Materi Pelajaran SMA SMA

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Advertisements

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum w.r.b. teman-teman

Slamat datang dibisakimia.com insyaallah pasti bisa 😲

Berikut ialah Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

📌membaca materi teramat penting ya teman-teman supaya kita tahu apa sih sebenarnya yang kita hitung??  at least kita nda ngerasa garing,.. ya kan? hhhh

So,  Let’s study…⏸️

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

1. Ukuran partikel atau zat.

Semakin luas permukaan maka semakin banyak tempat bersentuhan untuk berlangsungnya reaksi.  luas permukaan zat dapat dicapai dengan cara cara memperkecil ukuran zat tersebut.

(Baca juga Partikel-partikel Materi)

2.  Suhu

Semakin tinggi suhu reaksi, energi kinetik partikel juga akan makin meningkat sehingga reaksi akan semakin cepat terjadi.

3. Katalis

Adanya katalisator dalam reaksi dapat mempercepat jalannya suatu reaksi kereaktifan dari katalis bergantung dari jenis dan konsentrasi yang digunakan.

MENGENAL APA ITU KATALIS?? Katalis adalah suatu zat yang mempercepat suatu laju reaksi, namun ia sendiri, secara kimiawi, dan tidak berubah pada akhir reaksi. (baca juga Pendahuluan Katalis Heterogen)

Ketika reaksi selesai maka akan didapatkan kembali masa katalis yang sama seperti pada awal ditambahkan.

Katalis dapat dibagi berdasarkan dua tipe dasar yaitu katalis heterogen   dan katalis homogen. Katalis heterogen berada dalam fase yang berbeda dengan reaktan.  Sedangkan katalis homogen berada dalam fase yang sama dengan reaktan.

Jika kita melihat suatu campuran dan dapat melihat suatu batas antara dua komponen maka dua komponen itu berada dalam fase yang berbeda. Campuran antara padat dan cair terdiri atas dua fase. Campuran antara beberapa senyawa kimia dalam satu larutan hanya terdiri atas satu fase, karena kita tidak dapat melihat batas antara senyawa-senyawa kimia tersebut.

faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Fase berbeda dengan istilah Keadaan fisik (padat, cair, dan gas). Fase dapat juga meliputi padat, cair, dan gas akan tetapi lebih sedikit luas. Fase juga dapat diterapkan dalam dua zat cair dimana keduanya tidak saling melarutkan contohnya minyak dan air. faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Sekian yang bisa saya share , semoga bermanfaat ya . Jangan lupa share juga HALAMAN ini keteman – teman kamu yang butuh dan pastikan kamu udah subscribe this website 🌐☑️ untuk dapetin pemberitahuan artikel artikel  tentang kimia and halaman tentang pelajaran  MIPA terbaru  yang kami share lainya  .

see you later

wasssalamualaikum w.r.b reek

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.