Cara Membuat Pasir Kinetik Dengan Mudah

Pasir kinetik adalah pasir yang menempel pada dirinya sendiri, sehingga Anda dapat membentuk gumpalan dan membentuknya dengan tangan Anda. Pasir ini juga mudah dibersihkan karena menempel pada dirinya sendiri. Kami akan tunjukkan Cara Membuat Pasir Kinetis Dengan Mudah

Pasir kinetik adalah contoh cairan dilatant atau non-Newtonian yang meningkatkan viskositasnya di bawah tekanan. Anda mungkin akrab dengan cairan non-Newonian lainnya, seperti Oobleck. Oobleck menyerupai cairan tetapi jika Anda menekan atau memukulnya, setelah beberapa waktu kemudian, oobleck terasa padat.
Ketika Anda melepaskan tekanan, Oobleck kembali mengalir seperti cairan. Pasir kinetik mirip dengan oobleck, tetapi lebih kaku. Anda dapat membentuk pasir menjadi berbagai bentuk, tetapi setelah beberapa menit hingga jam, pasir kinetik tersebut akan mengalir menjadi gumpalan- gumpalan.

( Oobleck ini kami sudah buat videonya disini )
Anda dapat membeli pasir kinetik di toko maupun secara online, tetapi sebenarnya pasir kinetik merupakan proyek sains sederhana dan menyenangkan. Anda dapat membuat mainan edukatif ini sendiri. Inilah yang harus Anda lakukan.

Bahan Pasir Kinetik

  1. Pasir bermain halus ((beli secara online))
  2. Dimethicone[polydimethylsiloxane, CH3 [Si (CH3) 2O] nSi (CH3) 3] ((beli secara online))

Gunakan pasir terbaik yang bisa Anda temukan. Kerajinan dengan bahan pasir halus bekerja lebih baik daripada pasir taman bermain. Anda dapat bereksperimen dengan pasir berwarna, tetapi bahwasannya pewarna mungkin tidak berfungsi untuk proyek tersebut.

Pasir kinetik yang Anda beli di toko biasanya terdiri dari 98% pasir dan 2% polydimethylsiloxane (polimer). Polydimethylsiloxane dikenal lebih umum sebagai dimethicone, dan ditemukan dalam gel anti-keriting rambut, krim ruam popok, berbagai kosmetik, dan dalam bentuk murni dari toko peralatan kosmetik.

Dimethicone dijual dalam viskositas yang berbeda. Viskositas yang baik untuk proyek ini adalah dimetikon 500, tetapi Anda dapat bereksperimen dengan produk lain.

Cara Membuat Pasir Kinetik :

  1. Sebarkan pasir kering ke dalam panci dan biarkan mengering dalam semalam, atau letakkan dalam oven 250 F selama beberapa jam untuk mengeluarkan air. Jika Anda memanaskan pasir, biarkan dingin sebelum melanjutkan.
  2. Campurkan 2 gram dimethicone dengan 100 gram pasir. Jika Anda ingin membuat kelompok yang lebih besar, gunakan rasio yang sama. Misalnya, Anda akan menggunakan 20 gram dimethicone dengan 1000 gram (1 kilogram) pasir.
  3. Jika pasir tidak saling menempel, Anda bisa menambahkan lebih banyak dimethicone, satu gram setiap kali, sampai Anda mendapatkan konsistensi yang Anda inginkan. Pasir kinetik buatan sendiri mirip dengan apa yang akan Anda beli, tetapi produk komersial menggunakan pasir super halus, sehingga mungkin berperilaku sedikit berbeda.
  4. Gunakan pemotong kue, pisau roti, atau mainan kotak pasir untuk membentuk pasir kinetik.
  5. Simpan pasir Anda dalam kantong atau wadah tertutup saat Anda tidak menggunakannya.

Nah, jika Anda kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan yang disebutkan di atas, ada satu resep lagi yang bisa anda coba,

  • Resep untuk Pasir Kinetik Buatan Menggunakan Tepung Jagung

Cornstarch adalah bahan yang dicampur dengan air untuk membuat oobleck dan cairan. Jika Anda tidak dapat menemukan dimethicone atau mencari alternatif yang lebih murah, Anda dapat membuat pasir kinetik buatan sendiri yang pada dasarnya oobleck dengan pasir. Ini tidak akan semudah mencetak seperti pasir dimethicone, tetapi masih menyenangkan bagi penjelajah muda.

Keuntungan lebih dari bermain pasir kinetik adalah bahwa resep ini akan membuat pasir tetap bersama-sama, sehingga Anda dapat memiliki kotak pasir dalam ruangan, tanpa melihat banyak pasir bercecer di seluruh rumah Anda.

Material

  1. Bak plastik besar atau kolam kecil
  2. 6 mangkok tepung jagung
  3. 6 gelas air
  4. 50-lb tas pasir bermain

Instruksi

  1. Pertama, buat oobleck dengan mencampurkan pati jagung dan air.
  2. Aduk pasir sampai Anda mendapatkan konsistensi yang Anda inginkan. Tidak apa-apa menambahkan sedikit lebih banyak bahan untuk mendapatkan pasir yang sempurna.
  3. Jika Anda suka, Anda juga dapat menambahkan sedikit deterjen pencuci piring atau beberapa sendok minyak pohon teh untuk membantu mencegah bakteri atau jamur berkembang di pasir.
  4. Pasir akan mengering seiring waktu. Ketika ini terjadi, Anda dapat menambahkan lebih banyak air.

Selamat mencoba percobaan Cara Membuat Pasir Kinetik Dengan Mudah !

2 thoughts on “Cara Membuat Pasir Kinetik Dengan Mudah

    1. baik, lagi sibuk sama kehidupan dunia nyata. hahaha enggak kok masih di wp.com
      lagi cobain wp business ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.