Eco Enzyme: Mudah dan Nol Rupiah

Advertisements

Di indonesia, sampah menjadi suatu masalah sekaligus bisa jadi berkah. disini kita akan membahas tentang Eco Enzyme: Mudah dan Nol Rupiah

Wah hebat yaa..

Sampah menjadi masalah apabila tidak ditangani dengan baik. Permasalahan sampah ini tidak bisa hanya ditangani oleh suatu lembaga tertentu, tetapi yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat akan sampah tersebut.  Kesadaran akan sampah inilah yang akan menebarkan berkah dan manfaat dari sampah.

Walaupun kita bukan ahli dalam penangan sampah dan belum bisa mengelola sampah dengan baik, langkah awal kontribusi kita untuk lingkungan dapat dilakukan dengan mengurangi akumulasi sampah yang diproduksi oleh masing-masing individu contohnya menghabiskan makanan, menghindari penggunaan barang-barang yang sekali pakai dan memilah sampah sesuai jenisnya. Ada beberapa penggolongan sampah, salah satunya berdasarkan jenis sampah yaitu organik dan anorganik. Kali ini pembahasan kita berfokus pada pengelolaan sampah organik yang berasal dari limbah rumah tangga. (baca juga Poliklorin Bifenil di Lingkungan)

Taukah kalian tentang eco enzyme?

Eco enzyme adalah suatu produk pembersih serbaguna yang berasal dari sampah dapur melalui proses fermentasi. Produk ini diteliti untuk memaksimalkan sampah organik dan menggunakannya kembali untuk memenuhi kebutuhan manusia oleh Dr. Rosukon Poompanvong, peneliti asal Thailand. Eco enzyme ini multifungsi loh, bisa digunakan sebagai pengganti sabun cuci, cairan pel, pembersih kaca bahkan untuk membunuh hama. Menarik sekali kan?

Nggak pakai ribet, berikut cara membuatnya:

Pertama, Siapkan alat dan bahan yaitu sampah sisa makanan berupa kulit buah dan sayuran, gula, dan botol bening berisi air. Kemudian masukan semua bahan kedalam botol dan diamkan selama 3 bulan. Selama proses produksi eco enzyme terjadi reaksi kimia yaitu proses fermentasi yang berasal dari gula. Proses fermentasi ini menghasilkan gas sehingga tutup botol harus dibuka setiap hari pada minggu pertama, selanjutnya satu minggu sekali dalam satu bulan, lalu dua minggu sekali dalam satu bulan. Eco enzyme siap digunakan untuk berbagai keperluan kebutuhan rumah tangga.

Mudah dan nol rupiah yaa dalam pembuatan eco enzyme, sampah jadi berkah dan siap menebar manfaat. Selain itu bisa jadi nilai bisnis juga lo kalau ditekuni. Menarik kan?

Ayo sahabat bisa kimia mulai mengolah sampah rumah tangga dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba membuat hal yang bermanfaat ini ya !!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.