Hukum Faraday dan Contoh Soal

Hallo teman – teman kembali lagi dengan Bisa kimia  kali Bisa kimia akam me review pelajaran XII yaitu mengenai Hukum Faraday dan Contoh Soal , langsung saja apa sih Hukum Faraday itu?

Bunyi Hukum Faraday .
Hukum Faraday adalah salah satu hukum yang menyatakan salah satu hukum yang menyatakan sel elektrolisis dapat digunakan  untuk menentukan banyak nya zat yang bereaksi berdasarkan jumlah muatan listrik yang di gunakan dalam rentang waktu tertentu. Faraday sebelum menemukan teori hukum ini telah melakukan pengamatan tentang peristiwa elektrolisis melalui berbagai percobaan.

Baca juga artikel mengenai: Apa Itu Analisis Gravimetri

bunyi hukum faraday 1 dan 2

Untuk Bunyi Hukum Faraday 1 berbunyi, ” Massa Zat yg dibebaskan dan dihasilkan didalam Elektroda selama Elektrolisis berbanding lurus dengan Jumlah (Muatan) Listrik yang ditransfer pada Elektroda tersebut. Maka Jumlah Listrik tersebut adalah Muatan Listrik yang memiliki satuan Coulomb (C) ”.

Lalu untuk Bunyi Hukum Faraday 2 berbunyi, ” Jika jumlah muatan Listrik yg sama diberikan kepada Dua Elektroda atau Lebih maka Massa Zat yang dibebaskan (Dihasilkan) didalam Elektroda tersebut berbanding Lurus dengan Berat Ekivalen (e) Unsur.

Rumus Faraday (Rumus Hukum Faraday)

Kemudian untuk Rumus Faraday adalah m = (Q/F) (M/z) dan penjelasan lengkapnya ada dibawah ini bahwa

m adalah Massa dari Zat yang dibebaskan atau dihasilkan

Q adalah Total dari Muatan Listrik yang dilewatkan oleh Zat

F adalah tetapan ataupun Konstanta Faraday

M adalah Massa Molar dari Zat

z adalah bilangan dari valensi ion Zat (Elektron yg ditransfer per ion).

Perlu kalian ketahui bahwa didalam Hukum Faraday Pertama dinyatakan bahwa M, F dan z merupakan Konstan sehingga semakin besar nilai Q maka m juga semakin besar. Sedangkan didalam Hukum Faraday Kedua menyatakan bahwa Q, F dan z merupakan Konstan sehingga semakin besar M/z (Massa Ekivalen) maka m juga akan semakin besar.

Contoh Soal Hukum Faraday dan Jawabannya

Sebuah benda logam yang  dilapisi oleh Tembaga ditempatkan didlm sebuah larutan CuSO4. Pertanyaannya adalah berapakah Massa Tembaga yg dihasilkan jika arus 0,22 A tersebut mengalir melalui Sel selama hampir 1.5 Jam (90 Menit) ????

Jawabannya

Muatan Listirk yang dilewati oleh Sel adalah

(0,22 A) x (5400 detik) = 1200 C

atau bisa ditulis dengan

(1200 C) + (96599 cF´¹) = o,012 F

Karena Reduksi 1 Mol Ion CU² memerlukan penambahan 2 Mol Elektron, maka Massa Cu yang dihasilkan adalah sebagai berikut

(63,54 g mol¹) (0,5 mol Cu/F) (0,012 F) = 0,39 g tembaga.

Sehingga jawaban dari pertanyaan Berapa Massa Tembaga dari Contoh Soal Rumus Faraday diatas adalah sebesar 0,39 g tembaga.

Itulah pembahasan lengkap tentang Hukum, Rumus dan Contoh Soal Faraday, tentu saja semoga pembahasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian para pembaca yang notabenya para Pelajar Indonesia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.