Jadi, jangan anggap enteng, ya..

#4  Dukungan pendamping  (Having a supportive spouse)

Kamu pasti senang, kan, apabila dia memberi support waktu kamu akan menghadapi ujian atau pun kompetisi? Wah, rasanya semangatmu semakin membara.

Nah, inilah peran penting dukungan pasangan untuk kesuksesan karier. Dia akan menjadi tempat cerita dan keluh kesah serta membantumu untuk keluar dari kesulitan yang menjerat kamu saat mengejar cita-cita.

#5  Kerja keras  (Working harder than most people)

Punya impian tinggi tapi usaha kamu masih loyo? Hmm, jangan sampai menyesal, ya, karena para pekerja keras selalu memiliki kemungkinan besar untuk meraih target mereka. Jika tidak dengan kerja keras, bagaimana impian kamu akan menjadi kenyataan? Kerja keras bukan berarti bekerja semalam suntuk, melainkan memberikan usaha terbaik terhadap suatu pekerjaan tanpa mengenal kata menyerah.

#6  Kecintaan pada yang dikerjakan  (Loving my career/business)

Mencintai pekerjaan yang dilakukan merupakan faktor yang juga harus diperhitungkan. Seseorang yang melakukan pekerjaannya dengan penuh suka cita tidak akan mudah merasa jenuh dan akan selalu menikmati setiap proses pencapaian setiap targetnya.

#7  Kepemimpinan  (Having strong leadership qualities)

Kamu tidak harus menunggu menjadi ketua organisasi untuk melatih kemimpinan kamu, lho. Kamu bisa melatihnya di mana pun dan kapan pun itu, seperti dari kelompok belajar kecil saat sekolah. Dari situ, kamu akan berlatih bagaimana harus bekerja sama dengan berbagai orang untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Kendala? Tentu kemungkinan besar akan kamu temui.

Namun, itulah yang akan menambah pengalaman kamu mengenai cara beradaptasi dengan lingkungan, menghargai pendapat orang lain, bersikap adil, hingga mengolah otak lebih dalam untuk mencari solusi dari berbagai isi pikiran di sekitar kamu.

#8  Kepribadian kompetitif  (Having a very competitive spirit/ personality)

Seseorang dengan kepribadian kompetitif akan menganggap setiap tugas/pekerjaan yang diberikan sebagai perlombaan untuk memberikan hasil yang terbaik. Tidak melulu buruk, lho.. Memiliki kepribadian kompetitif akan membuka lebar peluangmu untuk meraih kesuksesan. Produktivitasmu akan merangkak naik namun juga dengan kualitas yang tak diabaikan.

Apabila kamu memiliki sebuah usaha kosmestik, tentu kamu tidak ingin stuck dan mengincar predikat brand terlaris, bukan? Dengan begitu kamu akan terus terpacu untuk mengejarnya. Nah, ini lah sisi positif dari jiwa kompetitif yang harus kamu miliki.

#9  Hidup teratur  (Being very well-Organized)

Berhubungan dengan faktor ke-2, disiplin, hidup teratur akan memudahkan kamu merealisasikan setiap rencana yang sudah kamu tulis untuk meraih impian kamu.

Successful organizing is based on the recognition that people get organized because they, too, have a vision”.

Paul Wellstone

#10  Kemampuan menjual ide  (Having an ability to sell my ideas/products)

Kemampuan ini juga sebaiknya kamu miliki untuk menggapai kesuksesan.  Seorang penulis tidak akan bisa menerbitkan karyanya apabila ia tidak pandai menjual idenya kepada beberapa penerbit. Seorang pengusaha kopi pun tidak bisa memperoleh penghasilan yang maksimal apabila ia tidak berdagang dengan cerdas dan hanya menggunakan teknik penjualan lama.

Kemampuan menjual ide dimaksudkan agar kamu bisa menciptakan berbagai peluang dan dapat mengeksekusinya dengan baik. Semakin jauh, kamu juga akan dapat menciptakan teknik-teknik baru sehingga usaha kamu pasti akan lebih berbuah manis berkat kelihaian kamu dalam menjual ide. Mantul, nggak, tuh?

(Baca juga Cara kerja otak?)

 

Itu tadi kesepuluh faktor teratas menurut survei Thomas J. Stanley mengenai kesuksesan miliioner di USA.

Jadi, sekarang tinggal keputusan kamu, nih. Nilai Fisika kamu jauh di bawah ambang batas? Sedih karena NEM kalah dengan yang lain?

Hmm…, segera buang jauh-jauh, deh. Intip 10 Kunci Kesuksesan Kamu lalu Bangkit dan tingkatkanlah selalu softskill kamu melalui organisasi ataupun berbagai event yang dapat menambah relasi dan pengalamanmu. Belajar di sekolah/ universitas? Tentu harus kamu jalani dengan sungguh-sungguh. Namun, jangan pernah lupa untuk selalu mengembangkan bakat kamu, ya…

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.