Penjelasan Plastik dan Jenis Jenisnya

Plastik merupakan senyawa organik yang sangat mudah dibentuk, punya rantai yang sangat panjang karena dibentuk dari polimerisasi bahan organik dan punya berat molekul yang sangat besar. Plastik  terbuat dari karbon, hidrogen dan atom – atom lainnya yang terikat dalam rantai molekul panjang yang disebut polimer. Plastik tidak ditemukan di alam, tetapi dibuat dari produk – produk batubara, minyak bumi, katun, kayu gas, garam dan air. Plastik digunakan untuk membuat berbagai macam materi, termasuk perabot, komputer dan mainan.  Plastik sangat berguna karena kuat, ringan dan tahan terhadap panas dan bahan kimia dibandingkan banyak materi lain. Berikut Penjelasan Plastik dan Jenis Jenisnya

 

Pembentukan Plastik :

Plastik dibuat dengan cara reaksi kondensasi atau reaksi polimerisasi. Plastisasi adalah suatu cara kimia untuk membuat plastik itu mudah dibentuk atau untuk membuat hasil terakhir punya flexibelitas tinggi. Plastisasi menggunakan sellulosa ester dan eter atau bisa juga dari protein dengan formaldehid. Plastik yang paling banyak terdapat yaitu dari jenis vinyl plastik.

 

»Plastik transparan

Plastik Eden Project di Cornwall, Inggris, merupakan kumpulan rumah – rumah kaca yang besar. Setiap bagian heksagonal terbuat dari kantung berisi udara yang disebut etiltetrafluoroetilen (EFTE). EFTE 100 kali lebih ringan dibandingkan kaca dan juga berpermukaan licin sehingga kotoran akan jatuh di manapun mengenainya.

»Plastik berwarna

Plastik memiliki desain revolusioner, menawarkan warna dan bentuk yang ada sebelumnya. Pada awal pembuatannya plastik berupa cairan yang kemudian dibentuk atau ditekan menjadi suatu bentuk. Pencampuran warna ke dalam cairan menghasilkan plastik berwarna yang tembus cahaya. Pencampuran dalam zat warna menghasilkan plastik berwarna buram (tak tembus cahaya).

»Selubung plastik

Mylar merupakan plastik yang digunakan untuk membungkus pesawat ruang angkasa. Plastik ini berupa film poliester yang mengilap, kuat dan ringan dalam lembaran – lembaran tipis. Mylar memantulkan panas yang dihasilkan ketika peswat memasuki atmosfer Bumi, melindungi pesawat dan kru – nya.

»Pencetak Injeksi

Mangkok plastik biasanya dibentuk menggunakan pencetak injeksi. Pelet plastik dipanaskan hingga meleleh. Cairan plastik kemudian diinjeksikan ke dalam cetakan yang ditahan dengan sebuah penjepit. Setelah plastik dalam cetakan didinginkan dan mengeras, produk akhir didorong keluar. Proses ini digunakan untuk menghasilkan benda – benda dalam jumlah besar seperti mangkuk,  tempat mentega dan wadah yoghurt.

 

Polimer

Semua plastik adalah polimer sintesis. Polimer adalah bahan yang molekul – molekulnya terdiri dari molekul – molekul sederhana yang disebut monomer dan membentuk rantai yang panjang. Monomer terdiri atas Karbon dan Hidrogen dan terkadang elemen lain seperti oksigen dan nitrogen. Polimer sintetis terbagi menjadi 2 macam, yaitu termoplastik dan termoset.

 

PVC : Polyvinylchloride atau PVC adalah plastik yang digunakan untuk membuat kartu kredit dan baju tahan air. PVC cukup keras namun fleksibel, biaya pembuatan murah dan mudah dicetak.

 

POLITENA : Ada dua jenis politena, yaitu politena dengan kepadatan rendah sering digunakan untuk membuat kantung plastik. Politena dengan kepadatan tinggi dan lebih kuat sering digunakan untuk membuat botol susu plastik.

 

PS : Polistirena dapat berbentuk kaku atau busa. Polistirena kaku digunakan untuk membuat mainan dan wadahnya. Sedangkan busa polistirena digunakan sebagai wadah makanan cepat saji.

PET : Polyethylene terephthalate atau lebih umum disebut PET adalah plastik yang sangat kuat digunakan untuk membuat botol minuman ringan. PET dapat didaur ulang menjadi pita kaset video.

PP : Polipropilena adalah plastik dengan titik leleh tinggi yaitu 160°C. PP digunakan untuk membuat film kamera manual dan benda – benda plastik yang tahan dicuci dalam mesin cuci.

PA : Poliamida adalah plastik yang hanya digunakan untuk membungkus keju atau daging. PA dikenal sebagai nilon dan digunakan sebagai bahan pakaian dan bulu – bulu sikat gigi.

 

Termoplastik

Bola – bola plastik ini terbuat dari polimer termoplastik, yaitu PVC. Dalam polimer termoplastik molekul – molekul tersusun dalam rantai yang sangat panjang namun tidak ada hubungan antara rantai. Ketika dipanaskan, rantai tersebut dapat bergesekan satu sama lain. Termoplastik dapat dilebur dan dikeraskan kembali selama berkali – kali sehingga mudah di daur ulang.

 

Termoset

Termoset seperti poliuretan digunakan seperti pada ban papan luncur ini. Poliuretan tidak dapat dilebur dan dibentuk kembali. Bukannya lebur seperti termoplastik, termoset akan mengembang dan terbakar ketika dipanaskan. Hal itu terjadi karena rantai polimer saling terhubung dengan kuat dan tidak saling bebas bergerak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan