Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah)

Alhamdulillah setelah sekian lama vakum. bisakimia kembali membuat video percobaan. Kali ini yang dilakukan adalah Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah).

Apa itu Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah)? Maksudnya adalah membuat bentuk seperti pasta gigi yang keluar dari tenpatnya tapi dengan ukuran yang besar seperti pasta gigi untuk gajah. Percobaan ini cukup aman dan bahan bahannya ada mudah. Sebenarnya ada 3 macam model Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah). Dari 3 macam tersebut. Yang bisakimia lakukan adalah yang paling aman dan kid friendly. Yuk langsung kita bahas.

Bahan bahan

  • citric acid
  • sodium bikarbonat
  • Pewarna makanan
  • Air
  • Sabun cuci piring
  • Botol bening

Cara pembuatan

  1. Campurkan air pada citric acid dan sodium bikarbonat agar kedua menjadi larutan. Lakukan di tempat terpisah. Gunakan air secukupnya saja
  2. Masukkan sabun cuci piring ke botol.
  3. Teteskan pewarna makanan di sisi botol kanan dan kiri.
  4. Tambahkan larutan citric acid ke dalam botol yang berisi sabun cuci
  5. SIAP SIAP! Tuangkan larutan sodium bikarbonat ke dalam botol juga. Wussss.. Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah) sedang terjadi. Seperti terlihat pasta gigi yang sedang keluar dari tempatnya

Pembahasan

Pertama kita melarutkan citric acid dan sodium bicarbonate di dalam air untuk membuatnya masing masing dalam bentuk larutan. Agar nantinya lebih mudah untuk di reaksikan karena bentuk larutan lebih mudah bercampur daripada bentuk solid.

Kemudian digunakan juga sabun cuci piring agar nantinya bisa menambahkan efek busa dan kekentalan dari busa gelembung sehingga lebih terbentuk seperti pasta gigi.

Penambahan pewarna di letakkan di pinggir botol agar nantinya saat reaksi terjadi dan busa keatas. Akan mewarnai busa di bagian pinggir agar lebih terlihat seperti pasta gigi. Dan ingat yang di gunakan adalah pewarna tetes agar bisa menempel di dinding botol.

Terakhir, di lakukan pencampuran larutan sodium bicarbonate ke dalam botol. Disinilah terjadi reaksi antara sodium bicarbonate dengan Citric acid. Reaksi keduanya akan menghasilkan gas carbon dioksida. Oleh karena itu gas carbon dioksida yang terlapisi dengan sabun, yang menurunkan tegangan permukaan, akan terus di produksi dari reaksi menuju ujung botol hingga keluar seperi pasta gigi

Menarik bukan Percobaan kimia elephant toothpaste ( pasta gigi gajah)?

Selamat mencoba ya.

Untuk bahan bahan, bisakimia juga menyediakan. Hubungi 085217391557 untuk pemesanan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.