Skip to content
Iklan

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN BAB IKATAN KIMIA


سْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamualaikum w.r.b. teman-teman 😉

Slamat datang di bisakimia.com insyaallah pasti bisa

ini sebenernya materi aja sih cuman kalau dibentuk kaya soal gini nerangkumnya kan jadi lebih enak , ga terlalu panjang .

belajarnya juga jadi lebih mudah karna tersusun atas point-point gitu deh .. so cara ini akan lebih efektive ,

oke deh Have a fun study ya guys …:)     🙂

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN BAB IKATAN KIMIA

SOAL ;

  1. Apa yang dimaksud dengan

a. ikatan kimia

b.  ikatan ion

c. ikatan logam

d. ikatan kovalen

e. ikatan kovalen  koordinasi

f. ikatan hidrogen

g. ikatan vander walls

2. Sebutkanlah 3 cara bagaimana suatu unsur  membentuk keadaan yang stabil ?

JAWABAN :

  1.      a. ikatan kimia adalah gaya yang bekerja pada penggabungan           atom – atom / ion-ion agar keadaanya menjadi lebih stabil

b. ikatan ion adalah ikatan kimia yang terjadi karna adanya gaya tarik menarik elektrostatis antara ion positive dan ion negative dalam suatu senyawa kimia

c. ikatan logam adalah ikatan yang terbentuk akibat adanya gaya tarik menarik yang terjadi antara muatan positive  dari ion-ion logam dengan muataan negative dari elektron-elektron yang bebas bergerak .

d. ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang tergabung membentuk senhyawa kimia dengan cara memakai pasangan elektron bersama .

e. ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen antara atom-atom , namun pasangan elektron yang dipakai  bersama berasal dari salah satu atom.

f. ikatan hidrogen adalah ikatan lemah yang  terbentuk diantara atom hidrogen bermuatan positive dalam satu molekul yang terikat secara kovalen dengan molekul lain yang terikat secara kovalen tetapi bermuatan negative .

contohnya ; air membentuk ikatan hidrogen diantara molekul-molekul air .

pengertian lainnya mengatakan

ikatan hidrogen adalah sebuah interaksi tarik menarik ( dipol-dipol) antara atom yang  bersifat elektronegative dengan atom hidrogen yang terikat pada atom lain yang juga bersifat elektronegative . jadi ikatan hidrogen tidak hanya terjadi pada satu molekul , melainkan bisa antara molekul satu dengan molekul lainnya

g. ikatan vander walls adalah ikatan yang dimiliki oleh gas-gas mulia yang mengalami proses kondensasi , sehingga fasanya berubah menjadi fasa cair padas saat temperaturnya  mencapai temperaturyang sangat rendah  .

 ikatan vander walls juga merupakan ikatan yang  lebih lemah jika dibandingkan dengan ikatan kovalen , ion dan ikatan logam .

  1. agar menjadi stabil atom-atom akan berkaitan dan membentuk ikatan  ionik , yaitu ikatan yang melibatkan perpindahan elektron ikatan kovalen yaitu ikatan yang melibatkan pemakaian elektron antar atom  dan, ikatan logam yaitu ikatan antar atom logam

selain itu , unsur yang belum stabil akan berusaha menjadi stabil denganjalan menyesuaikan susunan-susunan elektronnya seperti unsur gas mulia . yaitu elektron dikulit terluar selalu 8 ( oktet ) , kecuali He hanya berisi 2 elektron saja dikulit terluarnya (duptet) .

ada 2 cara ketika unsur hendak  membentuk oktet/duplet , yaitu :

  1. melepaskan /menerima elektron /disebut ikatan ion
  2. mengadakan persekutuan elektron /pemakaian bersama elektron antara dua  atom unsur /disebut ikatan kovalen (membentuk pasangan bersama )

 

oke segitu dulu share saya tentang kimia hari ini . semoga bermanfaat  and wassalamualaikum ya reek 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: