Posted on 1 Comment

Materi Singkat Karbohidrat

Materi Singkat Karbohidrat

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum w.r.b. teman-teman 😉

Slamat datang di bisakimia.com insyaallah pasti bisa     🙂

Disekolah saya  kalau  sampai di bab yang cuma materi doang  atau hitungannya dikit  biasanya murid tuh bakalan dikasih  soal seperti ini supaya rangkuman Materi Singkat Karbohidrat yang kita  buat lebih terarah and  lebih efisien  belajarnya .

So, selamat mencoba metode ini ^-^

  1. Apa yang dimaksud dengan karbohidrat ?

karbohidrat adalah segolongan besar senyawa organik yang melimpah dibumi yang mana terdiri dari karbon,hidrogen, dan oksigen .

secara biokimia karbohidrat adalah polihidroksil- aldehida / polihidroksil-keton atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila terhidrolisis .

  1. sebutkan kegunaan / fungsi dari karbohidrat !
  • sebagai sumber energi utama tubuh
  • cadangan energi dalam otot dan hati
  • untuk memperlancar pencernaan
  • Sebagai pemanis alami
  • Melindungi protein agar tidak terbakar sebagai penghasil energi
  •  Didalam hepar berfungsi untuk detoksifikasi zat-zat toksik tertentu
  1. sebutkan metode yang digunakan untuk mengindentifikasi adanya karbohidrat dalam suatu bahan !

Ada beberapa metode uji untuk mengindentifikasi adanya karbohidrat yaitu;

  • Uji Molish

uji ini efektif untuk berbagai senyawa yang dapat didehidrasi menjadi fulfular atau subtitusi furfular oleh asam sulfat pekat . Senyawa furfular  akan membentuk kompleks dengan a-naftol yang dikandung pereaksi molish dengan memberikan warna UNGU pada larutan

  • uji Benedict

contohnya ; semua golongan monosakarida , sedangkan gula non pereduksi struktur gulanya membentuk siklik yang artinya hemisetal dan hemiketalnya  tidak berada dalam  kesetimbangan nya , contohnya frutkosa dan sukrosa .  Dengan prinsip berdasarkan reduksi CU2+ menjadi Cu+  yang mengendap sebagai Cu2O berwarna MERAH BATA

  • uji Barfoed

uji untuk membedakan  monosakaria  dan disakarida dengan mengontrol kondisi PH serta waktu pemanasan . Prinsipnya berdasarkan reduksi CU2+ menjadi Cu+  . Reagen barfoed mengandung senyawa tembaga asetat .

  • uji seliwanoff

Prinsipnya berdasarkan konfersi  fruktosa menjadi asam leuvlinal dan hidroksi metil furfular oleh asam hidroklorida panas dan terjadi kondensasi hidroksi metilfurfural dengan resorsinol yang menghasilkan senyawa berwarna MERAH .

  • Uji hidrolisis pati

Pati dan iodium membentuk ikatan kompleks berwarna biru dan bila dipanaskan dapat terhidrolisis  menjadi senyawa yang lebih sederhana hasilnya  . Diuji dengan iodium yang akan memberikan  warna biru  sampai tidak berwarna dan hasil akhir ditegaskan dalam uji benedict .

  1. Apa yang dimaksud dengan  monosakarida , disakarida, dan polisakarida  serta sebutkan contohnya masing-masing !
  • MONOSAKARIDA

senyawa karbohidrat dalam bentuk gula yang sederhana

contoh ; Glukosa, fruktosa , galaktosa, Xilosa, dan ribosa

  • DISAKARIDA

senyawa karbohidrat yang terbentuk ketika dua monosakarida mengalami reaksi kondensasi yang melibatkan terlepasnya suatu molekul kecil, seperti air dari bagian gugus fungsi saja

contoh ; sukrosa, maltosa, laktosa, dan selobiosa

  • POLISAKARIDA

Polimer yang tersususn dari ratusan hingga ribuan satuan monosakarida yang dihubungkan  dengan ikatan glikosidk

contoh; Pati , glikogen , agarosa dan selulosa

sekian yang bisa saya share , semoga bermanfaat ya . Jangan lupa share juga artikel ini ketemen – temen kamu yang butuh and pastikan kamu udah subscribe this website untuk dapetin pemberitahuan artikel artikel terbaru  yang kami share .

see you later

wasssalamualaikum w.r.b reek

 

1 thought on “Materi Singkat Karbohidrat

  1. Bisakimia,

    Bagaimana menolong petani/penyuling kecil minyak nilam di pedesaan agar tidak diakalin(ditipu) pedagang perantara atau eksportir dengan mengatakan bilangan asam(acid value) tinggi agar arganya dibayar murah sedcara sepihak. Bagaimana Bisakimia bisa menolong opetani/penyuling mengetahui dengan cara yang sederhana bilangan asam(acid value) tersebuIni kepahlawanan menolong orang kecil di Republik ini

    Sekian

    T.R.Manurung http://www.indessota.com

    WA+6281310308100

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.