Rangkuman materi struktur atom part 1

Advertisements

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum w.r.b. teman-teman 😉

Slamat datang dibisakimia.com insyaallah pasti bisa 🙂

Berikut ialah rangkuman materi Struktur atom

Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron berada di dalam inti atom. Sedangkan elektron terus berputar mengelilingi inti atom karena muatan listrik nya. Semua elektron bermuatan negatif (-) dan semua proton bermuatan positif (+). Sementara itu neutron bermuatan netral.

A. Notasi unsur

Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Struktur atom menggambarkan bagaimana partikel-partikel dalam atom tersusun. Secara sistematis dapat digambarkan partikel-partikel suka atom berikut.

🌺 Sebagian besar atom terdiri atas ruang hampa yang di dalamnya terdapat inti  yang sangat kecil di mana massa dan muatan positifnya dipusatkan dan dikelilingi oleh elektron – elektron yang bermuatan negatif. Inti atom tersusun atas sejumlah proton dan neutron. Jumlah proton dalam inti atom menentukan muatan inti atom, sedangkan massa inti atom ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron. Selanjutnya ketiga partikel sub atom ( proton, neutron, dan elektron) dengan kombinasi tertentu membantu atom suatu unsur yang lambangnya dapat dituliskan sebagai berikut :

Rangkuman materi struktur atom

Keterangan:

X : lambang suatu unsur

Z: nomor atom ( jumlah elektron = jumlah proton)

A: nomor massa (proton + neutron)

Contoh :IMG_20200408_105328

Atom Al memiliki jumlah elektron = 13, jumlah proton = 13, dan jumlah neutron 27 – 13 = 14.

 

Isotop isobar dan isoton suatu  unsur

Isotop

Isotop adalah unsur-unsur yang mempunyai nomor atom yang sama tetapi memiliki nomor massa berbeda. Setiap isotop suatu unsur memiliki sifat kimia yang sama, karena jumlah elektron valensi nya sama. Isotop-isotop unsur ini dapat digunakan untuk menentukan masa atom relatif (Ar) atom tersebut berdasarkan kelimpahan isotop dan masa  semua isotop.

contoh isotop :

 

Clorin diatas  (sama-sama memiliki nomor atom 17)

isobar

isobar adalah unsur-unsur yang memiliki nomor atom berbeda, tetapi nomor massa sama.

contoh isobar : dav

C dan C (sama-sama memiliki nomor massa 14)

Isoton

Isoton adalah unsur-unsur yang berbeda tetapi memiliki jumlah neutron yang sama.

contoh Isoton :

Rangkuman materi struktur atomNitrogen dan oksigen diatas (sama-sama memiliki neutron sebanyak 7)

B. Elektron valensi

elektron yang berperan dalam reaksi pembentukan ikatan kimia dan reaksi kimia adalah elektron pada kulit terluar atau elektron valensi.

(Baca juga Menghitung Elektron Valensi Golongan Utama Dan Logam Transisi)

Jumlah elektron valensi suatu atom ditentukan berdasarkan elektron yang terdapat pada kulit terakhir dari konfigurasi elektron atom tersebut unsur-unsur yang mempunyai jumlah elektron valensi yang sama akan memiliki sifat kimia yang sama juga.

Nah sekian yang bisa saya share , ayo kunjungi Rangkuman materi struktur atom part 2.. semoga bermanfaat ya . Jangan lupa share juga HALAMAN ini ketemen – temen kamu yang butuh.. and pastikan kamu udah subscribe this website untuk dapetin pemberitahuan artikel – artikel  tentang kimia and halaman tentang pelajaran MIPA terbaru  yang kami share lainya  ..

see you later

wassalamualaikum w.r.b REEK 💞😊

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.