Ikatan Hidrogen

Halo teman – teman Bisa Kimia. Kali ini Bisa Kimia mau membahas pelajaran dasar kimia nih. Ada yang tahu aku mau membahas apa ? yup, Bener aku mau ngebahas Ikatan Hidrogen. Pasti pada tahu dong materi ini. kalau sudah ada yang tahu, Yuk baca – baca lagi untuk ingat kembali materi pelajaran nya biar makin ingat.

Ikatan Hidrogen

Ikatan Hidrogen  sebuah interaksi tarik-menarik  (dipol-dipol) antara atom yang bersifat elektronegatif. Dengan atom hidrogen yang terikat pada atom lain yang juga bersifat elektronegatif. Namun, ikatan ini dibedakan secara khusus karena kekuatan gaya interaksinya relatif lebih kuat dibanding gaya dipol-dipol umumnya.

Hal ini dikarenakan atom hidrogen tidak memiliki elektron inti yang dapat melindungi (shielding) inti atom dan ukurannya cukup kecil sehingga dapat lebih didekati oleh molekul-molekul lain dan jarak antara hidrogen dan muatan parsial negatif pasangan elektron bebas menjadi sangat dekat. Akibatnya, energi interaksi dipol-dipol antara hidrogen dan pasangan elektron bebas pada atom elektronegatif menjadi lebih besar dari energi interaksi dipol-dipol lainnya.

Baca juga artikel : Proses pembuatan hidrogen

Apa yang membuktikan adanya ikatan Hidrogen?

Bukti adanya ikatan hidrogen  yaitu adanya peran ikatan ini yang mana cukup signifikan. Perbandingan sifat fisik titik didih abnormal dari senyawa-senyawa NH3, HF, dan H2O. Kekuatan ikatan hidrogen dalam molekul-molekul secara berurutan adalah H2O > HF > NH3. Penyimpanan titik didih NH3, HF dan H2O dalam hubungan dengan titik didih senyawa – senyawa kovalen hibrida dari unsur-unsur dalam golongan yang sama menunjukkan peran ikatan hidrogen yang sangat jelas seperti gambar berikut ini:

Hasil gambar untuk titik didih normal senyawa biner hidrogen golongan p

Dari studi grafik yang kita lihat bahwa dalam es setiap atom oksigen di kelilingi oleh empat atom-atom oksigen yang lain. Secara tetrahedral dan keempat atom-atom hidrogen terletak antara atom-atom oksigen sekalipun tidak tepat  di tengahnya.

Jadi, setiap atom O mengikat  dua atom H. Dengan jarak  yang sama ~1,01 A dan dua atom H yang lain. Dengan jarak yang lebih panjang, ~1,75 A, sebagai ikatan hidrogen. Jadi jarak O-O ~2,76 A. Struktur es ini terbuka dan distribusi ikatan hidrogen terputus sehingga struktur es tidak lagi dapat dipertahankan dan berakibat naiknya densitas air.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.