UJI KEPAHAMAN RUANG LINGKUP KIMIA

Berikut ini ialah UJI KEPAHAMAN RUANG LINGKUP KIMIA , silahkan di coba simak

  1. Menurut anda , apakah ilmu kimia itu ?
  2. Ilmu kimia sangat erat kaitanya dengan dengan seluruh aspek kehidupan  kita . kemukakanlah beberapa contoh proses kimia   dalam kehidupan sehari-hari !
  3. jelaskan apa yang dimaksud dengan ;

a. susunan materi

b. struktur materi

c. sifat – sifat materi

  1. Manfaat apa yang  anda harapkan dengan mempelajari ilmu kimia ?
  2. sebutkan beberapa sumbangan ilmu kimia dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia .
  3. selain meningkatkan kesejahteraan umat manusia , produk kimia juga ada yang menimbulkan masalah  .

a. kemukakan beberapa contohnya !

b. mengapa hal itu bisa terjadi ?

c. apa peranan ahli kimia dalam mengatasi masalah tersebut ?

  1. kemukakanlah beberapa contoh kaitan ilmu kimia dengan ilmu pengetahuan yang lain !
  2. Bagaimanakah ilmu kimia masa kini dikembangkan ?  kemukakanlah beberapa temuan baru dalam ilmu kimia !
  3. Orang yang bekerja dilaboratorium kimia selalu menggunakan jas lab dan sering kali menggunakan kacamata dan sarung tangan pengaman . Mengapa perlengkapan itu diperlukan ?
  4. Sebelum melakukan percobaan dilaboratorium , anda harus mengetahui berbagai hal ,antara lain bahaya yang mungkin timbul . Apa yang akan anda  lakukan jika mengalami masalah berikut dilaboratorium ?      a. zat kimia tumpah

b. gelas kimia pecah

c. terjadi kebakaran ?

JAWABAN ;

  1. Secara singkat , dapat dikatakan bahwa ilmu kimia  adalah ilmu  pemahaman dan rekayasa materi . Rekayasa yaitu mengubah suatu materi menjadi materi yang lain . Untuk dapat melakukan rekayasa tersebut , para ahli perlu memahami ilmu kimia , yaitu mengetahui susunan ,struktur, serta sifat-sifat materi . Oleh karena itu ilmu kimia dapat didefinisikan  sebagai ilmu yang mempelajari tentang susunan , struktur , sifat , perubahan materi , serta energi yang menyertai perubahan tersebut . (baca juga apa sih ilmu kimia itu )
  2. Mengubah  bahan alam menjadi  produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita , misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit.Hampir semua bahan  keperluan kita sedikit bamyak , baik langsung atau tidak langsung , mengalami sentuhan kimia . Bukan hanya bahan keperluan sehari-hari  ilmu kimia juga punya andil besar  dalam berbagai jenis  prodak teknologi seperti pesawat  televisi , mesin pendingin , dan pesawat terbang. Material yang digunakan  untuk berbagai produk  tersebut memerlukan  komposisi dan sifat khusus  yang ditentukan oleh para ahli kimia . contohnya lagi  idustri mobil mulai dari logam untuk rangka  dan mesinnya , cat dan plastik serta kaca untuk komponen lainya , semua itu memerlukan pengetahuan kimia .
  3. a. susunan materi ; coba renungkan kembali pertanyaan tersebut ! apa  hakikat perbedaan air dan zat lainya , misalkan alkohol  kenapa alkohol bisa kebakar sedangkan air bisa mematikan  api
  4. b. struktur materi adalah gambaran tentang bagaimana atom-atom  salin terikat .

Demikian UJI KEPAHAMAN RUANG LINGKUP KIMIA , semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.