Jenis Reaksi Kimia dalam Larutan Elektrolit

Hai sahabat bisakimia.com. Apakah di antara kalian, masih ada yang merasa kesulitan dalam menuliskan produk (hasil reaksi) dari suatu persamaan reaksi kimia? Semoga artikel kali ini tentang jenis reaksi kimia dalam larutan elektrolit dapat membantu teman-teman untuk menuliskan hasil reaksi yang benar dari suatu persamaan reaksi kimia.

Reaksi Penetralan

Reaksi Kimia

Reaksi kimia dalam larutan elektrolit adalah reaksi kimia yang salah satu zat pereaksinya berupa elektrolit (asam, basa, garam). Apakah yang menjadi “pendorong” terjadinya reaksi tersebut? Ternyata, suatu reaksi kimia dalam larutan elektrolit dapat berlangsung apabila setidaknya salah satu produknya berupa air (H2O), endapan, gas, atau elektrolit lemah

Jenis Reaksi Kimia

Berikut ini jenis-jenis reaksi kimia dalam larutan elektrolit:

1. Reaksi Penetralan (Asam-Basa)

Pengertian reaksi penetralan dalam larutan adalah reaksi antara asam (H+) dan basa (OH) membentuk H2O yang bersifat netral.

Reaksi Penetralan-1

 

Reaksi Penetralan-2

 

Reaksi Penetralan-3       

 

Reaksi Penetralan-4

2. Reaksi Pendesakan Logam

Pengertian reaksi pendesakan logam adalah reaksi dimana logam mendesak kation logam lain atau hidrogen dalam suatu senyawa. Reaksi ini dapat berlangsung apabila logam berada di sebelah kiri dari logam/H yang didesak dalam deret Volta. Pada reaksi ini, produk reaksi dapat berupa endapan logam, gas, dan air.

Reaksi Pendesakan-1

 

Reaksi Pendesakan-2

 

Reaksi Pendesakan-3

 

3. Reaksi Metatesis (Pertukaran Pasangan)

Pengertian reaksi metatesis adalah reaksi pertukaran pasangan ion dari dua elektrolit. Pada reaksi ini, setidaknya satu produk reaksi akan membentuk endapan, gas, atau elektrolit lemah.

Reaksi Metatesis-1

 

Reaksi Metatesis-2

 

Reaksi Metatesis-3

 

Demikian pembahasan tentang jenis reaksi kimia dalam larutan elektrolit. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua

*Semoga bermanfaat*

 

Daftar Pustaka

Johari, J.M.C., 2004. Kimia SMA Jilid 2, untuk Kelas XI. Jakarta: Esis

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.