Skip to content
Iklan

LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN SISTEM PERIODIK


بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum w.r.b. teman-teman 😉

Slamat datang di bisakimia.com insyaallah pasti bisa     🙂

Disekolah saya  kalau  sampai di bab yang cuma materi doang  atau hitungannya dikit  biasanya murid tuh bakalan dikasih  soal seperti ini supaya rangkuman yang kita  buat lebih terarah and  lebih efisien  belajarnya .

So, selamat mencoba metode ini ^-^

1). Sebutkan tiga jenis unsur beserta lambangnya dar unsur-unsur :

a. Tidak bermuatan

b. Bermuatan positive

c. Bermuatan negatif

Kemudian sebutkan masing-masingnya ! No massa , No atom ,No Proton dan No elektron !

Jawaban =

  • Unsuralkali-tanah  maka jumlah proton = 19

jumlah elektron         = 19

jumlah neutron          = 39 – 19 = 20

  • unsur  download (1).jpg  maka jumlah proton = 17

jumlah elektron         = 17 + 1 = 18

jumlah neutron          = 35 – 17 = 18

  • unsur  download (2).jpg  maka jumlah proton = 20

jumlah elektron         =  20 – 2 = 18

jumlah neutron         = 40 – 20= 20

Lambang atom / ion Nomor atom Nomor massa Nomor proton Nomor electron
 alkali-tanah 19 39,102 19 19
download (1) 17 35,453 17 17 + 1 = 18
download (2) 20 40,08 20 20 – 2 = 18
 download (3) 8 16 8 8
 download (4) 16 32 16 16 + 2 = 18

2). Apa yang dimaksud dengan jari-jari atom , Potensialionisasi , Afinitas elektron , Keelegtonegatifan , Kereaktifan dan sifat logam ?

Jawaban =

  • Jari – jari atom merupakan jarak dari inti atom sampai keelektron dikulit terluar . Dalam satu golongan , makin besar nomor atom unsur-unsur golongan makin banyak pula jumlah kulit elektronya sehingga makin besar pula jari-jari atomnya . Dalam satu periode dari kiri kekanan nomor atom bertambah yang berarti makin bertambahnya muatan inti , sedangkan jumlah kulit elektron tetap . Bertambhanya muatan positif yang menarik elektron  bermuatan negatif menyebabkan kecilnya jari- jari atom .
  • Potensialionisasi adalah energi minimum yang diperlukan atom netral dalam bentuk gas untuk melepaskan suatu elektron membentuk ion bermuatan + 1 . Apabila atom  tersebut akan melepaskan elektronya yang kedua maka diperlukan energi yang lebih besar , dan energi tersebut diberi nama ionisasi kedua .  Dalam satu periode dari kiri kekanan jari-jari atom makin kecil . Dengan demikian makin kuat daya tarik inti terhadap elektron terluar dan makin sukar elektron tersebut dilepas sehingga energi ionisasi bertambah , Dalam satu olongan dari atas kebawah , nomor atom bertambah karena jumlah kulit bertambah . Akibatnya makin kecil daya tarik inti terhadap elektron terluar , sehingga makin mudah unusr tersebut melepaskan elektron dan makin kecil energi ionisasinya .
  • Afinitas elektron adalah energi yang dibebaskan oleh atom netral dalam bentuk gas apabila menerima sebuah elektronuntuk  membentuk ion negatif . Makin negatif harga afinitas elektron dalam satu golongan dari atas kebawah , harga afinitras elektron akan bertambah positive .
  • Keelegtonegatifan adalah kemampuan suatu usnur untuk menarik elektron dalam molekul senyawa
Ptablechemist 2.png

35

80 35

35

Ptablechemist 1.png

11

22 11 11 + 1 = 12
Ptablechemist 3.png

12

25 12 12 – 2 = 10
Ptablechemist 35 79 35

79 + 1 = 80

Dalam suatu golongan dari atas kebawah jari-jari atom makin besar sehingga harga keelektronegatifanya berkurang  . Dalam satu periode untuk unsur dari kiri kekanan jari- jari atom nya  makin kecil sehingga harga keelektronegatifan unsur makn besar .

  • Kereaktifan adalah suatu bilangan yang menggambarkan kecenderungan relative unsur menarik elektron kepihaknya dalam suatu ikatan kimia . konsepnya =
  1. Dari atas kebawah dalam satu golongan kelektronegatifan semakin berkurang .
  2. Dari kiri kekanan dalam satu periode kelektronegatifanya semakin bertambah.

Sifat non logam adalah adalah kelompok unsur kimia yang bersifat elektrnegatif , yaitu lebih mudah menarik elektron valensi dari atom lain dari pada melepaskanya

  • Sifat logam akan bergantung pada energi ionisasi . Semakin besar energi ionisasi maka akan semakin sukar atau sulit bagi atom untuk melepas elektron dan semakin berkurang  sifat logamnya . Sebaliknya sifat logam dikaitkan dengan keelektronegatifan , yaitu kecenderungan atom menarik elektron . Unsur yang terletak pada bagian tengah , yaitu unsur yang terletak disekitar  daerah perbatasan  antara logam dan non logam mempunyai sifat logam sekaligus sifat non logam . Unsur itu disebut unsur Metaloid .

sekian yang bisa saya share , semoga bermanfaat ya . Jangan lupa share juga artikel ini ketemen – temen kamu yang butuh and pastkan kamu udah subscribe this website untuk dapetin pemberitahuan artikel artikel terbaru  yang kami share .

see you later

wasssalamualaikum w.r.b reek

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: