Skip to content
Iklan

Pengertian Singkat Pencemaran Laut


Pengertian Singkat Pencemaran Laut merupakan suatu peristiwa manakala partikel kimia, berbagai limbah industri, limbah perumahan, limbah suara seperti kebisingan, penyebaran organism asing ke dalam lautan yang mempunyai potensi dampak paling berbahaya bagi kehidupan biota laut bahkan manusia.

Pada sebuah pencemaran terdapat bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya dan biasanya berbentuk partikel kecil yang kemudian terbawa dan diambil oleh golongan plankton dan binantang laut yang berasal dari dasar lautan, yang sebagian besar adalah pengurai ataupun filter feeder (penyaring air). Dengan metode tersebut maka racun yang telah tercampur dalam laut akan masuk ke dalam rantai makanan, apabila semakin panjang rantai makanan, bisa dipastikan akan semakin besar kadar racun yang tersimpan. Pada kasus-kasus yang terjadi adalah dimana partikel kimiawi akan beraksi dengan zat oksigen yang menyebabkan adanya perairan menjadi seperti anoxic. Dan sebagian sumber pencemaran lautan berasal dari pencemaran lautan, baik karena tertiup angin, tumpahan yang disengaja, atau terhanyut.

Secara elemental bahan pencemar yang masuk ke wilayah perairan berasal dari berbagai sumber, keadaan fisik demikian ini akan terjadi pencemaran yang bercampur dari sumber lain, dengan komposisi yang berbeda-beda. Sehingga akan berdampak pada lingkungan yang mempunyai aneka variasi yang berbeda. Untuk itu dalam memahami pencemaran lingkungan di pesisir laut, hendaknya harus diketahui sifat polutan dan mengetahui sifat lingkungan pesisir pada laut tersebut.

Pencemaran yang dihasilkan oleh pembuangan lumpur ke laut akan menimbulkan dampak terhadap ekosistem air terlebih dengan adanya pencemaran yang terjadi di Sungai Porong dan Sungai Aloo, sungai-sungai tersebut sangat membahayakan masyarakat sekitar dan industri alami laut seperti budidaya tambak udang, ikan dan produksi garam yang ada akan terganggu. Namun
Adapun sumber-sumber pencemaran di perairan laut dan pantai berasal dari bahan-bahan kimia yang kehadirannya sangat membahayakan dan menyebabkan terganggunya secara langsung kesejahteraan hidup manusia, hewan serta tumbuh-tumbuhan. Pencemaran-pencemaran tersebut berasal dari :

  • Proses-proses alam seperti pembusukan secara biologis, juga aktivitas gunung merapi, pembekaran semak-semak secara sengaja, serta halilintar.
  • Pencemaran yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti: pencemaran oleh minyak, pencemaran oleh adanya logam berat (Mercuri, Arsenik, Kadmium, Kromium, Seng dan Nikel)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: